Pertolongan Pertama Saat Gigi Kita Tanggal / Copot

FARMASI-ID.COM > P3K | FARMASI-ID.COM > Gigi > Pertolongan Pertama Saat Gigi Kita Tanggal / Copot

Bila secara tak sengaja sebuah gigi terpukul hingga tanggal, dibutuhkan segera perawatan medis. Sekarang ini, gigi permanen yang terlepas kadang-kadang dapat ditanam kembali kalau Anda bertindak cepat. Namun, sebuah gigi yang patah tidak dapat dipasang kembali.

Perawatan Darurat

Kalau sebuah gigi permanen tanggal, simpan gigi itu dan segera ke dokter gigi. Bila terjadi setelah jam praktik teleponlah dokter gigi Anda di rumah. Bila ia tidak ada, pergilah ke unit gawat darurat.

Berhasilnya penanaman gigi kembali, tergantung pada beberapa faktor: tepat waktu saat dimasukkan (paling baik dalam waktu 30 menit, tapi tak lebih dari 2 jam sesudah tanggal) dan cara menyimpan serta membawa gigi sebagaimana mestinya. Menjaganya agar tetap basah merupakan hal penting.

Perawatan Mandiri

Cara memperlakukan gigi Anda sebelum tiba di tempat dokter gigi:

  • Pegang gigi itu pada bagian atasnya saja (mahkotanya).
  • Jangan menggosok atau mengeroknya untuk menghilangkan kotoran. Dengan hati-hati cucilah gigi itu di segelas air leding, tapi jangan di bawah Langsung.
  • Cobalah menempatkan kembali gigi itu pada lubangnya dan gigit perlahan-lahan sehelai kasa untuk menjaga agar posisi tidak bergeser.
  • Kalau gigi itu tidak dapat ditaruh kembali di tempatnya, segera masukkan ke dalam cairan susu, air liur Anda sendiri, atau larutan air garam hangat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *