Scacid

Farmasi-id.com > Kulit > Antijamur & Antiparasit Topikal > Scacid

By | 18/10/2018

Kandungan dan Komposisi

Setiap gram krim mengandung permethrin 50 mg

Farmakologi

Mengandung permethrin yang merupakan anti parasit berspektrum luas yang ampuh terhadap tungau, kutu rambut, kutu badan, serta arthropoda lainnya.

Permethrin bekerja dengan cara mengganggu polarisasi dinding sel saraf parasit dengan berikatan dengan Natrium sehingga memperlambat repolarisasi dinding sel dan akhirnya terjadi penghancuran parasit tersebut.

Permethrin dimetabolisme dengan cepat di kulit dimana hasil dari metabolisme tersebut tidak aktif dan akan dikeluarkan melalui urin.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Terapi Investasi Sarcoptes scabiel (Scabies).

Perhatian

Hanya untuk pemakaian luar. Hindari kontak dengan mata. Jika terjadi iritasi, hentikan penggunaan produk ini. Hanya untuk sekali pemakaian.

Dosis & Cara Pemberian

Oleskan krim secara merata pada malam hari di seluruh permukaan kulit mulai dari kepala sampai ke jari-jari kaki, terutama pada daerah belakang telinga, lipatan bokong, dan sela-sela jari. Biarkan selama 8-12 jam, kemudian dibilas.

Kemasan dan Sediaan

Dus, tube @ 10 g, krim 50 mg/g

Izin BPOM

DKL1608024229A1

Produsen

Guardian Pharmatama

Sekilas tentang antijamur dan antiparasit topikal

Antijamur (atau dapat disebut juga antifungal) adalah suatu golongan obat yang bersifat fungisida atau fungistatik yang dapat digunakan untuk mengobati dan mencegah mikosis seperti kutu air, kurap, kandidiasis, infeksi sistemik serius seperti meningitis kriptokokus, dan lain-lain. Biasanya obat antijamur harus diberikan dengan resep dokter, tetapi beberapa ada yang tersedia secara bebas (over-the-counter).

Antijamur bekerja dengan memanfaatkan perbedaan antara sel hewan dan jamur untuk membunuh organisme jamur dengan sedikit efek samping pada pasien. Tidak seperti bakteri, jamur dan manusia merupakan eukariota. Dengan demikian, sel jamur dan manusia mempunyai kemiripian pada tingkat biologis. Hal ini membuat sulitnya menemukan obat yang mentarget jamur tanpa mempengaruhi sel-sel manusia. Karena itu, banyak obat-obatan antijamur memberikan efek samping. Beberapa efek samping dapat membahayakan manusia jika obat-obatan tersebut tidak digunakan dengan benar.

Antiparasit merupakan zat yang mempunyai sifat membasmi parasit. Parasit adalah organisme kecil yang hidup menempel pada organisme yang lebih besar dengan maksud untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Antiparasit diindikasikan untuk pengobatan penyakit parasit, seperti yang disebabkan oleh cacing, amuba, ektoparasit, jamur parasit, dan protozoa, dan lain-lain. Antiparasit menargetkan agen parasit infeksi dengan menghancurkan mereka atau menghambat pertumbuhan mereka, mereka biasanya efektif melawan sejumlah parasit dalam kelas tertentu. Antiparasitik adalah salah satu obat antimikroba yang termasuk antibiotik yang menargetkan bakteri, dan antijamur yang menargetkan jamur. Mereka dapat diberikan secara oral, intravena atau topikal.

Antiparasit spektrum luas, analog dengan antibiotik spektrum luas untuk bakteri, adalah obat antiparasit dengan keampuhan dalam mengobati berbagai infeksi parasit yang disebabkan oleh parasit dari berbagai kelas.

Terapi topikal merupakan pengobatan/terapi yang pemberiannya diterapkan ke kulit, seperti dengan krim, gel, atau salep.
Sekilas Tentang Guardian Pharmatama
PT. Guardian Pharmatama adalah suatu perusahaan farmasi yang berdiri pada tahun 1993 sebagai penerus dari industri farmasi Hasto Husodo. Perusahaan ini menjalani restrukturisasi pada tahun 2000 dan sejak saat itu perusahaan ini tumbuh dengan cukup pesat. Pada tahun 2015 PT. Guardian Pharmatama membuka area produksi seluas 7,2 hektar di daerah Citeureup, Bogor, untuk memproduksi berbagai macam produk farmasi seperti produk antibiotik, antijamur, antialergi, analgesik, antipiretik, kardiovakular, vitamin, suplemen dan lain-lain dalam berbagai bentuk sediaan. Perusahaan ini telah mendapatkan sertifikat ISO 9001, CPOB, dan lain-lain guna menjamin mutu setiap produknya tetap dalam keadaan baik.

Produk-produk perusahaan ini didistribusikan oleh PT. Milenium Pharmacon International, PT. Penta Valent, dan PT. Kallista Prima dan saat ini produksnya telah tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa produk itu seperti Neurohax, Emibion, Fungasol, Govazol, dan sebagainya. Kantor pusat PT. Guardian Pharmatama ada di Komplek Green Ville Maisonette, Jakarta.