Mengenal Herbal Kembang Pukul Empat dan Khasiatnya

FARMASI-ID.COM > Herbal > Mengenal Herbal Kembang Pukul Empat dan Khasiatnya

Mengenal Herbal Kembang Pukul Empat dan Khasiatnya

Kembang Pukul Empat ( Mirabilis Jalapa ), namanya cukup aneh bukan ? mengapa dikatakan kembang pukul empat ? tanaman ini biasanya mekar pada waktu sore hari kira-kira pukul empat, nah inilah yang menjadi ciri khas dari tanaman ini, sehingga untuk memudahkan mengingat dan mengenal tanaman ini, maka dinamakan kembang pukul empat.

Deskripsi tanaman ini, yakni berbentuk terna, tinggi sampai 50 cm. Bunga berwarna merah, putih atau kuning, mekar pada pada sore hari dan menutup pada pagi hari. Tumbuhan ini mempunyai rasa manis, tidak berbau, sejuk dan bersifat netral.

Apa Saja Unsur Kimia dari Tanaman ini ?

Bahan kimia yang terkandung pada buah kembang pukul empat, diantaranya zat tepung lemak ( 4,3% ), zat asam lemak ( 24,4% ), dan zat asam minyak ( 46,9% ). Selain itu, pada akar terkandung β-xanthins. Bagian yang digunakan untuk pengobatan adalah daun, biji dan juga akarnya.

Bagaimana Khasiat Kembang Pukul Empat ?

Daun kembang pukul empat berkhasiat sebagai obat bisul, akarnya untuk mengobati penyakit bisul, akarnya berguna mengobati sembelit dan bengkak. Bijinya sebagai bahan kosmetika. Dan tanaman ini dapat mengobati berbagai penyakit lainnya seperti infeksi saluran kencing/prostatitis, radang amandel, kencing manis, kencing berlemak, keputihan, erosi mulut rahim, dan radang sendi akut.

Cara membuat ramuan dari Kembang Pukul Empat

Bisul : Cuci bersih 10 lembar daun, lumatkan, lalu tambahkan air garam secukupnya. Tempelkan hasil lumatan pada mata bisul dan daerah sekelilingnya, lalu balut dengan kain bersih atau perban steril.
Infeksi saluran kencing/prostatitis, radang amandel, kencing manis, kencing berlemak, keputihan, erosi mulut rahim, dan radang sendi akut : rebus 9-15 gram kering atau 15-30 gram segar akar kembang pukul empat dengan empat gelas air sampai tersisa 2 gelas. Saring air rebusan dan minum2 kali sehari masing-masing satu gelas.


Powered by Farmasi-id.com