Ursolic

Farmasi-id.com > Sistem Gastrointestinal & Hepatobilier > Kolagogum, Kolelitolitik, & Hepatoprotektor > Ursolic

By | 10/10/2018

Kandungan dan Komposisi

Ursodeoxycholic acid.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Batu empedu yg radiolusen berdiameter tdk lebih dari 20 mm. Pasien yg mengalami peningkatan risiko atau yg menolak tindakan kolesistektomi. Penyakit hati kolestatik.

Farmakologi

URSOLIC® mengandung asam Ursodeoxycholic yang bekerja dengan mengubah deposit kolesterol menjadi kolesterol larut sehingga mengalami pelarutan dengan merangsang pembentukan lapisan cairan kolesterol lecitin pada permukaan batu.

Penekanan pada asam empedu endogen yang merangsang hepatotoksisitas (efek langsung), efek sitoprotektif langsung pada sel-sel hepatosit dan modifikasi sistem kekebalan tubuh.

Asam ursodeoksikolat bersifat hidrofilik memiliki efek deterjen minimal, dengan mengikat membran plasma. Efek imunomodulator ditunjukkan dengan menurunkan ekspresi HLA abnormal pada hepatosit.

Pemberian asam ursodeoksikolat pada pasien dengan gastritis reflux menyebabkan konsentrasi dalam cairan lambung meningkat sehingga menetralisir asam empedu agresif.

Kontra Indikasi

Hipersensitif thd ursodeoxycholic acid (asam ursodeoksikolat), asam empedu. Batu kolesterol terkalsifikasi, batu radioopak atau batu pigmen empedu yg radiolusen. Kolesistitis akut yg tdk mengalami remisi, kolangitis, obstruksi saluran empedu, pankreatitis, atau fistula empedu-GI. Obstruksisaluran empedu. Kalsifikasi batu empedu. Kandung empedu yg tdk berfungsi. Penyakit inflamasi & kondisi lainnya dari usus halus. Kolon & hati yg mengalami efek akibat ggn sirkulasi enterohepatik dari garam empedu. Hamil.

Perhatian

Laktasi. Anak.

Efek Samping

Diare, pruritus, ruam kulit, urtikaria, kulit kering, keringat dingin, kerontokan rambut, mual, muntah, ggn pencernaan, ggn daya pengecapan, nyeri perut, nyeri empedu, kolesistitis, konstipasi, sstomatitis, kembung, pusing, kelelahan menyeluruh, ggn cemas, depresi, ggn tidur, artralgia, mialgia, nyeri punggung, batuk & rinitis, kalsifikasi batu empedu.

Interaksi Obat

Kolestiramin atau Al hidroksida menghambat absorpsi asam ursodeoksikolat. Estrogen, kontrasepsi oral, klofibrat (obat penurun lemak lainnya) meningkatkan sekresi kolesterol hati & memicu pembentukan batu empedu kolesterol shg melawan efektivitas asam ursodeoksikolat.

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (Menurut FDA)

Kategori B: Studi terhadap reproduksi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin tetapi tidak ada studi terkontrol yang dilakukan terhadap wanita hamil, atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak dikonfirmasikan dalam studi terkontrol pada wanita pada kehamilan trimester 1 (dan tidak ada bukti risio pada trimester selanjutnya).

Dosis dan Aturan Pakai

8-10 mg/kg BB/hr dlm 2 atau 3 dosis terbagi. Biasanya 250 mg pd pagi & sore hr.

Pemberian Obat

Sebaiknya diberikan bersama makanan: Dpt diberikan bersama susu, biasanya pd pagi hr & sore hr.

Kemasan dan Sediaan

Dus, 3 strip @ 10 kapsul, kapsul 250 mg

Izin BPOM

DKL0808014701A1

Produsen

Guardian Pharmatama

Sekilas Tentang Obat Kolagogum, Kolelitolitik, & Hepatoprotektor
Kolagogum adalah obat atau zat yang merangsang sekresi empedu ke dalam usus.

Kolelitolitik adalah obat atau zat pelarut batu empedu digunakan untuk melarutkan batu-batu empedu kecil yang tidak dikalsifikasi. Mereka menekan jumlah kolesterol yang disintesis oleh hati atau menghambat jumlah kolesterol yang diserap dari usus. Mereka digunakan untuk memecah batu empedu pada pasien yang tidak perlu menjalani operasi.

Hepatoprotektor adalah obat untuk mencegah kerusakan pada hati.
Sekilas Tentang Guardian Pharmatama
PT. Guardian Pharmatama adalah suatu perusahaan farmasi yang berdiri pada tahun 1993 sebagai penerus dari industri farmasi Hasto Husodo. Perusahaan ini menjalani restrukturisasi pada tahun 2000 dan sejak saat itu perusahaan ini tumbuh dengan cukup pesat. Pada tahun 2015 PT. Guardian Pharmatama membuka area produksi seluas 7,2 hektar di daerah Citeureup, Bogor, untuk memproduksi berbagai macam produk farmasi seperti produk antibiotik, antijamur, antialergi, analgesik, antipiretik, kardiovakular, vitamin, suplemen dan lain-lain dalam berbagai bentuk sediaan. Perusahaan ini telah mendapatkan sertifikat ISO 9001, CPOB, dan lain-lain guna menjamin mutu setiap produknya tetap dalam keadaan baik.

Produk-produk perusahaan ini didistribusikan oleh PT. Milenium Pharmacon International, PT. Penta Valent, dan PT. Kallista Prima dan saat ini produksnya telah tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa produk itu seperti Neurohax, Emibion, Fungasol, Govazol, dan sebagainya. Kantor pusat PT. Guardian Pharmatama ada di Komplek Green Ville Maisonette, Jakarta.