SARI TURAS Sido Muncul

Farmasi-id.com > Herbal > Herbal Diabetes > SARI TURAS Sido Muncul

By | 10/03/2019

Komposisi

  • Ligustrinae Lignum 1,05 g
  • Andrographidis Herba 0,7 g
  • Abri Folium 0,7 g
  • Leucaena Glauca Semen 0,7 g
  • dan bahan-bahan lain hingga 7 gram, terdiri dari Phyllanthi Herba, Orthosiphonis Folium, Alstoniae Cortex, Merremiae Tubera, Curcumae Rhizoma, Dioscoreae Tubera Rhizoma, Blumeae Folium, Basilici Folium, Zingiberis aromaticae Rhizoma, Tinosporae Caulis.

Khasiat dan kegunaan

Secara tradisional membantu meringankan gejala kencing manis.

Peringatan

  • Hanya untuk penderita kencing manis yang telah ditetapkan oleh
  • dokter. Selama penggunaan konsultasikan pada dokter secara berkala.

Cara Pemakaian 

1 x sehari 1 bungkus. 1 bungkus diseduh dengan 100 cc (± 1/2 gelas) air panas.

Penyimpanan

Simpan di tempat sejuk dan kering.

Kemasan dan Sediaan

Bungkus @ 7 gram, serbuk

Izin BPOM

TR082290381

Harga

Rp 2.500/Bungkus @ 7 gram

Produsen

Sido Muncul

Sekilas Tentang Zingiber Aromaticum (Lempuyang Wangi)

Zingiber Aromaticum (lempuyang wangi) memiliki rasa pahit, pedas, dan bersifat aromatik. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam lempuyang wangi, di antaranya minyak asiri seperti limonen dan zerumben. Efek farmakoiogis lempuyang wangi, di antaranya untuk antikejang dan penghilang rasa sakit (analgesik), asma, bengkak pada kaki setelah melahirkan, cacingan, kolera, kurang darah (anemia), influensa, malaria, masuk angin, muntah-muntah, penambah nafsu makan (stomachica), nyeri perut, reumatik, radang lambung (gastritis), sesak papas, sembelit (constipatio), TBC, urat saraf lemah, wasir, serta obat gosok untuk penghangat badan.

Sekilas Tentang Tinospora Tuberculata (Brotowali)

Tinospora Tuberculata / Tinospora crispa caulis (Brotowali) merupakan suatu tanaman perdu dengan batang sebesar jari manis, dengan banyak mata dan kutil, tidak beraturan, pahit, tidak keras dan berair. Daun berbentuk jantung atau panah dengan tangkai panjang dan besar. Bunga berwarna hijau muda, tiga seuntai dalam lembaga dan tidak sempurna. Buah terdapat dalam tandan berwarna merah muda. Tanaman ini tumbuh liar di hutan dan di ladang. Bagian tanaman yang dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal adalah batang dan daunnya.

Kandungan kimia yang dimiliki oleh Tinospora Tuberculata antara lain retine, alkaloida, berberin, dan columbine. Khasiat dari Tinospora Tuberculata adalah sebagai antipiretikum, tonikum, antiperiodikum, diuretikum, dan antidiabetik. Beberapa penyakit yang dapat diobati dengan tanaman ini seperti demam, gatal, dan rematik.

Sekilas Tentang Diabetes
Diabetes merupakan kondisi di mana tubuh tidak dapat memproduksi insulin dengan benar. Hal ini menyebabkan meningkatnya kadar glukosa dalam darah. Diabetes yang umum terjadi adalah diabetes Tipe 1 dan tipe 2.

Pada diabetes Tipe 1 pankreas tidak dapat memproduksi insulin sedangkan pada diabetes tipe 2 pankreas dapat membuat insulin tapi dalam kadar yang tidak cukup banyak. Ini menyebabkan tubuh tidak mendapatkan insulin secara optimal. Meningkatnya kadar gula dalam darah akan membuat penderita diabetes sering merasa haus atau lapar dan juga sering buang air kecil.

Antidiabetes merupakan obat yang mengontrol tingkat glukosa (gula) dalam darah pada penderita diabetes.

Informasi lengkap mengenai diabetes dapat Anda baca di sini.