Pil KB Andalan

By | Mei 4, 2021 | Farmasi-id.com > Health > Pil KB Andalan

ANDALAN
Ethinylestradiol dan Levonorgestrel

pil kb andalan

Kandungan dan Komposisi Pil KB Andalan

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Pil KB Andalan adalah:
Tiap blister, mengandung 28 tablet salut gula:
21 tablet aktif mengandung Ethinylestradiol 0,03 mg dan Levonorgestrel 0,15 mg.
7 tablet plasebo mengandung Sakarum laktis.

CARA KERJA OBAT
Kombinasi oral kontrasepsi ini bekerja dengan menekan gonadotropin. Walaupun cara kerja primernya  adalah menghambat ovulasi, membantu perubahan pada mukus serviks ( sehingga sperma sulit masuk pada uterus) dan pada endometrium ( yang mengurangi terjadinya implantasi).

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Pil KB Andalan

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Pil KB Andalan adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:


Sebagai kontrasepsi oral untuk mencegah kehamilan.

Interaksi Obat Pil KB Andalan

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Pil KB Andalan antara lain:

  • Efek kontrasepsi oral berkurang bila digunakan bersama-sama dengan antibiotik seperti : Rifampisin, ampulisilin, tetrasiklin, atau obat-obat lain seperti barbiturat, fenilbutazon atau fenitoin sodium
  • Kontrasepsi oral pada penyakit diabetik dapat mengurangi toleransi glukosa dan meningkatkan kebutuhan akan insulin atau obat-obat antidiabetik lainnya

Kontraindikasi Pil KB Andalan

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Pil KB Andalan dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

  • Penderita yang  mempunyai riwayat atau mengalami gangguan trombophlebitis atau tromboembolik
  • Penyakit arteri serebrovaskular atau koroner
  • Dicurigai atau menderita kanker payudar4
  • Kanker endometrium atau diduga neoplasia estrogen-dependent
  • Pendarahan abnormal genital yang belum diketahui penyebabnya
  • Penyakit kuning selama kehamilan atau karena  penggunaan obat kontrasepsi sebelumnya
  • Penyakit hati yang parah atau kanker hati
  • Diketahui atau dicurigai adanya kehamilan
  • Hipersensitif terhadap komponen obat ini

Peringatan Penggunaan Pil KB Andalan

  • Bila metode kontrasepsi oral ini digunakan untuk pertama kalinya, harus memakai tambahan cara pencegahan kehamilan tanpa hormon ( kecuali pantang berkala dan pengukuran suhu badan ) selama 14 hari pertama
  • Sebelum memakai obat ini konsultasikan dulu dengan dokter
  • Bila terjadi tanda-tanda proses tromboembolik, pengobatan harus segera dihentikan
  • Merokok dapat meningkatkan penyakit kardiovaskular, resiko ini meningkat dengan bertambahnya usia dan perokok berat. Wanita yang berumur lebih dari 35 tahun diharuskan berhenti merokok bila menggunakan kontrasepsi oral
  • Penggunaan kontrasepsi oral dapat meningkatkan resiko yang serius yaitu infark miokardia, tromboembolism, penyakit serebrovaskular, stroke, hepatic neoplasia, kanker payudar4, endometrium, ovarium dan kanker serviks, penyakit gallbladder ( penyakit kelenjar gondok) dan hipertensi, walaupun resiko serius morbidity atau mortality sangat kecil pada wanita sehat. Resiko morbidity atau mortality meningkat secara bermakna dengan adanya faktor resiko seperti hipertensi, hiperlipidemia, obesitas dan diabetes
  • Pasien perlu diberitahu bahwa obat ini tidak dapat melindungi dari infeksi HIV (AIDS)
  • Perlu dilakukan pemeriksaan terhadap tekanan darah , payudar4, abdomen dan pelviks, termasuk cervical cytology dan test-test laboratorium secara periodik
  • Wanita yang sedang diobati hiperlipidemia harus dimonitor karena progestogen dapat meningkatkan LDL level
  • Pengobatan harus dihentikan bila timbul penyakit kuning
  • Kontrasepsi oral dapat menimbulkan retensi cairan
  • Hati-hati bila digunakan pada wanita yang mempunyai riwayat depresi dan hentikan pengobatan bila timbul depresi serius
  • Pemakaian kontrasepsi oral dapat mempengaruhi hasil test laboratorium tertentu
  • Jangan digunakan pada wanita menyusui, karena obat ini diekskresikan melalui ASI
  • Hentikan penggunaan kontrasepsi oral bila terjadi penglihatan kabur/hilang
  • Hentikan penggunaan obat kontrasepsi ini bila terjadi keadaan depresi serius
  • Hati-hati pemberian pada penggunaan yang mempunyai riwayat depresi

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Pil KB Andalan Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan , yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Pil KB Andalan?

