Neosma Expectorant

Farmasi-id.com > Sistem Pernapasan > Dekongestan Nasal & Preparat Nasal Lain > Neosma Expectorant

By | 25/02/2019

Kandungan dan Komposisi

Setiap sendok takar (5 ml) mengandung:

  • Terbutaline sulfate 1,5 mg
  • Guaifenesin 50 mg

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Sebagai bronkodilator pada asma bronkial, bronkospasme pada bronkitis kronik, emfisema, & penyakit paru lainnya dengan komplikasi bronkokonstriksi dan ekspektoran (batuk berdahak)

Farmakologi

Terbutaline sulfate bekerja sebagai perangsang beta-2 yang bersifat selektif. Kerjanya spesifik pada adrenoseptor beta-2 terutama bekerja pada otot-otot bronkus dan rahim. Pada dosis terapeutik, tidak memberikan efek palpitasi/rasa tidak enak. Mekanisme kerja dengan cara merangsang pembentukan siklik AMP dengan cara mengaktivasi enzim adenilsiklase, peningkatan siklik. AMP dalam sel tersebut secara aktif menyebabkan efek bronkodilatasi. Selain itu mencegah influks ion Ca ke dalam sel sehingga tidak lagi cukup untuk menimbulkan kontraksi aktinomiosin sel otot bronkus. Guaifenesin bekerja sebagai ekspektoran atau pengencer dahak.

Kontra Indikasi

hamil, konsumsi lebih dari satu obat flu, reaksi alergi, hipersensitif, wanita menyusui, kesulitan bernapas.

Efek Samping

Umumnya ringan berupa gelisah, sakit kepala, tremor, palpitasi.

Dosis dan Aturan Pakai

  • Dewasa: 2-3 sendok takar 2-3 x sehari.
  • Anak 3-6 tahun: 1/2-1 sendok takar 2-3 x sehari
  • Anak 7-15 tahun: 1-2 sendok takar 2-3 x sehari

Kemasan dan Sediaan

Dus , botol @ 60 ml, sirup

Izin BPOM

DKL0809217337A1

Harga

Rp 15.000/Dus , botol @ 60 ml, sirup

Produsen

Ifars

Sekilas Tentang Guaifenesin (Glyceryl Guaiacolate)
Guaifenesin (glyceryl guaiacolate) adalah suatu obat yang memiliki fungsi sebagai ekspektoran atau peluruh dahak, pengencer lendir saluran napas. Obat ini telah digunakan oleh dunia medis sejak tahun 1933 dan cara kerjanya yaitu dengan meningkatkan volume dan mengurangi viskositas sekresi di trakea dan bronkus sehingga membantu aliran sekresi di saluran pernapasan dan membuat pergerakan siliaris membawa sekresi menuju ke faring. Pada akhirnya meningkatkan efisiensi refleks batuk dan membantu pembuangan sekresi. Sifat guaifenesin selain sebagai ekspektoran juga sebagai relaksan otot dan antikonvulsan serta sebagai antagonis reseptor NMDA.

Asal-usul obat ini kemungkinan dimulai saat orang Spanyol menaklukkan Santo Domingo pada abad ke-16 dan menemukan kayu Guaiacum kemudian membawanya ke Eropa kemudian ternyata didalamnya memiliki kandungan sebagai obat sifilis dan obat lainnya. Kayu Guaiacum ternyata juga memiliki kandungan stimulan untuk sakit tenggorokan.
Sekilas Tentang Ifars Pharmaceutical Laboratories
PT. Ifars Pharmaceutical Laboratories adalah suatu perusahaan farmasi yang didirikan pada 1974 dan memproduksi berbagai macam obat dengan beberapa varian sediaan seperti solid (tablet, kaplet, dan kapsul), liquid (sirup, suspensi, emulsi, dan suspensi kering), dan produk krim, gel, dan salep. Beberapa produk yang dihasilkan seperti produk beta-laktam untuk memproduksi produk antibiotik, dan sebagainya. Saat ini lebih dari 100 varian produk telah diproduksi oleh perusahaan ini yang cakupan pemasarannya tersebar di seluruh Indonesia. PT. Ifars memiliki fasilitas produksi di Karanganyar, Jawa Tengah.