SOLU-MEDROL / SOLUMEDROL

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Uncategorized > SOLU-MEDROL / SOLUMEDROL

Deskripsi

Solu-Medrol (Methylprednisolone) adalah obat kortikosteroid yang digunakan untuk mengobati sejumlah kondisi seperti peradangan (pembengkakan), alergi parah, masalah adrenal, arthritis, asma, masalah darah atau sumsum tulang, masalah mata atau penglihatan, lupus, kondisi kulit, masalah ginjal, ulcerative colitis, dan munculnya gejala dari multiple sclerosis.

Dosis

Dewasa:

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi tentang dosis Solu-Medrol (Methylprednisolone).

Dosis yang dianjurkan dalam beberapa kasus tercantum di bawah ini:

Untuk kekurangan vitamin D:

  • Untuk kapsul: Satu kapsul mengandung 5000 unit internasional (IU) sekali sehari.
  • Untuk larutan oral: Satu tetes mengandung 1.000 unit internasional (IU) sekali sehari atau 2 kali per hari.

Anak-anak:

Konsultasikan dengan dokter Anda untuk informasi tentang dosis Solu-Medrol (Methylprednisolone)

Dosis yang dianjurkan dalam beberapa kasus tercantum di bawah ini:

Untuk kekurangan vitamin D:

  • Untuk kapsul: Penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter Anda.
  • Untuk larutan oral: Satu tetes mengandung 400 IU sekali sehari.

Untuk wafer:

  • Anak-anak usia 6 tahun dan lebih tua: Satu wafer mengandung 14.000 unit internasional (IU) seminggu sekali selama 6 minggu.
  • Anak-anak lebih muda dari usia 6 tahun: Penggunaan dan dosis harus ditentukan oleh dokter Anda.

Pemberian Obat

Untuk bentuk injeksi:

  • Seorang perawat atau ahli kesehatan lainnya yang terlatih akan memberikan obat ini. Obat ini dapat diberikan melalui jarum ditempatkan di salah satu pembuluh darah Anda atau sebagai suntikan ke dalam otot.
  • Seorang perawat atau tenaga kesehatan lainnya akan memberikan obat ini.
  • Dokter Anda mungkin memberikan beberapa dosis obat ini sampai kondisi Anda membaik dan kemudian beralih ke penggunaan obat oral yang bekerja dengan cara yang sama. Jika Anda mempunyai pertanyaan apapun tentang hal ini, tanyakanlah kepada dokter Anda.

Interaksi Obat

Solu-Medrol (Methylprednisolone) dapat berinteraksi dengan obat lain yang sedang Anda gunakan yang dapat mengubah cara obat Anda bekerja atau meningkatkan risiko efek samping yang serius. Untuk menghindari interaksi obat, Anda harus menyimpan daftar semua obat yang Anda gunakan (termasuk obat resep, obat nonresep dan produk herbal) dan beri tahu dokter dan apoteker. Untuk keamanan Anda, jangan mulai menggunakan, berhenti menggunakan, atau mengubah dosis obat-obatan yang tercantum di bawah ini tanpa persetujuan dokter Anda, seperti:

Peringatan dan Perhatian

Hati-hati penggunaan obat pada:

Efek Samping

  • Perubahan warna pada kulit, bintik-bintik gelap
  • Diare
  • Mudah memar
  • Peningkatan rasa haus atau buang air kecil
  • Bintik-bintik datar merah, pink, ungu, atau coklat atau benjolan pada kulit Anda
  • Wajah bengkak dan bulat
  • Kulit tampak cekung atau menjorok di mana suntikan diberikan

Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Keamanan Pengggunaan Pada Wanita Hamil

Solu-Medrol (Methylprednisolone) termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori C menurut US Food and Drugs Administration (FDA)

Saran Penyimpanan

Solu-Medrol (Methylprednisolone) paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram Solu-Medrol (Methylprednisolone) ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Kemasan dan Sediaan

Solu-Medrol (Methylprednisolone) tersedia dalam bentuk bubuk untuk larutan: 500 mg, 1000 mg.

Nama Generik

SoluMedrol / Solu-Medrol

Nama Brand