NEO RHEUMACYL ORALINU

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Jamu > Jamu Nyeri & Linu > NEO RHEUMACYL ORALINU

Komposisi

Tiap sachet (15 ml) mengandung:

  • Mel depuratum (madu) 500 mg
  • Bupleurum falcatum ekstrak 50 mg
  • Menthae arvensis folia ekstrak (daun mint) 50 mg
  • Curcuma domestica rhizoma ekstrak (kunyit) 40 mg
  • Zingiberia aromatic rhizoma ekstrak (lempuyang) 25 mg
  • Zingiberia officinale rhizoma ekstrak (jahe) 25 mg
  • Myristicae fragrans semen (pla) 25 mg
  • Piper retrofracti fructus ekstrak (cabe jawa) 20 mg
  • Panax ginseng ekstrak (ginseng) 20 mg
  • Pappermint oil 20 mg
  • Ginger oil 9.9 mg
  • Bahan tambahan: Sodium benzoate, sorbitol, pappermint flavour menthol.

Kegunaan/Indikasi

Membantu meredakan nyeri sendi, pegal linu, nyeri akibat encok, dan sakit otot pinggang.

Aturan Pakai

Dewasa:

1-2 sachet per hari sebelum tidur dan atau 1-2 sachet per hari setelah melakukan berbagai aktivitas. Bisa diminum langsung dari sachetnya atau dicampur dengan 50 ml air.

Kocok dahulu sebelum diminum.

Cara Penyimpanan

SImpan di bawah suhu 30°C.

Kemasan dan Sediaan

Dus, 5 Sachet @ 15 ml, cair.

Izin BPOM

TR162694571

Harga

Rp 2.000/sachet

Produsen

PT Supra Ferbindo Farma

Untuk:

PT Tempo Scan Pacific

Sekilas Tentang Menthol dan Manfaatnya

Menthol adalah senyawa organik yang dibuat secara sintetis biasanya berasal dari herbal peppermint, eucalyptus dan pennyroyal. Mentol memiliki banyak manfaat kesehatan potensial. Diterapkan secara topikal atau digunakan secara oral, mentol telah terbukti membantu mengobati masalah pencernaan, nyeri, peradangan dan hidung tersumbat.

Sekilas Tentang Ginseng (Panax Ginseng) dan Manfaatnya

Ginseng merupakan salah satu tanaman berkhasiat obat yang telah lama dimanfaatkan di berbagai negara seperti Cina, Korea, Amerika, dan Jepang.

Hampir semua bagian tanaman seperti biji, bunga, daun dan batang dapat dimanfaatkan untuk pengobatan. Namun, bagian akar dan umbinya yang paling sering dimanfaatkan. Akar ginseng mengandung berbagai senyawa seperti saponin (panaxosida atau ginsenosida), antioksidan, peptida, polisakarida, asam lemak, glikosida (panaquilon), poliasetilena, pitosterol dan minyak esensial. Selain itu, dalam akar ginseng juga terkandung zat pahit, vitamin B1, dan B2. Zat ginsenosida (triterpenglikosida) berperan dalam memberikan efek adaptogen seperti antistres, antiletih, meningkatkan sistem imun, dan sebagai antioksidan yang kuat.

Sekilas Tentang Jahe (Zingiber Officinale) dan Manfaatnya

Tumbuhan Jahe mempunyai bau aromatik, rasa pedas, hangat dan tidak beracun.Rimpang jahe mengandung minyak asiri. Minyak asiri tersebut terdiri atas n-nonylaldehide, d-camphene, d-β-phellandrene, methyl heptenone, cineol, d-borneol, geraniol, lonalool, acetates, caprylate, citral, chavicol, gengerol, shogaol, dan zingiberene. Selain itu, rimpang jahe juga mengandung resin tepung kanji dan serat.

Efek farmakologis jahe adalah menambah nafsu makan, memperkuat lambung, peluruh kentut, peluruh keringat, pelancar sirkulasi darah, penurun kolesterol, antimuntah, antiradang, antibatuk, dan memperbaiki pencernaan. Hal ini dimungkinkan karena terangsangnya selaput lendir perut besar dan usus oleh minyak yang dikeluarkan rimpang jahe.

Sekilas Tentang Kunyit (Curcuma Domestica) dan Manfaatnya

Kunyit (curcuma domestica) merupakan tumbuhan yang biasa tumbuh di ladang dan di hutan, terutama di hutan jati. Banyak juga ditanam di perkarangan. dapat tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 2000 m dpl. Tanaman herba tahunan ini menghasilkan umbi utama berbentuk rimpang berwarna kuning tua atau jingga terang dan bagian rimpang inilah yang banyak dijadikan obat.

Khasiatnya antara lain sebagai kholagog, stomakik, antispasmodik, anti inflamasi, anti bakteria, dan kholeretik. Kunyit biasa dipakai untuk menyembuhkan luka dan kurap, mencret, nyeri haid, dan sakit perut.

Manfaat Madu (Mel Depuratum)

Madu adalah cairan yang menyerupai sirup, madu lebih kental dan berasa manis, dihasilkan oleh lebah dan serangga lainnya dari nektar bunga. Rasa manis madu disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, dan memiliki rasa manis yang hampir sama dengan gula. Madu memiliki beberapa kandungan seperti: fruktosa, glukosa, Maltosa, Sukrosa, Air, Gula paling tinggi, Abu (analisis kimia), dll.

Berikut adalah beberapa manfaat madu:


  1. Antioksidan.

  2. Meredakan sakit tenggorokan dan batuk.

  3. mengurangi bau badan.

  4. Meredakan bengkak.

  5. Mengobati luka

  6. Mengurangi alergi.

Sekilas Tentang Cabai Jawa (Piper Retrofractum) dan Manfaatnya

Tanaman cabai jawa bisa memiliki panjang batang sampai 10 meter. Batangnya keras menyerupai kayu, tiap ruas (nondus) keluar akar lekat. Daun bulat memanjang dengan bagian dasarnya berbentuk jantung, ujungnya meruncing. Bunganya berkelamin tunggal yang tersusun dalam bulir dan tumbuh tegak. Bulir jantan lebih tegak daripada bulir betina. Buahnya buni, sebelum masak berwarna hijau, keras rasanya pedas dan tajam (di pasaran dunia lebih bermutu dan disukai daripada yang telah masak), bila telah masak berwarna merah, lembek dan rasanya manis. Cocok ditanam di pekarangan dan di ladang yang tanahnya tidak lembab dan banyak mengandung pasir dengan ketinggian sampai 600 m dpl.

Cabai jawa memiliki kandungan seperti minyak atsiri, pipernia, piperidina, hars, zat pati, minyak lemak. Cabai jawa sering digunakan untuk menyembuhkan gangguan pencernaan, bronkhitis, batuk, asma, ayan (epilepsi), demam setelah melahirkan, obat kumur dan kejang perut.