Grafamic

By | Agustus 3, 2022 |

Apa Kandungan dan Komposisi Grafamic?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Grafamic adalah:

Tiap kaplet mengandung:
– Asam Mefenamat 500 mg

Sekilas Tentang Mefenamic Acid (Asam Mefenamat) Pada Grafamic
Mefenamic Acid (Asam Mefenamat) adalah suatu obat yang termasuk dalam golongan obat antiinflamasi non steroid (OAINS). Obat ini digunakan untuk mengatasi nyeri moderat seperti nyeri menstruasi dan migrain. Mefenamic acid pertama kali ditemukan oleh Claude Winder, ilmuwan perusahaan farmasi Parke-Davis pada tahun 1961. Pada tahun 1980 obat ini dijual sebagai obat generik di seluruh dunia. Mefenamic acid bekerja dengan menghambat pembentukan prostaglandin dan COX.

Oleh FDA, keamanan penggunaan mefenamic acid oleh wanita hamil masuk dalam kategori C.

Grafamic Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Grafamic?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Grafamic adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:


– Untuk menghilangkan rasa nyeri dan rasa sakit, seperti sakit waktu haid, sakit kepala, sakit gigi, dan menghilangkan atau mengurangi rasa sakit pasca bedah

Kontraindikasi

– Penderita tukak lambung, inflamasi sel pencernaan kronik dan hipersensitif terhadap asam mefenamat
-Penderita ginjal, penderita asma

Efek Samping:

– Iritasi lambung, ruam makulopapular, kadang-kadang diare bagi lanjut usia
– Dyspepsia, konstipasi, mual, muntah, sakit perut, sakit kepala, mengantuk, vertigo, pusing, peningkatan kadar nitrogen urea darah, anemia hemolitika, agranulositosis, trombositopenia purpura, anemia hemolitik

PERINGATAN:

– Tidak dianjurkan untuk wanita hamil dan menyusui
– Jangan diberikan lebih dari 7 hari
– Keamanan penggunaan pada anak-anak di bawah 14 tahun belum diketahui dengan pasti
– Jika terjadi diare dan rash hentikan penggunaan obat ini
– Jangan diberikan pada penderita yang mendapat bronkospasma, rhinitis alergi atau urtikaria karena obat non steroid anti inflamasi yang lain, kemungkinan bisa terjadi “cross sensitivity”

ATURAN PAKAI:
– Dewasa dan anak di atas 14 tahun : Dosis awal 500 mg (1 kaplet ), kemudian 250 mg (1/2 kaplet ) tiap 6 jam

CARA PENYIMPANAN:
– Simpan ditempat yang sejuk dan kering

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Grafamic?


– Dus @ 10 strip® 10 kaplet . No.Reg: DKL 9231103304 A1

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.