Nature’s Plus Rx-Fiberific

Farmasi-id.com > Nutrisi > Suplemen Pencernaan > Nature’s Plus Rx-Fiberific

By | 27/02/2019

Kandungan dan Komposisi Nature’s Plus Rx-Fiberific

Setiap 4 kapsul mengandung:

  • Carbohydrate 2 g
  • Dietary fiber 2 g
  • Soluble fiber 1,5 g
  • Insoluble fiber 0,5 g
  • Psyllium seed husk (plantago ovata) 2000 mg
  • Actizyme proprietary enzyme blend 100 mg

Bahan lain:

Cellulose, Lactobacillus plantarum, Legumase (Saccharomyces cerevisiae dan Aspergillus enzyme complex)Cellulose 9trichoderma reesei, maltase, hemicellulose, amylase (from brown rice) fermentation), bromelain (from pineapple), papain (from papaya), ginger (zingiber officinale root, parsley (petroselinum crispum seed). Silica, mycrocrystaline cellulose, magnesium stearate, vegetable cellulose and purified water.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Membantu memelihara kesehatan pencernaan.

Kontra Indikasi

  • Penderita obstruksi usus besar (ileus).
  • Penyempitan saluran cerna.
  • Penderita diabetes dengan kadar gula yang tidak bisa diatasi dengan baik.

Peringatan dan Perhatian

  • Penggunaan harus disertai dnegan minum air putih minimal 8 gelas sehari dan diet rendah lemak.
  • Tidak boleh digunakan tanpa air.
  • Tidak boleh dimakan dalam bentuk serbuk.
  • Jangan digunakan bersama-sama dengan obat. Psyllium dapat digunakan 1-1½ jam setelah mengkonsumsi obat tersebut.
  • Pasien dengan gangguan ensim pankreas tidak dianjurkan menggunakan produk ini karena dapat menghambat kerja enzim lipase.

Interaksi

  • Absorbsi obat dihambat bila diberikan bersamaan dengan Psyllium.
  • Penting untuk dilakukan penyesuaian dosis insulin bagi penderita diabetes mellitus yang menggunakan Psyllium.

Petunjuk Penggunaan

1 kali sehari 4 kapsul.

Kemasan dan Sediaan

Botol plastik @ 120 kapsul

Izin BPOM

SI074326571

Harga

Rp 475.000/Botol plastik @ 120 kapsul

Produsen

Natural Organics Laboratories, Inc- USA

Pendaftar dan Importir

Radiant Sentral Nutrindo

Sekilas Tentang Purified Water (Air Purifikasi/Air Murni)

Purified water (air purifikasi atau air murni) adalah air yang telah melalui proses penyaringan atau diproses sedemikian rupa untuk menghilangkan berbagai jenis kotoran dan kontaminan lainnya. Biasanya air purifikasi ini diproduksi dari air tanah dan air ledeng. Beberapa kontaminan yang dihilangkan pada air purifikasi ini seperti bakteri, alga, jamur, parasit, logam (tembaga, timah), dan polutan lainnya.

Beberapa proses yang digunakan utuk menghasilkan air purifikasi ini seperti:



  1. Koagulasi dan flokulasi yaitu dengan memasukkan bahan kimia dengan muatan positif ke dalam air untuk kemudian terikat dengan partikel bermuatan negatif di dalam air sehingga polutan dapat terpisah dan tersaring.

  2. Sedimentasi, partikel yang ukurannya besar akan tersedimentasi dan mengendap di dasar air, terpisah dari air bersih.

  3. Filtrasi, air disaring menggunakan berbagai jenis bahan seperti pasir, arang, kerikil dan sebagainya untuk menghilangkan kontaminan seperti partikel debu, bahan kimia, virus dan bakteri.

  4. Disinfeksi, desinfektan seperti klorin ditambahkan ke dalam air untuk membunuh bakteri dan virus.


Cara pengolahan ini berbeda-beda tergantung pada kondisi alam, lingkungan, air, dan tujuan penggunaannya.

