Olopatadine

Apa Kandungan dan Komposisi Olopatadine?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Olopatadine adalah:

Olopatadine

Deskripsi

Olopatadine merupakan antihistamine yang digunakan untuk meredakan gejala alergi rhinitis (demam hay) musiman seperti bersin, gatal-gatal, hidung dan mata berair. Cara kerjanya adalah dengan mencegah pelepasan histamine (senyawa kimia yang ada di dalam sel-sel tertentu dan menyebabkan berbagai gejala alergi) di dalam tubuh.

Obat berbentuk semprotan hidung ini hanya dapat diperoleh dengan resep dokter.

Olopatadine Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Olopatadine?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Olopatadine adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

  • Meredakan gejala alergi rhinitis (demam hay) musiman seperti bersin, gatal-gatal, hidung mampulet atau berair dan mata berair
  • Menghambat munculnya efek histamine sehingga gejala alerginya takkan muncul

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai Olopatadine?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Olopatadine:

  • Dewasa, remaja dan anak usia 12 tahun ke atas: 2 semprotan di setiap lubang hidung, dua kali dalam sehari
  • Anak berusia 6-11 tahun: 1 semprotan di setiap lubang hidung, dua kali dalam sehari