Profertil

By | April 7, 2021 | Farmasi-id.com > Hormon > Profertil

Komposisi:
Clomiphene citrate 50 mg

Bentuk Sediaan:
Tablet.

Farmakologi:
Merangsang hipotalamus di otak (bersaing dengan estrogen endogen menempati reseptor estrogen di hipotalamus) sehingga hipotalamus mensekresikan GnRH (Gonadotropin Releasing Hormone) yang akan merangsang kelenjar hipofisis anterior untuk mensekresi FSH (Follicle Stimulating Hormone) dan LH (Luteinizing Hormone). Pada wanita FSH dan LH akan merangsang ovarium sehingga terjadi ovulasi (pematangan dan pengeluaran telur dari ovarium). Pada laki-laki LH akan merangsang sel Leydig. Sel Leydig akan mensekresikan testosteron yang bersama FSH akan merangsang tubulus seminiferus untuk memproduksi spermatozoa (proses spermatogenesis).
Clomiphene citrate mudah diabsorbsi melalui saluran cerna, diekskresikan secara perlahan oleh hati melalui saluran empedu dan mengalami siklus enterohepatik, waktu paruh biologis dari 5-7 hari, sebagian besar obat ini diekskresikan melalui feses dan hanya sejumlah kecil diekskresikan melalui urine.

Indikasi:
Pengobatan infertilitas, baik pada wanita maupun pria.

Kontra Indikasi:
Gangguan fungsi hati, wanita hamil, kista ovarium dan kelainan pada kelenjar hipofisis, ovarium atau organ reproduksi lainnya.

Dosis:
– INFERTILITAS ANOVULASI:  1 x 1 tablet sehari selama 5 hari, dimulai antara hari II-V siklus menstruasi, pada wanita yang tidak mengalami menstruasi (amenore) maka obat dapat diminum setiap waktu, bila ovulasi tidak terjadi, maka pada siklus berikut dosis dapat ditingkatkan 2 x 1 tablet /hari selama 5 hari, Profertil dapat diberikan sampai 6 siklus.
– OLIGOSPERMIKategori A: 1 x 1 tablet sehari selama 25 hari berturut-turut kemudian istirahat 5 hari, baru dilanjutkan 25 hari lagi kemudian istirahat 5 hari dan seterusnya, lama pengobatan 6-12 bulan.

Peringatan dan Perhatian:

Efek Samping:
– Pembesaran ovarium (10-15%), pembesaran ovarium maksimal terjadi kira-kira satu minggu setelah ovulasi dan terjadi regresi spontan dalam beberapa hari atau minggu.
– Kista ovarium (10-15%), terutama terjadi pada pemberian  dosis tinggi (200-300 mg/hari) selama 2-3 minggu. Efek Samping ini dapat dikurangi dengan menurunkan dosis menjadi 50 mg/hari dan lama pengobatan persiklus sesuai dengan yang dianjurkan (5 hari persiklus).
– Kehamilan ganda (6-8 %).
– Penglihatan kabur dan skotoma, efek samping berkaitan dengan dosis dan bersifat reversibel.
– Muka merah dan panas/hot flushes (10-40%).

PT Kalbe Farma merupakan suatu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Perusahaan ini didirikan pada 10 September 1966 oleh Khouw Lip Tjoen,Khouw Lip Hiang, Khouw Lip Swan, Boenjamin Setiawan, Maria Karmila, F. Bing Aryanto. Produk dari perusahaan ini sangat banyak mencakup produk obat resep, obat bebas, minuman energi, susu, suplemen, minuman kesehatan, distribusi produk dan pengemasan, dan sebagainya.

Diperkirakan nilai kapitalisasi pasar perusahaan ini mencapai Rp 15 triliun. Perusahaan ini memiliki grup perusahaan (kalbe Group) yang bergerak dalam berbagai bidang divisi usaha diantara seperti divisi obat resep (PT Kalbe Farma, PT Hexpharm Jaya Laboratories, PT Dankos Farma, dll), divisi consumer health (PT Bintang Toedjoe, PT Saka farma Lab, PT Hale International, dll), divisi nutrisi (PT Sanghiang Perkasa, PT Kalbe Morinaga Indonesia, dll), divisi distribusi dan kemasan (PT Enseval Putra Megatrading, PT Enseval Medika Prima, PT Milenia Dharma Insani, dll).

Selain di Indonesia, Kalbe Farma memiliki 10 cabang di luar negeri yaitu negara-negara ASEAN (Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar), Srilanka, Nigeria, dan Afrika Selatan.

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *