NASONEX

FARMASI-ID.COM > Sistem Pernapasan > Dekongestan Nasal & Preparat Nasal Lain > NASONEX

ProdusenMerck Sharp Dohme
KomposisiMometasone furoate.
IndikasiTerapi rinitis tahunan atau musiman, terutama alergi persisten derajat sedang s/d berat pada dws, remaja, & anak usia 2-11 tahun. Terapi polip hidung pada pasien dws (≥18 thn). Terapi gejala-gejala yang berhubungan dengan rinosinusitis akut tak terkomplikasi ringan s/d sedang pada dws & anak ≥12 tahun tanpa adanya tanda atau gejala infeksi bakteri.
DosisAlergi musiman atau tahunan Dws & anak ≥12 thn 2 semprotan (50 mcg/semprot) pada tiap lubang hidung 1 x/hari. Dosis total: 200 mcg. Anak 2-11 thn 1 semprotan (50 mcg/semprot) pada tiap lubangt hidung 1 x/hari. Dosis total: 100 mcg. Poliposis nasal Dws & remaja ≥18 thn 2 semprotan (50 mcg/semprot) pada tiap lubang hidung 2 x/hari. Dosis harian total: 400 mcg. Rinosinusitis akut tak terkomplikasi ringan s/d sedang 2 semprotan (50 mcg/semprot) pada tiap lubang hidung 2 x/hari. Dosis harian total: 400 mcg.
Kontra IndikasiInfeksi lokal pada mukosa hidung yang tidak diobati, pasien yang baru saja mengalami op hidung atau trauma tidak boleh menggunakan kortikosteroid nasal hingga luka sembuh.
PerhatianTBC aktif, infeksi jamur, bakteri & virus sistemik yang tidak diobati atau herpes simpleks okular. Pasien dengan sistem imun yang tertekan. Hamil, laktasi, atau wanita usia subur.
Efek SampingPerdarahan atau bercak darah pada hidung, faringitis, hidung terasa terbakar atau iritasi.
Kategori Keamanan Kehamilan C: Studi pada binatang percobaan telah memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embroisidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita, atau studi pada wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya boleh diberikan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.
SediaanKemasan/Harga
Nasonex nasal spray 50 mcg/dose
60 metered dose x 1’s (Rp144,490/kontainer)
140 metered dose x 1’s (Rp211,550/kontainer)