Anakinra

Deskripsi

Anakinra adalah obat untuk mengatasi rheumatoid arthritis (rematik). Obat ini membantu memperlambat kerusakan sendi dan mengurangi nyeri sendi akibat rheumatoid arthritis agar Anda dapat bergerak lebih mudah.

Anakinra adalah bentuk olahan dari protein alami (interleukin-1 receptor antagonist) yang dihasilkan tubuh. Obat ini juga membantu menghambat efek dari protein lain (interleukin-1) yang dapat menyebabkan nyeri/bengkak/kaku sendi.

Anakinra juga digunakan untuk mengatasi kondisi yang disebut Neonatal-Onset Multisystem Inflammatory Disease (NOMID), dengan mengatasi gejala-gejala seperti demam, ruam, nyeri sendi, muntah dan sakit kepala.

Anakinra Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Anakinra?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Anakinra adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Mengatasi rheumatoid arthritis (rematik).

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai Anakinra?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Anakinra:

Dewasa:

100 mg disuntikan 1 kali sehari

Anak-anak:

Dosis awal: 1-2 mg/kg disuntikan 1 kali sehari
Dosis maksimum: 8 mg/kg disuntikan 1 kali sehari

Bagaimana Cara Pemberian Obat Anakinra?

  • Jika Anda akan melakukan suntikan sendiri, Anda akan diberi petunjuk oleh ahli profesional medis mengenai bagaimana mempersiapkan dan menyuntikkan dengan benar. Jika informasi masih belum jelas, konsultasikan dengan ahli profesional Anda
  • Obat ini disuntikkan pada kulit, biasanya 1 kali sehari atau sesuai petunjuk dokter. Dosis diberikan berdasarkan kondisi medis dan respon Anda terhadap perawatan
  • Jangan kocok obat ini. Sebelum menggunakan, periksa tampilan produk apakah ada partikel atau diskolorasi. Jika terdapat salah satu dari yang disebutkan, jangan gunakan cairan. Biarkan obat 30 menit pada suhu ruang sebelum menyuntikkannya
  • Sebelum menyuntikkan dosis, bersihkan area suntikan dengan alkohol. Penting untuk mengganti area suntikan setiap harinya untuk mencegah masalah pada bagian bawah kulit. Jangan suntikan obat ini pada area yang sensitif, merah, memar, keras atau memiliki bekas luka atau stretch mark
  • Minum obat ini secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya yang optimal. Untuk membantu Anda mengingat, minumlah obat ini di waktu yang sama setiap hari
  • Jangan gunakan ulang jarum suntik. Pelajari bagaimana menyimpan dan membuang jarum dan peralatan medis lainnya dengan aman
  • Beri tahu dokter jika kondisi Anda tidak membaik atau bahkan memburuk


Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Anakinra Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Anakinra, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Anakinra?

Jika Anda lupa menggunakan Anakinra, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Anakinra Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Anakinra?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Anakinra yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Apa Efek Samping Anakinra?

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Anakinra yang mungkin terjadi adalah:

Cari bantuan medis segera jika Anda mengalami tanda-tanda reaksi alergi berikut ini: gatal-gatal, kesulitan bernapas, pembengkakan wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan.

Infeksi serius dapat terjadi selama pengobatan dengan anakinra. Hentikan pengobatan dan segera hubungi dokter jika Anda mengalami tanda-tanda infeksi seperti:

  • Demam, berkeringat, menggigil, lelah
  • Sesak napas
  • Batuk, radang tenggorokan
  • Luka pada mulut atau tenggorokan
  • Gejala flu, penurunan berat badan

Efek samping yang lebih tidak serius, seperti:

  • Mual, diare, sakit perut
  • Sakit kepala
  • Gejala flu, seperti hidung tersumbat, bersin-bersin, radang tenggorokan
  • Kemerahan, memar, rasa sakit atau bengkak di lokasi suntikan
  • Tidak semua orang mengalami efek samping berikut ini. Mungkin ada beberapa efek samping yang

tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping tertentu, konsultasikanlah pada dokter atau apoteker Anda.

Apa saja Peringatan dan Perhatian Penggunaan Anakinra?

