Efomet

By | Agustus 2, 2022 |

EFOMET Tablet
Metformin HCl

Apa Kandungan dan Komposisi Efomet?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Efomet adalah::
Tiap tablet mengandung Metformin HCl 500 mg

Sekilas Tentang Metformin Pada Efomet
Metformin adalah obat lini pertama untuk terapi pengobatan pasien diabetes tipe 2 khususnya mereka yang bagi mereka yang mengalami kelebihan berat badan atau obesitas. Obat ini juga digunakan dalam pengobatan sindrom ovarium polikistik. Metformin dapat mencegah penyakit kardiovaskular dan kanker akibat diabetes.

Uji coba yang dilakukan pada tahun 1980 hingga tahun 90-an membuktikan bahwa metformin dapat mengurangi efek negatif terhadap kardiovaskular yang diakibatkan oleh berat badan berlebih pada pasien diabetes tipe 2. Selain itu ia juga dapat menurunkan risiko hipoglikemia, sulfonilerea dan mengurangi tingkat LDL dan trigliserida. Metformin dapat mengurangi kebutuhan insulin pada diabetes tipe 1, meskipun dengan peningkatan risiko hipoglikemia. Pada fase pradiabetes, risiko berkembang menjadi diabetes tipe 2 kemungkinan dapat menurun akibat penggunaan metformin, meskipun harus diiringi dengan olahraga dan latihan intensif.

Metformin pertama kali ditemukan pada 1922 oleh Emil Werner dan James Bell, sebagai produk hasil sintesis N,N-dimethylguanidine dan pertama kali digunakan oleh dunia medis di Perancis tahun 1957 dan di Amerika Serikat tahun 1995. Keamanan metformin untuk digunakan oleh wanita hamil oleh FDA dimasukkan dalam kategori B.

Efomet Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Efomet?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Efomet adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

:
Sebagai terapi tambahan pada diet pada pasien yang tidak tergantung insulin dan kelebihan berat badan dimana kadar gula tidak bisa dikontrol dengan diet saja. Dapat dipakai sebagai obat tunggal atau sebagai kombinasi dengan sulfonylurea. Sebagai terapi tambahan pada penderita diabetes dengan ketergantungan terhadap insulin yang simtomnya sukar dikontrol.

Apa Saja Kontraindikasi Efomet?

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Efomet dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

:
– Hipersensitif
– Koma diabetic dan ketoasidosis
– Gangguan fungsi ginjal
– Penyakit hati kronis, kegagalan jantung dan miokardial infark, alkoholisme, riwayat atau keadaanyang
berkatan dengan laktat asidosis seperti syok atau insusisiensi pulmonal dan keadaan yang berhubungan
dengan hipoksemia.
– Kehamilan dan menyusui.

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai Efomet?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Efomet:

:
Tablet diberikan bersama makanan atau setelah makan.
Dewasa :
  • Awal : 500 mg 2 kali sehari atau 3 kali sehari. . Bila gejala diabetes telah dapat dikontrol dosis dapat diturunkan,
  • Apabila dikombinasi dengan pemakaian Sulfonilurea. Mula-mula diberikan 500 mg kemudian dosis dinaikkan perlahan-lahan sampai diperoleh control optimal. Sering kali dosis sulfonilurea dapat dikurangi dan pada beberapa pasien bahkan tidak perlu diberikan lagi. Pengobatan dapat dilanjutkan dengan Metformin sebagai obat tunggal
  • Apabila diberikan bersamaan dengan insulin :
    a. Bila dosis insulin kurang dari 60 unit/hari, permulaan diberikan 500 mg. dosis insulin dikurangi
    secara bertahap (4 unit setiap 2 – 4 hari). Pemakaian tablet dapat ditambah setiap interval mingguan.
    b. Bila dosis insulin lebih dari 60 unit/hari, pemberian Metformin adakalanya menurunkan kadar gula
    darah dengan cepat. Pasien demikian harus diobservasi dengan hati-hati selama 24 jam pertama setelah
    pemberian Metformin. Setelah itu dapat diikutin petunjuk butir (a) diatas

Izin, Kemasan & Sediaan Efomet

:
EFOMET Tablet 500 mg. Dus 10 blister @ 120 tablet
No. Reg. : DKL0133203510B1

Diproduksi Oleh :
PT PROMEDRAHARDJO FARMASI INDUSTRI
Sukabumi – Ind

Sekilas Tentang Promed
Promed atau Promedrahardjo Farmasi Industri adalah suatu perusahaan farmasi asal Indonesia yang berdiri pada 1997. Perusahaan ini memiliki lokasi pabrik di Sukabumi, Jawa Barat seluas 18 ribu meter persegi. Perusahaan ini telah mengantongi sertifikat CPOB sehingga kualitas produk tetap terjamin.

Perusahaan ini memproduksi berbagai jenis produk farmasi meliputi obat, vitamin, suplemen, dan sebagainya dalam berbagai bentuk sediaan. Untuk pemasaran dan distribusi produk, perusahaan ini melakukannya melalui PT Penta Valent, PT Kallista Prima, PT Lawsim Zecha, PT Binaya Jaya, dan lain-lain. Beberapa produk yang diproduksi seperti Anoxi, Fuco, Dolartam, Granitron, Luteron, dan masih banyak lagi yang lainnya. PT Promedrahardjo Farmasi Industri memiliki kantor pusat di Graha Agape, Rawamangun, Jakarta.
Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.