STRONTIUM RANELAT

Kandungan, Indikasi, Efek Samping, Kontra, Interaksi, Dosis, Obat Apa | FARMASI-ID.COM > Obat & Nutrisi Tulang / Sendi > STRONTIUM RANELAT

Indikasi

Osteoporosis pascamenopause untuk mengurangi resiko fraktur tulang vertebral dan pinggul, dengan lama pengobatan 3 tahun.

Peringatan

Hati-hati digunakan pada penderita gangguan ginjal, tidak dianjurkan pada penderita dengan bersihan kreatinin di bawah 30 mL/menit. Pengobatan lanjutan penderita yang cenderung mengalami gangguan ginjal harus melalui pertimbangan. Hati-hati digunakan pada penderita dengan risiko venous thromboembolism (VTE) termasuk penderita dengan riwayat VTE. Strontium ranelat mengandung fenilalanin yang dapat membahayakan penderita dengan fenilketonuria. Dapat mempengaruhi pengukuran kalsium darah dan urin secara kalorimeter.

Kontra Indikasi

Hipersensitivitas terhadap zat aktif dan zat tambahan obat ini, kehamilan, menyusui.

Efek Samping

Sakit kepala, mual, diare, feses lunak, dermatitis, eksim.

Dosis

Sachet 2 g sekali sehari peroral, sebaiknya menjelang tidur malam. Dianjurkan untuk menghindari makanan yang mengandung kalsium seperti susu, 2 jam sebelum dan sesudah minum obat ini. Juga hindari penggunaan bersamaan dengan antasida yang mengandung aluminium dan magnesium hidroksida, 2 jam sesudah minum obat ini.

Daftar Nama Dagang

Protos