Petrazole

PETRAZOLE®
Anti Jamur Oral

DESKRIPSI
Petrazole® adalah anti jamur sintetik berspektrum luas.
Petrazole®  merupakan sediaan kapsul berwarna biru laut dan biru muda, mengandung 100 mg Itraconazole yang berbentuk pellet untuk pemakaian oral.

Bagaimana Farmakologi Petrazole?


Itraconazole merupakan turunan triazole yang aktif terhadap infeksi yang disebabkan oleh dermatofita (Trichophyton spp., Microsporum spp., Epidermophyton f1occosum), ragi (candida spp., Pityrosporum spp.). Aspergillus spp., serta ragi dan jamur lainnya.
Hasil studi in vitro menunjukkan bahwa efek anti jamur dari Itraconazole didapat dari pengaruhnya terhadap sintesa ergosterol yang merupakan komponen membran sel fungi yang sangat penting.

Petrazole Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Petrazole?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Petrazole adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:


Vulvovagin4l candidosis, pityriasis versicolor, dermatophytosis, oral candidosis dan fungal keratitis.

Apa Saja Kontraindikasi Petrazole?

Kontraindikasi merupakan suatu petunjuk mengenai kondisi-kondisi dimana penggunaan obat tersebut tidak tepat atau tidak dikehendaki dan kemungkinan berpotensi membahayakan jika diberikan. Pemberian Petrazole dikontraindikasikan pada kondisi-kondisi berikut ini:

  • Itraconazole tidak boleh diberikan pada wanita hamil. Pemberian itraconazole pada wanita usia subur harus disertai dengan pencegah kehamilan, dimana penggunaan pencegah kehamilan tersebut harus diteruskan sampai satu siklus haid setelah pengobatan dihentikan
  • Itraconazole tidak boleh diberikan pada penderita yang hipersensitif terhadap obat ini


Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Petrazole Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Petrazole, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Petrazole?

Jika Anda lupa menggunakan Petrazole, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Petrazole Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Petrazole?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Petrazole yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Apa Efek Samping Petrazole?

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Petrazole yang mungkin terjadi adalah:


Jarang terjadi efek samping pada penggunaan itraconazole (7,1 %). Efek Samping yang banyak dilaporkan adalah mual (1,3 %), sakit perut (1 ,2 %), sakit kepala (1 %) dan dyspepsia (0,7 %).

Apa saja Peringatan dan Perhatian Penggunaan Petrazole?

  • Itraconazole terutama dimetabolisme di dalam hati. Meskipun pada penelitian tidak ditemukan adanya hubungan dengan gangguan fungsi hati, itraconazole tidak dianjurkan untuk diberikan pada penderita dengan riwayat penyakit hati atau penderita dengan riwayat hepatotoksisitas akibat pemberian obat lain
  • Wanita menyusui dianjurkan untuk tidak menyusui selama pengobatan dengan itraconazole
  • Karena penggunaannya pada anak-anak belum dipelajari secara teliti, sebaiknya itraconazole tidak digunakan pada anak-anak
  • Dosis untuk penderita dengan gangguan fungsi ginjal perlu disesuaikan, karena bioavalabilitasnya yang lebih rendah

Apa Saja Interaksi Obat Petrazole?

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Petrazole antara lain:

  • Karena pemberiannya bersama rifampisin dapat mengurangi kadar itraconazole dalam darah, sebaiknya itraconazole tidak diberikan bersama dengan rifampisin
  • Secara in vitro tidak ditemukan adanya interaksi antara itraconazole dengan imipramin, propanolol, diazepam, simetidine, indometasin, tolbutamid, sulfametazin dan warfarin
  • Penggunaannya bersama dengan antasida, absorben atau antagonis histamine H2, dapat menurunkan absorpsinya

Overdosis
Belum ada data yang tersedia. Bila terjadi overdosis, anjurkan untuk dilakukan kuras lambung.

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai Petrazole?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Petrazole:


Skema terapi adalah sebagai berikut:

  • Vulvovagin4l candidosis : 2 kapsul pagi dan malam hari selama 1 hari, atau 2 kapsul satu kali sehari selama 3 hari
  • Pityriasis versicolor : 2 kapsul satu kali sehari selama 7 hari
  • Tinea corporis, tinea cruris, tinea pedis, tinea manus 1 kapsul satu kali sehari selama 15 hari. Pada keadaan dengan keratinisasi yang hebat seperti pada plantar tinea pedis dan tinea manus dibutuhkan 1 kapsul  sehari selama 30 hari
  • Oral candidosis : 1 kapsul satu kali sehari selama 15 hari
  • Fungal keratitis : 2 kapsul satu kali sehari selama 21 hari

Eliminasi itraconazole pada jaringan kulit lebih lambat daripada dalam plasma. Efek klinis maupun mikologis yang optimal terkapsulai setelah 2 – 4 minggu pengobatan dihentikan.
Untuk mendapatkan absorpsi yang maksimal, hendaknya itraconazole diberikan segera setelah makan.
Belum diketahui pengaruh dan efek sampingnya pada pemakaian lebih dari 1 bulan, oleh karena itu itraconazole tidak dianjurkan untuk digunakan lebih dari 1 bulan.

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Petrazole?


Dus @ berisi 3 strip@4 kapsul

Berapa Nomor Izin BPOM Petrazole?

Setiap produk obat, suplemen, makanan, dan minuman yang beredar di Indonesia harus mendapatkan izin edar dari BPOM (Badan Pengawas Obat dan Makanan) yaitu suatu Badan Negara yang memiliki fungsi melakukan pemeriksaan terhadap sarana dan prasarana produksi, melakukan pengambilan contoh produk, melakukan pengujian produk, dan memberikan sertifikasi terhadap produk. BPOM juga melakukan pengawasan terhadap produk sebelum dan selama beredar, serta memberikan sanksi administratif seperti dilarang untuk diedarkan, ditarik dari peredaran, dicabut izin edar, disita untuk dimusnahkan, bagi pihak yang melakukan pelanggaran. Berikut adalah izin edar dari BPOM yang dikeluarkan untuk produk Petrazole:


No. Reg DKL9321615101A1

Simpan pada suhu kamar (25-30)°C dan terlindung dari cahaya.

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Apa Nama Perusahaan Produsen Petrazole?

Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk Petrazole:


PHAROS
Jakarta – lndonesia

Pharos merupakan suatu perusahaan farmasi besar di Indonesia yang didirikan pada 30 September 1971 oleh Drs. Eddie Lembong Apt. Nama Pharos sendiri diambil dari nama suatu mercusuar di Alexandria, Mesir. Perusahaan ini bergerak di banyak lini usaha sehingga membentuk sekira 17 perusahaan yang masing-masing perusahaan berfokus pada lini usahanya masing-masing. Semua perusahaan itu bergabung dalam suatu group usaha bernama Pharos Group. Beberapa perusahaan itu seperti Faratu Medika Laboratories (industri kosmetik), Century Franchisindo Utama (franchise apotek Century), Nutrindo Jaya Abadi (marketing produk farmasi), dan lain-lain.

Pharos memiliki banyak produk terkenal dan jangkauan pemasarannya telah meluas hingga ke negara-negara Asia Tenggara seperti Kamboja, Vietnam, Malaysia, Filipina, bahkan fasilitas produknya selain di Indonesia juga telah ada di Singapura dan Vietnam. Perusahaan ini telah mengantongi sertifikat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) dan juga sertifikat ISO 9001/2000.