Berikut ini manfaat air purifikasi untuk tubuh:


  1. Mencerahkan kulit.

  2. Meningkatkan kesehatan rambut dan kulit kepala.

  3. Membantu menurunkan berat badan.

  4. Membantu memelihara kesehatan sendi dan otot.

  5. Memelihara kesehatan sistem pencernaan.

Sekilas Tentang Cellulose (Microcrystalline Cellulose)

Cellulose (microcrystalline cellulose) adalah suatu zat atau materi yang ditemukan pada kayu, kapas, rami, dll yang biasa digunakan untuk memberi kepadatan pada suatu tablet atau kapsul. Kapsul atau tablet yang keras tapi dapat larut dengan cepat, itulah fungsi cellulose, memberikan kepadatan sekaligus untuk mengatur seberapa cepat kadar kelarutan yang diinginkan. Cellulosa juga digunakan untuk pengisi kapsul atau tablet, terlebih jika dosis obat itu rendah dan juga untuk memperkeras kapsul dan tablet itu agar tidak mudah hancur/pecah.

Cellulose pertama kali ditemukan oleh ahli kimia berkebangsaan Perancis, Anselme Payen pada tahun 1838. Tahun 1992, Kobayashi dan Shoda berhasil membuat cellulosa artifisial tanpa menggunakan enzim yang berasal dari makhluk hidup apapun termasuk tumbuhan. Cellulosa ini termasuk dalam bahan tambahan yang aman untuk digunakan dalam produksi obat. Selain dalam industri farmasi, cellulose juga digunakan dalam produksi makanan dan kosmetik.

Sekilas Tentang Silica (Silicon Dioxide)

Silica (silicon dioxide) adalah satu dari beberapa mineral penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Silica bermanfaat sebagai mineral pembentuk tulang sekaligus melindungi komponen tulang. Silica dapat menambah kepadatan tulang dan mencegah penyakit degenerasi tulang serta kondisi seperti osteoporosis, osteopenia, kehilangan massa tulang akibat usia, dan sebagainya. Silica juga bermanfaat untuk mempercepat proses penyembuhan tulang retak, patah tulang, dislokasi sendi, dan cedera hamstring.

Silica juga dapat membuat kuku, gigi, kulit, dan rambut menjadi sehat. Silica dapat menguatkan kuku yang rapuh dan rambut yang mudah patah. Selain itu ia juga memiliki efek anti-aging atau anti penuaan sehingga mampu mencegah keriput dan kerutan pada kulit.

Sumber: sayuran hijau; bawang bombai, kentang rebus, dan biji-bijian.

Sekilas Tentang Magnesium Stearate

Magnesium stearate merupakan suatu zat tambahan yang biasanya ada pada produk-produk makanan, obat-obatan, produk suplemen, dan kosmetik. Secara kimia, magnesium stearate adalah garam magnesium dari stearic acid. Zat ini mencegah bahan-bahan dalam kapsul melekat dan menempel pada peralatan produksi kapsul obat dan biasanya kebutuhannya sangat kecil. Selain itu manfaat lainnya adalah kapsul yang dihasilkan akan lebih mudah untuk ditelan dan masuk ke dalam saluran pencernaan manusia karena sifatnya seperti pelumas.

Magnesium stearate juga membantu meningkatkan efek terapeutik dari bahan aktif obat untuk meningkatkan penyerapan dan kelarutan kapsul obat. Magnesium stearate ini aman untuk digunakan.

Sekilas Tentang Zingiber Officinale (Jahe)

Tumbuhan Jahe mempunyai bau aromatik, rasa pedas, hangat dan tidak beracun.Rimpang jahe mengandung minyak asiri. Minyak asiri tersebut terdiri atas n-nonylaldehide, d-camphene, d-β-phellandrene, methyl heptenone, cineol, d-borneol, geraniol, lonalool, acetates, caprylate, citral, chavicol, gengerol, shogaol, dan zingiberene. Selain itu, rimpang jahe juga mengandung resin tepung kanji dan serat.

Efek farmakologis jahe adalah menambah nafsu makan, memperkuat lambung, peluruh kentut, peluruh keringat, pelancar sirkulasi darah, penurun kolesterol, antimuntah, antiradang, antibatuk, dan memperbaiki pencernaan. Hal ini dimungkinkan karena terangsangnya selaput lendir perut besar dan usus oleh minyak yang dikeluarkan rimpang jahe.

