TEROD

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Sistem Kemih Kelamin > Obat untuk Penyakit Saluran Kemih & Prostat > TEROD

Komposisi

Dutasteride

Indikasi

Pengobatan & pencegahan perkembangan hiperplasia prostat jinak. Dalam kombinasi dengan α-bloker  untuk hiperplasia prostat jinak simtomatik sedang sampai berat pada pria dengan pembesaran prostat.

Dosis

1 kapsul/ hr. Dapat dikombinasikan dgn 0.4 mg tamsulosin.

Pemberian Obat

Dapat diberikan bersama atau tanpa makanan: Telan utuh jangan, dikunyah atau membuka kapsul.

Kontra Indikasi

Hipersensitivitas terhadap dutasteride, inhibitor reduktase 5-α lainnya. Gangguan hati berat. Kehamilan. Wanita & anak & remaja.

Perhatian 

Insiden gagal jantung ditemukan dalam kombinasi dengan tamsulosin. Lakukan pemeriksaan rektal digital, evaluasi lain untuk kanker prostat sebelum terapi & juga secara berkala. Hindari kontak dengan kapsul yg bocor. Kerusakan hati ringan sampai sedang.

Efek Samping

Impotensi, penurunan libido, gangguan ejakulasi, kelainan payudara misalnya pembesaran payudara & / atau nyeri tekan. Reaksi alergi misalnya ruam, pruritus, urtikaria, edema lokal & angioedema.

Interaksi Obat

Penggunaan jangka panjang dgn kombinasi inhibitor CYP3A4 potensial dapat meningkatkan konsentrasi serum.

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (Menurut FDA)

Kategori X: Studi pada binatang percobaan atau manusia telah memperlihatkan adanya kelainan pada janin atau ada bukti risiko pada janin berdasarkan pengalaman pada manusia ataupun keduanya, dan risiko penggunaan obat pada wanita hamil jelas-jelas melebihi manfaat yang mungkin diperoleh. Obat dikontraindikasikan bagi wanita yang sedang atau memiliki kemungkinan untuk hamil.

Kemasan dan Sediaan

Dus, 3 blister @ 10 kapsul lunak 0,5 mg

Izin BPOM

DKI1654800402A1

Harga

Rp 210.000/dus

Produsen

Douglas Pharmaceuticals LTD – New Zealand

Pendaftar

Ikapharmindo Putramas