  • Beri tahu dokter dan apoteker apabila Anda alergi terhadap anakinra, protein yang terbuat dari sel-sel bakteri (E. coli), latex atau obat-obatan lainnya
  • Beri tahu dokter dan apoteker apa saja obat-obatan dengan atau tanpa resep, vitamin, suplemen dan produk herbal yang sedang Anda gunakan. Pastikan untuk menyebutkan obat-obatan berikut: etanercept (Enbrel), infliximab (Remicade) dan obat-obatan yang menekan sistem imun, seperti azathioprine (Imuran), cyclosporine (Neoral, Sandimmune), methotrexate (Rheumatrex), sirolimus (Rapamune), dan tacrolimus (Prograf). Dokter mungkin perlu mengubah dosis pengobatan Anda atau mengawasi untuk efek samping
  • Beri tahu dokter apabila Anda memiliki infeksi, asma, infeksi HV atau AIDS, atau penyakit ginjal lainnya
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang atau berencana hamil atau sedang menyusui. Jika Anda hamil saat menggunakan anakinra, hubungi dokter
  • Jika Anda akan melakukan operasi, termasuk operasi gigi, beri tahu dokter apabila Anda sedang menggunakan anakinra
  • Jangan melakukan vaksinasi (campak atau suntikan flu) tanpa menginformasikan pada dokter
  • Alergi terhadap protein turunan E. coli
  • Infeksi, aktif – Tidak boleh diberikan pada pasien dengan kondisi ini
  • Kanker
  • Infeksi, kronis (jangka panjang)
  • Sistem imun yang lemah – Tidak diketahui apakah obat ini dapat memperburuk kondisi ini
  • Penyakit ginjal – Level anakinra pada darah yang lebih tinggi dapat terjadi dan dokter mungkin akan mengubah dosis
  • Tuberkulosis, tak aktif – Dapat meningkatkan risiko menjadi aktif kembali

Bagaimana Kategori Keamanan Penggunaan Anakinra Pada Wanita Hamil?

Kategori keamanan penggunaan obat untuk wanita hamil atau pregnancy category merupakan suatu kategori mengenai tingkat keamanan obat untuk digunakan selama periode kehamilan apakah memengaruhi janin atau tidak. Kategori ini tidak termasuk tingkat keamanan obat untuk digunakan oleh wanita menyusui.

FDA (Badan Pengawasan Obat dan Makanan Amerika Serikat) mengkategorikan tingkat keamanan obat untuk wanita hamil menjadi 6 (enam) kategori yaitu A, B, C, D, X, dan N. Anda bisa membaca definisi dari setiap kategori tersebut di sini. Berikut ini kategori tingkat keamanan penggunaan Anakinra untuk digunakan oleh wanita hamil:

Obat ini termasuk ke dalam risiko kehamilan kategori B menurut US Food and Drugs Administration (FDA).

Apa Saja Interaksi Obat Anakinra?

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Anakinra antara lain:

  • Certolizumab (Cimzia)
  • Etanercept (Enbrel)
  • Golimumab (Simponi)
  • Infliximab (Remicade)
  • Adalimumab (Humira)
  • Obat-obatan kanker, steroid, atau obat-obatan pencegah penolakan organ transplan
  • Mengonsumsi alkohol atau tembakau dengan obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan interaksi terjadi. Diskusikan penggunaan obat Anda dengan makanan, alkohol, atau tembakau dengan penyedia layanan kesehatan Anda

Jika Lupa Minum Obat?

Apabila Anda melupakan satu dosis obat ini, gunakan sesegera mungkin. Namun bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya, lewati dosis yang terlupakan dan kembali ke jadwal dosis yang biasa. Jangan menggandakan dosis.

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Anakinra?

Cairan 100 mg per 0.67 mL

Bagaimana Cara Penyimpanan Anakinra?

Obat ini paling baik disimpan pada suhu ruangan, jauhkan dari cahaya langsung dan tempat yang lembap. Jangan disimpan di kamar mandi. Jangan dibekukan. Merek lain dari obat ini mungkin memiliki aturan penyimpanan yang berbeda. Perhatikan instruksi penyimpanan pada kemasan produk atau tanyakan pada apoteker Anda. Jauhkan semua obat-obatan dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan.

Jangan menyiram obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran pembuangan kecuali bila diinstruksikan. Buang produk ini bila masa berlakunya telah habis atau bila sudah tidak diperlukan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau perusahaan pembuangan limbah lokal mengenai bagaimana cara aman membuang produk Anda.

Nama Generik

Anakinra.

Nama Brand Anakinra?

Anakinra.