Nichogencin

By | Agustus 2, 2022 |

NICHOGENCIN ® Krim mengandung Gentamicin, yaitu : antibiotik yang memiliki spektrum luas dan sangat efektif untuk mengobati infeksi kulit primer dan sekunder yang disebabkan oleh bakteri.
Gentamicin merupakan antibiotik dengan kerja bakterisid yang aktif melawan bakteri patogen gram positif dan gram negatif, termasuk Escherichia coli, Klebsiella, Proteus, Pseudomonas aeruginosa, dan juga Staphylococcus aureus yang sudah resisten terhadap antibiotik lain.
Gentamicin sering kali dipergunakan juga untuk bakteri yang resisten terhadap Streptomycin atau Kanamycin.
Penelitian memperlihatkan bahwa NICHOGENCIN® Krim dapat ditoleransi dengan baik oleh kulit hewan dan manusia.
Derajat aktivitas antibiotik yang unik ditunjang dengan keamanannya membuat NICHOGENCIN® Krim sangat ideal digunakan untuk infeksi kulit yang disebabkan oleh bakteri.

Apa Kandungan dan Komposisi Nichogencin?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Nichogencin adalah:
Tiap gram mengandung :
Gentamicin Sulfate yang setara dengan Gentamicin 0,1 % b/b (1.000 unit per g).
Cara Kerja :
Mirip dengan antibiotik aminoglikosida lain, Gentamicin bekerja langsung pada ribosom, dengan cara menghambat biosintesis protein dan menurunkan ketepatan translasi kode genetik.
Sekilas Tentang Gentamicin Pada Nichogencin
Gentamicin (gentamisin) adalah antibiotik aminoglikosida, yang digunakan mengobati berbagai jenis infeksi bakteri, terutama infeksi Gram-negatif. Namun, gentamisin tidak digunakan untuk infeksi Neisseria gonorrhoeae, Neisseria meningitidis atau Legionella pneumophila.

Gentamicin disintesis oleh Micromonospora, genus bakteri Gram positif yang banyak terdapat di lingkungan (air dan tanah). Gentamisin adalah antibiotik bakterisida yang bekerja dengan mengikat subunit 30S dari ribosom bakteri, mengganggu sintesis protein.

Seperti semua aminoglikosida, ketika gentamisin diberikan secara oral, gentamisin tidak aktif secara sistemik. Ini karena tidak diserap sampai batas tertentu dari usus kecil. Tampaknya benar-benar dihilangkan tidak berubah dalam urin. Urine harus dikumpulkan selama berhari-hari untuk memulihkan semua dosis yang diberikan karena obat terikat kuat pada jaringan tertentu. Ini diberikan secara intravena, intramuskular atau topikal untuk mengobati infeksi. E. coli telah menunjukkan beberapa resistensi terhadap gentamisin, meskipun Gram-negatif.

Gentamisin adalah salah satu dari sedikit antibiotik tahan panas yang tetap aktif bahkan setelah autoklaf, yang membuatnya sangat berguna dalam persiapan media pertumbuhan mikrobiologis tertentu.

Pengobatan infeksi bakteri yang rentan, biasanya organisme gram negatif termasuk Pseudomonas, Proteus, Serratia, DAN Staphylococcus Gram-positif.

Efek samping

Semua aminoglikosida beracun bagi sel-sel sensorik telinga, tetapi mereka sangat bervariasi dalam efek relatifnya terhadap pendengaran versus keseimbangan. Gentamisin adalah vestibulotoxin, dan biasanya dapat menyebabkan hilangnya keseimbangan permanen, yang disebabkan oleh kerusakan pada aparatus vestibular telinga bagian dalam jika dikonsumsi dalam dosis tinggi atau untuk jangka waktu yang lama.

Gentamisin kadang-kadang mengganggu atau bahkan merusak pendengaran. Dalam kebanyakan kasus, individu yang terkena telah menjalani pengobatan selama 2 minggu atau lebih. Sejumlah kecil individu yang terkena memiliki mutasi yang biasanya tidak berbahaya pada RNA mitokondria mereka, yang memungkinkan gentamisin mempengaruhi sel mereka. Sel-sel telinga sangat sensitif terhadap hal ini. Gentamisin kadang-kadang digunakan dengan sengaja untuk tujuan ini pada penyakit Ménière yang parah, untuk melumpuhkan aparatus vestibular.