Jika Anda lupa menggunakan Pil KB Andalan, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Pil KB Andalan Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Pil KB Andalan?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Pil KB Andalan yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Efek Samping Pil KB Andalan

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Pil KB Andalan yang mungkin terjadi adalah:


Efek Samping yang serius yaitu thrombophlebitis, arterial thromboembolism, emboli pulmoner, infark miokardium, perdarahan serebral, thrombosis serebral, hipertensi, penyakit gallbladder, penyakit hati yang parah, atau tumor hati yang ganas.
Efek Samping lain yang dapat terjadi : trombosis mesentrik, trombosis renital, mual, muntah, kejang perut, breakthrough bleeding, spotting, perubahan haid, amenorhea, terjadi perubahan pada payudar4, penyakit kuning kolestatik, migrain, ruam, depresi mental, kandidiasis vagin4.
Efek Samping yang pernah dilaporkan , kongenital anomalies, sindrom premenstrual, katarak, neuritis optik, perubahan nafsu makan, sakit kepala, gugup, pusing, hirsutisin, rambut rontok, eritema multiformis, eritema nodosum, erupsi hemoragik, vaginitis, porphyria, gangguan fungsi ginjal, jerawat, perubahan libido, kolitis, serebral vaskular, lupus-like syndrome, Budd-Chiari syndrome, Cystitis-like syndrome.

Overdosis :
Dapat menimbulkan mual, dan “ perdarahan putus obat”.

Dosis DAN CARA PEMAKAIAN
Permulaan pemakaian : tunggu sampai periode haid berikutnya. Mulailah minum pada pagi hari pertama siklus haid ( hari pertama perdarahan) dari bagian Blister berwarna kuning ( tablet plasebo) sesuai dengan hari  dimulainya haid. Tekanlah tablet sampai keluar melalui lapisan aluminium dan telan dengan sedikit air. Lanjutkan minum tablet tiap hari mengikuti tanda panah sampai semua tablet   dalam Blister habis. Hendaklah tablet diminum pada waktu yang sama setiap hari.

  • Hentikan penggunaan obat  dan segera memeriksakan ke dokter bila merasakan sakit terus menerus pada kaki dan dada, kesukaran bernafas, sakit kepala, muntah-muntah, kesukaran melihat/ berbicara. Perasaan lumpuh atau lemah pada lengan atau kaki, murung, cepat tersinggung, muntah darah atau gejala-gejala lain yang tidak biasa
  • Minum tablet tidak teratur, muntah atau gangguan pencernaan disertai diare,gangguan metabolisme individual yang sangat jarang atau penggunaan obat-obat tertentu secara bersamaan  untuk jangka waktu  yang panjang dapat mempengaruhi efek kontrasepsinya ( gejala pertama yang mungkin terjadi perdarahan antar haid). Bila anda sedang menggunakan kontrasepsi hormonal lainnya atau anda ingin minum ANDALAN segera setelah persalinan atau abortus, anda harus terlebih dahulu menghubungi dokter anda. Bila anda sedang menyusui , dianjurkan untuk konsultasi dengan dokter dahulu sebelum memutuskan minum ANDALAN
  • Bila terjadi perdarahan antar haid : bila terjadi perdarahan diluar kebiasaan dalam masa 3 minggu dimana anda sedang minum tablet diluar bagian blister berwarna kuning, maka minum tablet tidak boleh dihentikan. Perdarahan ringan biasanya akan berhenti dengan sendirinya. Namun demikian  bila perdarahannya  banyak mirip perdarahan haid, maka anda harus menghubungi dokter
  • Bila lupa minum tablet pada waktu yang biasanya anda harus minum tablet yang terlupa itu, paling lambat dalam waktu 12 jam. Bila lebih dari 12 jam dari waktu yang biasa anda belum juga minum  tablet , perlindungan dari kehamilan pada siklus tersebut mungkin berkurang. Dalam hal ini anda harus melanjutkan minum tablet berikutnya pada waktu yang biasa dan membuang saja tablet yang terlupa tersebut. Pada waktu yang bersamaan, tambahan cara pencegahan kehamilan bukan hormon yang lain (kecuali pantang berkala dan pengukuran suhu badan) harus dilakukan sampai terjadi perdarahan. Tablet yang terlupa sama sekali tidak boleh diminum. Biasanya perdarahan akan terjadi sewaktu anda minum tablet dari bagian berwarna kuning. Bila haid tidak kunjung datang, anda harus menghubungi dokter anda terlebih dahulu sebelum minum tablet ini
  • Setelah berhenti minum tablet ANDALAN organ-organ reproduksi biasanya akan segera bekerja penuh kembali sehingga kemampuan untuk hamil pulih kembali. Siklus haid yang pertama mungkin akan lebih panjang daripada biasanya. Bila siklus haid normal tidak terjadi setelah 2 atau 3 bulan pertama, anda harus menghubungi dokter

Izin, Kemasan & Sediaan Pil KB Andalan


Dus @ 2 Blister @ 28 tablet salut gula.
No.Reg. : DKL 0707917716A1
Simpan pada suhu kamar (25º-30ºC).

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Diproduksi oleh:
HARSEN
Jakarta – Indonesia

Dipasarkan oleh :
DKT Indonesia
Jakarta – Indonesia

Terima kasih telah membaca artikel tentang Pil KB Andalan di blog INFORMASI OBAT-OBATAN jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :



Suka artikel ini? Bagikan :

Powered by Farmasi-id.com

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Category: Health Produsen, komposisi, dan klasifikasi Pil KB Andalan: