Minyak Angin Cap Bunga Putih


Apa Kandungan dan Komposisi Minyak Angin Cap Bunga Putih?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Minyak Angin Cap Bunga Putih adalah:

  • Wintergreen Oil
  • Menthol Crystal
  • Eucalyptus oil
  • Camphor
  • Lavender Oil

Sekilas Tentang Camphor Pada Minyak Angin Cap Bunga Putih
Pada jaman dahulu camphor dibuat dengan mendistilasi kulit kayu dan pohon camphor. Saat ini, camphor diproduksi secara kimia dari minyak terpentin seperti yang digunakan dalam produk seperti Vicks VapoRub.

Camphor dapat digosokkan pada kulit (aplikasi topikal) atau dihirup. Camphor topikal digunakan untuk menghilangkan rasa sakit dan mengurangi rasa gatal, mengobati infeksi jamur pada kuku kaki, kutil, luka dingin, wasir, dan osteoartritis. Camphor topikal juga digunakan untuk meningkatkan aliran darah lokal dan sebagai "counterirritant," yang mengurangi rasa sakit dan pembengkakan dengan menyebabkan iritasi. 

Beberapa orang menggunakan camphor untuk mengobati penyakit saluran pernapasan, dan mengobati gejala penyakit jantung. Camphor juga digunakan secara topikal sebagai obat tetes telinga, dan untuk mengobati luka bakar ringan. Camphor juga dapat dihirup untuk mengatasi batuk.

Sekilas Tentang Menthol Pada Minyak Angin Cap Bunga Putih
Menthol adalah senyawa organik yang dibuat secara sintetis biasanya berasal dari herbal peppermint, eucalyptus dan pennyroyal. Mentol memiliki banyak manfaat kesehatan potensial. Diterapkan secara topikal atau digunakan secara oral, mentol telah terbukti membantu mengobati masalah pencernaan, nyeri, peradangan dan hidung tersumbat.
Sekilas Tentang Oleum Eucalypti Pada Minyak Angin Cap Bunga Putih
Oleum eucalypti merupakan minyak yang di dapat dari hasil penyulingan daun segar Eucalyptus Globulus, Labill (N.O Myrtaceae) ataupun spesies Eucalyptus lainnya. Minyak ini memiliki kandungan cineol yng banyak dan sedikit phellandrene. Ciri oleum eucalypti adalah warnanya kuning muda, tidak kental, dengan aroma camphoraceous yang segar dan memiliki rasa sedikit pedas namun dingin.

Berikut adalah beberapa manfaat oleum eucalypti:

  • Membentuk dan memperkuat tulang dan gigi

  • Membantu menjaga struktur rangka dan fungsinya

  • Menjaga kerja jantung tetap sehat

  • Berperan penting dalam kontraksi dan relaksasi otot

  • Terlibat dalam proses pembekuan darah

Minyak Angin Cap Bunga Putih Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Minyak Angin Cap Bunga Putih?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Minyak Angin Cap Bunga Putih adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Provide relief from the stuffed-up feeling associated with catarrah, cold or influenza

  • Relieve headache
  • Relieve stomachache
  • Relieve backache
  • Temporarily relieve muscular pain
  • Stop itching resulted from insect and mosquito bite
  • Good for travel and motion sickness

Cara Penggunaan

For External Application Only – Apply 2 to 3 drops on affected area, massage gently. If necessary, repeat the process every two hours. Can be inhaled when needed. Best way to inhale is to place 2 to 3 drops onto a handkerchief or tissue and inhale deeply.

Apa saja Peringatan dan Perhatian Penggunaan Minyak Angin Cap Bunga Putih?

For external use only. If rash occurs, discontinue use immediately. If symptom persists or redness is present, consult a physician immediately. Avoid contact with the eyes. If contact occurs, rinse eye with cold water. Do not use on infants and during pregnancy. Store at 30 degree Celsius or below. (Keep out of reach of children).

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Minyak Angin Cap Bunga Putih?

Botol berisi 10 ml, minyak.

Berapa Harga Minyak Angin Cap Bunga Putih?

Rp 25.000