Mengenal Herbal Kemangi dan Khasiatnya

FARMASI-ID.COM > Herbal > Mengenal Herbal Kemangi dan Khasiatnya

Bagi para pencinta lalapan atau yang doyan makan pecel lele, pasti herbal kemangi tidak asing bagi Anda. Kemangi banyak digunakan sebagai lalapan, aromanya yang wangi dan menyegarkan dapat menambah selera makan Anda. Selain itu ternyata kemangi juga punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Bagi para pencinta lalapan atau yang doyan makan pecel lele, pasti herbal kemangi tidak asing bagi Anda. Kemangi banyak digunakan sebagai lalapan, aromanya yang wangi dan menyegarkan dapat menambah selera makan Anda. Selain itu ternyata kemangi juga punya banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Kemangi ( Ocimum sanctum L ) merupakan jenis herba tegak atau semak, tajuk membulat, bercabang banyak, batang pokok tidak jelas, bercabang banyak, hijau sering keunguan, berambut atau tidak. Daun tunggal, berhadapan, helai daun bulat telur-elips-memanjang, ujung meruncing atau tumpul, pangkal bangun pasak sampai membulat, di kedua permukaan berambut. Bunga susunan majemuk berkarang atau tandan, terminal, di ketiak daun ujung daun pelindung elips atau bulat telur. Mahkota warna putih. Buah tegak dan tertekan, ujung bentuk kait dan melintang. Biji keras, cokelat tua, gundul, dibasahi segera membengkak.

Kandungan kimia yang terdapat dalam tanaman herbal kemangi diantaranya sebagai berikut :

Minyak atsiri terdiri dari α-pinen, β-pinen, sarbinen, mirsen, limonene, 1-8 sineol, Z-B-osimen,E-B-ocimen, E-sabinen hidrat,E- αbergamoten, B-kariofilen, E-B farnesen, α-humulen, metilkavikol, α-terpineol, germakaran-D, B-bisabolen, eugenol, α-bisabolol, eucalyptol, estragol, urneol, osimen, geraniol, anetol, 10-kardinol, B-kariovilen, α-terpinol, kamfora, 3-oktanol, safrol, seskuitujen, linalool, dan metilkavikol. Daun mempunyai kandungan eugenol sebagai komponen utama, flavon apigenin, luteolin, flavonol glikosida apigenin 7-O-Glukuronida, luteolin-7-O-glukuronida, flavon-C-glukosida orientin dan moludistin, dan asam urat.

Apa Khasiat Herbal Kemangi ?

Kemangi mempunyai khasiat sebagai penambah nafsu makan dan menghilangkan bau badan.

Apa Efek Farmakologi kemangi ?

Minyak atsiri pada daun kemangi memiliki efek sebagai antibakteri, dapat menghambat metamorphosis Aedes aegypti, dan sebagai desinfektan cetakan alginate. Seduhan daun kemangi dapat meningkatkan eksresi dan menurunkan asam urat tikus putih serta mampulu menyembuhkan ulkus ventrikuli yang disebabkan oleh salisilat. Sari daun mampulu menurunkan kadar asam urat. Ekstrak etanol daun dapat meningkatkan toleransi anoksia dan antioksi, serta pada metabolisme jaringan.

Apakah ada toksisitas dari kemangi ?

Tidak ada dosis terapi, tapi perlu dicatat bahwa estragol merupakan hepatokarsinogen pada hewan. Jus daun memberi efek seperti narkotik. Minyak kemangi dilaporkan mengandung senyawa karsinogen, yaitu safrol dan estragol.

Bagaimana cara Pengunaan dan pemakaian Kemangi ?

Untuk menghilangkan bau badan dan keringat : tunbuk halus daun, biji, dan akar kemangi secukupnya, lalu seduh dengan air panas sebanyak 1 gelas. Saring air seduhan, lalu tambahkan gula aren secukupnya. Minum air seduhan setiap pagi dan malam hari.
Untuk Menghilangkan Bau Mulut : daun kemangi bisa langsung dimakan sebagai lalapan.
( sumber gambar : kabarkampulus.com )


Powered by Farmasi-id.com