Ossotin

By | Oktober 6, 2020 | Farmasi-id.com > Sistem Muskuloskeletal > Obat Lain yang Bekerja pada Sistem Muskuloskeletal > Ossotin

cellspacing=”1″ >

Ossotin®.: Zat Aktif :.Tiap kapsul mengandung: Glucosamine HCl 250 mg, Chondroitin sulfat 200 mg, Vitamin C 25 mg, Magnesium 5.0 mg, Zinc 2.5 mg dan Mangan 0.25 mg
.: Kemasan & No Reg :.OSSOTIN® kapsul (1 box berisi 6 strip @ 10 kapsul ), No. Reg : POM SD.061329791..: Farmakologi :.”Tulang rawan sendi” adalah suatu jaringan lunak yang melapisi ujung tulang suatu persendian. Dengan demikian jaringan ini bersifat sebagai bantalan yang menerima atau meredam beban benturan yang terjadi selama gerakan normal sendi, menerima benturan maupun beban berat. Benturan itu kemudian diteruskan ke tulang yang berada di bawah rawan sendi.”Tulang rawan” sendi dibentuk oleh sel rawan sendi (kondrosit) dan matriks (proteoglikan dan kolagen).
Proteoglikan dihasilkan dari glikosaminoglikan (terdiri atas keratin sulfat dan chondroitin sulfat), yang pembentukannya membutuhkan glucosamine. Kekurangan kebutuhan glucosamine dapat disuplai dari luar tubuh.
Suplemen glucosamine dan chondroitin efektif untuk merangsang pembentukan dan pemulihan tulang rawan yang dapat membantu menghilangkan nyeri pada peradangan sendi (arthritis) bila dikonsumsi setiap hari secara teratur. Glucosamine diserap melalui saluran cerna dan dikeluarkan melalui urin, feses, dan paru. Chondroitin juga diserap melalui saluran cerna.

Kegunaan bahan lain dalam OSSOTIN® :

Vitamin C merupakan salah satu vitamin yang larut dalam air, yang peranannya adalah membentuk struktur kolagen tulang rawan. Magnesium diperlukan dalam proses-proses biologik yang membutuhkan adenosin trifosfat (ATP), seperti pembentukan tulang, dan kontraksi serta relaksasi otot.

Mangan merupakan kofaktor enzim antioksidan seperti enzim superoksida dismutase. Defisiensi enzim ini, salah satunya dapat menyebabkan gangguan keseimbangan massa otot yang berhubungan dengan usia.

Zinc merupakan kofaktor beberapa enzim seperti karboksipeptidase yang diperlukan dalam berbagai proses biologik, termasuk juga proses biologik pada tulang rawan.

Pemberian OSSOTIN® yang mengandung glucosamine HCl, chondroitin sulfat, vitamin C, Mg, Mn, dan Zn diharapkan dapat meningkatkan pembentukan substansi dalam tulang rawan yang hilang karena perubahan biokimia akibat kerusakan sendi.

 

.: Kegunaan :.Memelihara kesehatan persendian..: Dosis :.3 x sehari, 1-2 kapsul ..: Efek Samping :.Sangat jarang, tetapi pada beberapa orang menyebabkan gangguan saluran cerna ringan..: Peringatan dan Perhatian :.
  • Sebaiknya dilakukan pemeriksaan kadar gula darah secara rutin pada penderita diabetes yang menggunakan OSSOTIN® dikarenakan glucosamine dapat meningkatkan resistensi insulin
  • Sebaiknya menggunakan sediaan ini dengan hati-hati pada penderita yang alergi terhadap makanan laut
  • Wanita hamil dan menyusui tidak dianjurkan mengkonsumsi OSSOTIN®
.: Lain-lain :.

Cara Penyimpanan Ossotin

:

Simpan dalam wadah tertutup rapat, terlindung dari cahaya pada suhu 15-30°C.

Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apakah Aman Menggunakan Ossotin Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Ossotin, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Ossotin?

Jika Anda lupa menggunakan Ossotin, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Ossotin Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini

Bagaimana Cara Penyimpanan Ossotin?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Ossotin yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.
PT Hexpharm Jaya Laboratories atau dikenal juga dengan sebutan HJ adalah perusahaan farmasi yang berdiri pada 1971. Pada November 1993 perusahaan ini diakuisisi oleh PT Dankos Laboratories Tbk sekaligus masuk dalam perusahaan Kalbe Group. Pada 2006, PT Dankos Laboratories Tbk bergabung dengan PT Kalbe Farma Tbk, sehingga otomatis membuat PT Hexpharm Jaya Laboratories menjadi anak perusahaan PT Kalbe Farma Tbk.

PT Hexpharm Jaya Laboratories telah lama dikenal sebagai perusahaan produsen obat-obatan farmasi baik generik maupun branded yang berkualitas dan telah mendapatkan sertifikat pengakuan berupa CPOB, ISO 9001, ISO 14001, dan OHSAS 18001. Produk yang dihasilkan seperti obat alergi dan sistem imun, endokrin dan sistem metabolik, sistem gastrointestinal dan hepatobilier, obat sistem muskuloskeletal, antibiotik, obat dermatologi, dan sebagainya. Produk branded yang diproduksi perusahaan ini antara lain Girabloc, Alodan, Diabit, Cetrin, Hexalgin, Elanos, dan sebagainya. Kegiatan produksi produk farmasi dilakukan di pabriknya yang ada di Cikarang. Produk PT Hexpharm Jaya Laboratories didistribusikan oleh PT Enseval Putra Megatrading dan PT Tri sapta Jaya. PT Hexpharm Jaya Laboratories memiliki kantor pusat di KEM Tower Lt. 12, kemayoran, Jakarta Pusat.
Cara Mengutip Untuk Daftar Pustaka
Jika Anda ingin mengutip tulisan ini pada daftar pustaka, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan berbagai format berikut ini:

Format APA (American Psychological Association)

Farmasi-id.com. (2020, 6 Oktober). Ossotin. Diakses pada 26 Oktober 2020, dari https://www.farmasi-id.com/ossotin/


Format MLA (Modern Language Association)

"Ossotin". Farmasi-id.com. 6 Oktober 2020. 26 Oktober 2020. https://www.farmasi-id.com/ossotin/


Format MHRA (Modern Humanities Research Association)

Farmasi-id.com, "Ossotin", 6 Oktober 2020, <https://www.farmasi-id.com/ossotin/> [Diakses pada 26 Oktober 2020]


Bagikan ke Rekan Anda
Berikan Ulasan Produk Ini

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *