ARGESID

Farmasi-id.com > Sistem Saraf Pusat > Analgesik (Non Opiat) & Antipiretik > ARGESID

By | 15/05/2015

ARGESID
Asam Mefenamat

KOMPOSISI :
ARGESID 500
Tiap kaplet salut selaput mengandung Asam Mefenamat 500 mg

Indikasi:
Untuk meredakan rasa sakit seperti sakit gigi, sakit kepala, dismenore, meredakan nyeri otot, nyeri sesudah operasi, nyeri saat melahirkan, nyeri karena trauma.

Kontra Indikasi:
Tukak lambung, radang usus, gangguan ginjal, hipersensitivitas.

Dosis:
Dewasa dan anak-anak diatas 14 tahun:
Dosis awal 500 mg kemudian dilanjutkan dengan 250 mg tiap 6 jam.

Kemasan:
ARGESID 500.
Box 10 Strip @ 10 Kapsul
No. Reg. : DKL.0033201109A1

Sekilas Tentang Obat Analgesik (Non Opiat) & Antipiretik

Analgesik adalah obat yang digunakan untuk meredakan rasa sakit atau nyeri. Analgesik ada beberapa tipe diantaranya analgesik non opiat (non opioid) yang bisa digunakan tanpa resep dokter dan analgesik opioid yang penggunaannya harus menggunakan resep dokter karena efek sampingnya lebih besar. Analgesik non opioid contohnya seperti paracetamol (acetamonophen) dan ibuprofen. Sedangkan yang termasuk analgesik opioid contohnya morphine dan oxycodone.

Analgesik non opioid biasanya digunakan untuk meredakan berbagai macam nyeri seperti pada arthritis, migrain, nyeri haid, dan kondisi lainnya berdasarkan tingkat sakit dan nyerinya. Dokter akan menggunakan analgesik opioid jika nyeri yang terjadi berada pada tingkat akut seperti pada pembedahan dan patah tulang. Penggunaan analgesik opioid sangat dibatasi hanya untuk kondisi tertentu karena dapat menimbulkan risiko adiksi dan penyalahgunaan.

Selain dengan pemberian oral dan injeksi, ada juga analgesik yang diterapkan langsung pada kulit dan analgesik ini disebut analgesik topikal. Biasanya analgesik topikal ini digunakan untuk meredakan nyeri otot dan keseleo.

Antipiretik adalah obat yang berfungsi menurunkan demam. Antipiretik akan menurunkan panas demam akibat hipotalamus yang diinduksi oleh prostaglandin. Antipiretik yang banyak digunakan di dunia adalah paracetamol, ibuprofen, dan aspirin yang termasuk dalam obat anti inflamasi non steroid (OAINS). Selain sebagai antipiretik, obat-obat tadi juga memiliki efek analgesik untuk meredakan nyeri yang menyertainya.