MST CONTINUS

FARMASI-ID.COM > Sistem Saraf Pusat > Analgesik (Opiat) > MST CONTINUS

ProdusenMahakam Beta Farma
KomposisiMorphine sulfate.
IndikasiPenatalaksanaan nyeri kronik pada pasien yang perlu analgesik opioid.
DosisPasien tidak pernah pakai opioid Awal 10-15 mg. Dosis pada hari-hari selanjutnya ditingkatkan guna memperoleh efek pereda nyeri selama 12 jam. Nyeri yang tidak dapat dikontrol dengan opioid yang lebih lemah Awal 20-30 mg tiap 12 jam. Dosis pada hari-hari selanjutnya ditingkatkan guna memperoleh efek pereda nyeri selama 12 jam.
Pemberian ObatDapat diberikan bersama atau tanpa makanan : Telan utuh, jangan dibagi/dikunyah/dihancurkan.
Kontra IndikasiDepresi pernapasan, penyakit obstruksi jalan napas, penyakit hati akut, ileus paralitik, penggunaan bersama dengan MAOI (atau dalam wkt 2 minggu sesudah menggunakan MAOI) atau obat lain yang bekerja pada SSP.
PerhatianNyeri pasca-op. Anak. Hamil.
Efek Samping yang Mungkin TimbulHipoventilasi, mual, muntah, konstipasi, somnolen, konfusi, halusinasi, euforia.
Interaksi ObatObat yang bekerja pada SSP (antidepresan, trankuiliser, hipnotik sedatif).
Kategori Keamanan Kehamilan C: Studi pada binatang percobaan telah memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embroisidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita, atau studi pada wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya boleh diberikan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

(jika digunakan untuk waktu lama/dosis tinggi pada akhir masa kehamilan)
D: Ada bukti positif mengenai risiko pada janin manusia, tetapi manfaat dari penggunaan obat ini pada wanita hamil dapat diterima meskipun berisiko pada janin (misalnya jika obat diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa atau untuk penyakit serius dimana obat yang lebih aman tidak dapat digunakan atau tidak efektif).

Bentuk SediaanKemasan/Harga
MST Continus tablet 10 mg
60’s (Rp852,000/pak)
MST Continus tablet 15 mg
60’s (Rp1,254,000/pak)
MST Continus tablet 30 mg
60’s (Rp2,262,000/pak)