Balsem Gosok Cap Betet

Farmasi-id.com > Balsem & Minyak Angin > Balsem Gosok Cap Betet

By | 23/07/2016

Kandungan dan Komposisi Balsem Gosok Cap Betet

Oleum Eucalypti 1,75 g, Methyl Salicylate 1,40 g, Mentholum 1,50 g, Camphora 0,70 g, Zalf Base Ad 17,5 g.

Khasiat Kegunaan

Membantu meringankan pusing karena masuk angin, sakit punggung, pegal pada leher, kaki dan badan, nyeri akibat pukulan, rasa sakit karena terkilir.

Dosis dan Aturan Pakai

Oleskan secara merata pada bagian yang sakit sehingga terasa hangat dan menyegarkan. Bila masuk angin dapat dipergunakan untuk kerik.

Kemasan dan Sediaan

Dus, Pot @ 7,5 g 17,5 g & 36 g

Izin BPOM

  • Balsem Gosok – Balsem Kuning Cap Betet, QD113709961
  • Balsem Gosok – Balsem Hijau Cap Betet, QD113709931
  • Balsem Gosok – Balsem Merah Cap Betet, QD113709951

Produsen

Irawan Djaja Agung

Sekilas Tentang Camphor

Pada jaman dahulu camphor dibuat dengan mendistilasi kulit kayu dan pohon camphor. Saat ini, camphor diproduksi secara kimia dari minyak terpentin seperti yang digunakan dalam produk seperti Vicks VapoRub.

Camphor dapat digosokkan pada kulit (aplikasi topikal) atau dihirup. Camphor topikal digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi rasa gatal, mengobati infeksi jamur pada kuku kaki, kutil, luka dingin, wasir, dan osteoartritis. Camphor topikal juga digunakan untuk meningkatkan aliran darah lokal dan sebagai "counterirritant," yang mengurangi rasa sakit dan pembengkakan dengan menyebabkan iritasi. 

Beberapa orang menggunakan camphor untuk mengobati penyakit saluran pernapasan, dan mengobati gejala penyakit jantung. Camphor juga digunakan secara topikal sebagai obat tetes telinga, dan untuk mengobati luka bakar ringan. Camphor juga dapat dihirup untuk mengatasi batuk.

Sekilas Tentang Methyl Salicylate

Metil salisilat (minyak wintergreen) adalah bahan kimia yang berbau seperti wintergreen. Ini digunakan dalam banyak produk bebas, termasuk krim sakit otot. Metil salisilat berkhasiat analgesik yang tersedia dalam obat-obatan bebas (OTC) yang dapat digunakan untuk meredakan nyeri ringan pada tubuh dan otot serta nyeri sendi yang terkait dengan sakit punggung, radang sendi, ketegangan, keseleo, dan memar. Metil salisilat dapat ditemukan dalam obat nyeri topikal (mis., Krim atau salep) yang mengandung lebih dari satu bahan aktif analgesik eksternal.

Sekilas Tentang Oleum Eucalypti

Oleum eucalypti merupakan minyak yang di dapat dari hasil penyulingan daun segar Eucalyptus Globulus, Labill (N.O Myrtaceae) ataupun spesies Eucalyptus lainnya. Minyak ini memiliki kandungan cineol yng banyak dan sedikit phellandrene. Ciri oleum eucalypti adalah warnanya kuning muda, tidak kental, dengan aroma camphoraceous yang segar dan memiliki rasa sedikit pedas namun dingin.

Berikut adalah beberapa manfaat oleum eucalypti:


  1. Membentuk dan memperkuat tulang dan gigi.

  2. Membantu menjaga struktur rangka dan fungsinya.

  3. Menjaga kerja jantung tetap sehat.

  4. Berperan penting dalam kontraksi dan relaksasi otot.

  5. Terlibat dalam proses pembekuan darah.

Sekilas Tentang Menthol

Menthol adalah senyawa organik yang dibuat secara sintetis biasanya berasal dari herbal peppermint, eucalyptus dan pennyroyal. Mentol memiliki banyak manfaat kesehatan potensial. Diterapkan secara topikal atau digunakan secara oral, mentol telah terbukti membantu mengobati masalah pencernaan, nyeri, peradangan dan hidung tersumbat.