Gentamisin juga bisa sangat nefrotoksik, terutama jika beberapa dosis terakumulasi selama pengobatan. Untuk alasan ini gentamisin biasanya diberikan berdasarkan berat badan. Berbagai formula ada untuk menghitung dosis gentamisin. Juga melalui dan puncak kadar serum gentamisin dipantau selama pengobatan, umumnya sebelum dan setelah dosis ketiga diinfuskan.

Gentamisin, seperti aminoglikosida lainnya, menyebabkan nefrotoksisitas dengan menghambat sintesis protein dalam sel ginjal. Mekanisme ini secara spesifik menyebabkan nekrosis sel-sel di tubulus proksimal, sehingga terjadi nekrosis tubular akut yang dapat menyebabkan gagal ginjal akut.

Produksi

Gentamisin diproduksi melalui prosedur fermentasi. Meioritas produksi gentamisin terjadi di China dan Korea Selatan, produsen Eropa terakhir adalah Lek, bagian dari grup Sandoz.

Nichogencin Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Nichogencin?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Nichogencin adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

-Infeksi kulit primer :
Impetigo contagiosa, ecthyma, varicose ulcer, decubitus ulcer, folliculitis furunculosis, sycosis barbae, pyoderma gangrenosum, dan luka bakar.
-Infeksi kulit sekunder :
Eczematoid dermatitis, pustular acne, pustular psoriasis, dermatitis seborrheic yang terinfeksi, dermatitis contact yang terinfeksi, excoriation yang terinfeksi, dan super infeksi yang disebabkan oleh bakteri.
Sekilas tentang kulit
Kulit merupakan organ terbesar tubuh yang memiliki luasnya sekitar 2 m2 dengan ketebalan rata-rata 1-2 mm. Kulit terdiri dari lapisan epidermis, dermis dan hipodermis atau subkutis.

Sebagai organ yang sangat penting bagi kelangsungan hidup, kulit memiliki fungsi menutupi dan melindungi organ-organ dibawahnya, mencegah infeksi, mengatur suhu tubuh, mengekskresi zat buangan, mensintesis vitamin D, dan menjadi sensor peraba.

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai Nichogencin?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Nichogencin:

:
NICHOGENCIN® Krim diindikasikan hanya untuk penggunaan pada kulit, dioleskan 3-4 kali sehari pada kulit yang terinfeksi.
Untuk infeksi impetigo contagiosa, lapisan kulit yang kering sebaiknya dibersihkan terlebih dahulu untuk mengoptimalkan pengobatan dengan Gentamicin.
Kontraindikasi :
Tidak ada kontra indikasi yang spesifik, kecuali bagi yang sensitif terhadap Gentamicin.
Peringatan dan Perhatian :
-Penggunaan jangka panjang dapat mengakibatkan super infeksi akibat organisme yang resisten terhadap Gentamicin. Jika hal ini terjadi, hentikan pengobatan dan lakukan terapi yang sesuai.
-Gunakan obat ini seperlunya untuk menghindari terjadinya resistensi.
-Penggunaan yang tidak teratur dapat menyebabkan pertumbuhan organisme yang tidak rentan seperti jamur. Jika hal ini terjadi, hentikan pengobatan dan lakukan terapi yang sesuai.
-Gentamicin tidak aktif melawan virus dan jamur.
-Jika terjadi iritasi atau sensitization, hentikan pengobatan dan lakukan terapi yang sesuai.
-Gentamicin dapat diserap secara sistemik, sehingga penggunaan pada infeksi kulit yang luas harus dipertimbangkan karena dapat menyebabkan ototoksisitas, terutama pada penderita lanjut usia dan penderita dengan kegagalan ginjal.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Apakah Aman Menggunakan Nichogencin Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan , yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Nichogencin?

Jika Anda lupa menggunakan Nichogencin, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Nichogencin Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Bagaimana Cara Penyimpanan Nichogencin?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Nichogencin yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.


Apa Efek Samping Nichogencin?

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Efek samping Nichogencin yang mungkin terjadi adalah:

:
-Iritasi ringan (erythema dan pruritus).
-Peka terhadap cahaya.

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Nichogencin?

:
NICHOGENCIN® Krim 0,1 % dikemas dalam tube, berisi netto 15 g dan 5 g
No. Reg.  : DKL9717800829B1
HARUS DENGAN RESEP DOKTER
Simpan di bawah 25OC.
Jauhkan dari jangkauan anak-anak.
Diproduksi oleh :
PT Global Multi Pharmalab
Semarang, Indonesia
Untuk :
PT Nicholas Laboratories Indonesia
Jakarta, Indonesia

 

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.