Sekilas tentang pencernaan

Pencernaan merupakan proses di mana makanan dan cairan dipecah menjadi bagian-bagian yang lebih kecil sehingga tubuh dapat menggunakannya untuk membangun dan memelihara sel-sel. Pencernaan dimulai di mulut, tempat makanan dan cairan diambil, dan selesai di usus kecil.

Organ yang termasuk dalam sistem pencernaan terbagi menjadi dua kelompok:

Saluran pencernaan

Saluran pencernaan merupakan saluran yang kontinyu berupa tabung yang dikelilingi otot. Saluran pencernaan mencerna makanan, memecah nya menjadi bagian yang lebih kecil dan menyerap bagian tersebut menuju pembuluh darah. Organ-organ yang termasuk di dalam nya adalah : mulut, faring, esofagus, lambung, usus halus serta usus besar. Dari usus besar makanan akan dibuang keluar tubuh melalui anus.

Organ pencernaan tambahan (aksesoris)

Organ pencernaan tambahan ini berfungsi untuk membantu saluran pencernaan dalam melakukan kerjanya. Gigi dan lidah terdapat dalam rongga mulut, kantung empedu serta kelenjar pencernaan akan dihubungkan kepada saluran pencernaan melalui sebuah saluran. Kelenjar pencernaan tambahan akan memproduksi sekret yang berkontribusi dalam pemecahan bahan makanan. Gigi, lidah, kantung empedu, beberapa kelenjar pencernaan seperti kelenjar ludah, hati dan pankreas.
Sekilas tentang nutrisi pencernaan

Masalah pencernaan menjadi salah satu hal yang mengganggu. Masalah pencernaan biasanya dialami orang karena kurang tepat mengkonsumsi makanan tertentu. Untuk mengatasinya, berikut ada ada 8 makanan sehat yang dapat membantu sistem pencernaan Anda tetap baik, seperti disarankan ahli gizi Nmami Agarwal dan mehar Rajput yang dilansir Indian Express.

1. Jahe

Ramuan sehat ini bagus untuk pencernaan, mengurangi peradangan dan sakit maag. Jahe juga menenangkan jalur usus. Minumlah seteguk air jahe dengan beberapa tetes lemon setiap habis makan dan rasakan manfaat ramuan ajaibnya.

2. Biji adas

Fitonutrien dalam adas memiliki khasiat antioksidan dan secara efektif membantu mengurangi gas dan kembung. Mengunyah biji atau membuat teh menggunakan biji adas akan merangsang sekresi enzim pencernaan, yang selanjutnya mengurangi rasa panas, radang perut dan usus. Cobalah satu sendok biji adas setelah setiap kali makan.

3. Jinten

Bahan ini membantu dalam sekresi berbagai enzim pencernaan di pankreas yang membantu dalam pencernaan dan penyerapan nutrisi.

4. Probiotik

Konsumsi makanan ini untuk saluran pencernaan yang dan sistem kekebalan tubuh yang sehat. Probiotik juga dikenal sebagai bakteri yang ramah, sehat dan baik. Kita bisa mendapatkan dosis probiotik yang sehat dalam makanan seperti yogurt, kefir dan kombucha, yang memberikan banyak manfaat kesehatan termasuk memperkuat sistem kekebalan tubuh, mencegah infeksi saluran kencing, alergi dan dingin.

5. Yogurt

Meskipun kebanyakan produk susu sulit dicerna, namun yogurt bisa memiliki efek sebaliknya. Yogurt mengandung probiotik yang membantu meningkatkan jumlah bakteri baik di usus untuk kesehatan perut, membantu dalam pencernaan dan mengurangi rasa tidak enak badan yang membengkak.

6. Oat

Makanan ini adalah sumber penting dari serat larut dan tidak larut yang penting untuk kesehatan fungsi pencernaan.

7. Pepaya

Buah ini adalah salah satu buah yang populer untuk menyembuhkan sakit perut dan diare. Konsumsi pepaya memudahkan pencernaan dan membantu meredakan sembelit. Keajaiban terletak di enzim papain, enzim pencernaan alami yang memecah makanan yang mengiritasi perut dan chymopapain, membantu memecah protein dan menenangkan perut dengan menciptakan lingkungan asam yang sehat.

8. Pisang

Buah ini yang mudah dicerna ini juga memberi energi instan. Seperti pepaya, pisang juga mengandung pektin, yang membantu memulai gerakan usus secara alami.