Pico

By | Agustus 12, 2020 | Farmasi-id.com > Perawatan Luka > Pico

Komposisi:
Perawatan Luka Tekanan Negatif.

Bentuk Sediaan:
Satu kit berisi 1 pompa, 2 dressing, 2 baterai AA, dan lembaran fiksasi.

Farmakologi:
Pompa PICO menghasilkan perawatan luka tekanan negatif / Negative Pressure Wound Therapy (NPWT) sebesar 80 mmHg di permukaan luka. Eksudat dikendalikan oleh dressing melalui kombinasi absorpsi dan evaporasi dari kelembaban melalui film luar.

Indikasi:
Sebagai dressing antimikroba. PICO diindikasikan untuk pasien-pasien yang mendapat manfaat dari alat hisap (NPWT) karena dapat merangsang penyembuhan luka melalui pembuangan eksudat ringan hingga sedang dan bahan infeksius. Contoh kondisi luka yang sesuai termasuk: Luka kronik, akut, traumatik, subakut dan luka dehisens, luka bakar partial-thickness, ulkus (misalnya diabetik atau dekubitus), flap dan graft, luka insisi bedah tertutup.

Dosis:
Dressing selama 3 – 4 hari dan pompa digunakan selama 7 hari.

Kontra Indikasi:
Penggunaan PICO dikontraindikasikan pada kondisi: Pasien dengan keganasan di dasar luka atau tepi luka (kecuali pada perawatan paliatif untuk memperbaiki kualitas hidup), osteomyelitis, fistula non-enterik dan belum tereksplorasi, jaringan nekrotik dengan eskar, pajanan arteri, vena, saraf atau organ, situs anastomosis, aspirasi jalan napas darurat, drainase pleural, mediastinal atau chest tube, suction bedah.

Efek Samping:
Hati-hati pada pasien yang berisiko tinggi mengalami komplikasi pendarahan.

Peringatan dan Perhatian:
1.PICO belum pernah diteliti pada pasien anak. Ukuran pasien dan berat badan pasien sebaiknya dipertimbangkan jika memberikan perawatan ini.
2.Jika mandi, pompa PICO sebaiknya dilepaskan dari dressing. Pastikan ujung selang yang menempel padadressing menghadap ke bawah sehingga air tidak masuk ke dalam selang.

Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apakah Aman Menggunakan Pico Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Pico, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Pico?

Jika Anda lupa menggunakan Pico, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Pico Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini

Bagaimana Cara Penyimpanan Pico?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Pico yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.
PT Kalbe Farma merupakan suatu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Perusahaan ini didirikan pada 10 September 1966 oleh Khouw Lip Tjoen,Khouw Lip Hiang, Khouw Lip Swan, Boenjamin Setiawan, Maria Karmila, F. Bing Aryanto. Produk dari perusahaan ini sangat banyak mencakup produk obat resep, obat bebas, minuman energi, susu, suplemen, minuman kesehatan, distribusi produk dan pengemasan, dan sebagainya.

Diperkirakan nilai kapitalisasi pasar perusahaan ini mencapai Rp 15 triliun. Perusahaan ini memiliki grup perusahaan (kalbe Group) yang bergerak dalam berbagai bidang divisi usaha diantara seperti divisi obat resep (PT Kalbe Farma, PT Hexpharm Jaya Laboratories, PT Dankos Farma, dll), divisi consumer health (PT Bintang Toedjoe, PT Saka farma Lab, PT Hale International, dll), divisi nutrisi (PT Sanghiang Perkasa, PT Kalbe Morinaga Indonesia, dll), divisi distribusi dan kemasan (PT Enseval Putra Megatrading, PT Enseval Medika Prima, PT Milenia Dharma Insani, dll).

Selain di Indonesia, Kalbe Farma memiliki 10 cabang di luar negeri yaitu negara-negara ASEAN (Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar), Srilanka, Nigeria, dan Afrika Selatan.
Cara Mengutip Untuk Daftar Pustaka
Jika Anda ingin mengutip tulisan ini pada daftar pustaka, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan berbagai format berikut ini:

Format APA (American Psychological Association)

Farmasi-id.com. (2020, 12 Agustus). Pico. Diakses pada 26 November 2020, dari https://www.farmasi-id.com/pico/


Format MLA (Modern Language Association)

"Pico". Farmasi-id.com. 12 Agustus 2020. 26 November 2020. https://www.farmasi-id.com/pico/


Format MHRA (Modern Humanities Research Association)

Farmasi-id.com, "Pico", 12 Agustus 2020, <https://www.farmasi-id.com/pico/> [Diakses pada 26 November 2020]


Bagikan ke Rekan Anda
Berikan Ulasan Produk Ini

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *