Ifen

Farmasi-id.com > Sistem Muskuloskeletal > Ifen

By | 02/02/2015

Kandungan dan Komposisi

Ibuprofen 200 dan 400 mg


Bentuk Sediaan:

Tablet


Farmakologi:

Bekerja sebagai antiinflamasi, analgesik, dan antipiretik melalui penghambatan prostaglandin dengan menghambat enzim cyclooxygenase.


Indikasi:

– IFEN diindikasikan untuk pengobatan simtomatik artritis reumatoid dan osteoartritis, pada fase akut dan  untuk pengobatan jangka panjang.

– IFEN juga diindikasikan untuk pengobatan rasa nyeri yang ringan sampai sedang.


Dosis:

Dewasa :

– artritis reumatoid dan osteoartritis: Sehari 3 – 4 x 1 tablet 200 mg atau 400 mg, disesuaikan dengan

kebutuhan masing-masing penderita.

– Nyeri ringan sampai sedang: 200 – 400 mg tiap 4 – 6 jam sesuai kebutuhan.


Kontra Indikasi:

– Ulkus peptikum

– Ibu hamil trimester III

– Bronkospasme, alergi rinitis dan urtikaria karena asetosal

– Hipersensitif terhadap ibuprofen


Peringatan dan Perhatian:

– Hindarkan penggunaan pada kehamilan trimester 3 karena dapat menyebabkan penutupan dini duktus  arteriosus

– Pemberian bersama dengan NSAID lain


Efek Samping:

Gangguan saluran cerna, gangguan pembekuan darah, gangguan kardiovaskuler, reaksi hipersensitif, gangguan fungsi ginjal.

Sekilas Tentang Kalbe Farma

PT Kalbe Farma merupakan suatu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Perusahaan ini didirikan pada 10 September 1966 oleh Khouw Lip Tjoen,Khouw Lip Hiang, Khouw Lip Swan, Boenjamin Setiawan, Maria Karmila, F. Bing Aryanto. Produk dari perusahaan ini sangat banyak mencakup produk obat resep, obat bebas, minuman energi, susu, suplemen, minuman kesehatan, distribusi produk dan pengemasan, dan sebagainya.

Diperkirakan nilai kapitalisasi pasar perusahaan ini mencapai Rp 15 triliun. Perusahaan ini memiliki grup perusahaan (kalbe Group) yang bergerak dalam berbagai bidang divisi usaha diantara seperti divisi obat resep (PT Kalbe Farma, PT Hexpharm Jaya Laboratories, PT Dankos Farma, dll), divisi consumer health (PT Bintang Toedjoe, PT Saka farma Lab, PT Hale International, dll), divisi nutrisi (PT Sanghiang Perkasa, PT Kalbe Morinaga Indonesia, dll), divisi distribusi dan kemasan (PT Enseval Putra Megatrading, PT Enseval Medika Prima, PT Milenia Dharma Insani, dll).

Selain di Indonesia, Kalbe Farma memiliki 10 cabang di luar negeri yaitu negara-negara ASEAN (Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar), Srilanka, Nigeria, dan Afrika Selatan.