Magenel


Apa Kandungan dan Komposisi Magenel?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Magenel adalah:

  • Aluminium hidroksida magnesium karbonat gel kering 500 mg
  • Metilpolisiloksan 20 mg

Sekilas Tentang Magnesium Hydroxide Pada Magenel
Magnesium hidroksida berguna untuk mengurangi asam lambung, dan meningkatkan kadar air di usus yang untuk menginduksi buang air besar. Magnesium hidroksida juga digunakan sebagai pencahar untuk meringankan sembelit (iregularitas) dan sebagai antasid untuk meredakan gangguan pencernaan, asam lambung, dan mulas.

Sekilas Tentang Magnesium Carbonate Pada Magenel
Magnesium carbonate, MgCO3, adalah padatan putih yang secara alami terjadi di alam sebagai mineral. Beberapa bentuk terhidrasi dan dasar magnesium karbonat juga ada sebagai mineral. Selain itu, MgCO3 memiliki berbagai aplikasi.

Properti

Bentuk magnesium karbonat yang paling umum adalah garam anhidrat yang disebut magnesit (MgCO3) dan di, tri, dan pentahidrat yang masing-masing dikenal sebagai barringtonit (MgCO3·2H2O), nesquehonit (MgCO3·3H2O), dan lansfordit (MgCO3·5H2O). Beberapa bentuk dasar seperti artinit (MgCO3·Mg(OH)2 ·3H2O), hidromagnesit (4MgCO3·Mg(OH)2 ·4H2O), dan dipingit (4MgCO3· Mg(OH)2 ·5H2O) juga terdapat sebagai mineral. Magnesit terdiri dari kristal trigonal putih. Garam anhidrat praktis tidak larut dalam air, aseton, dan amonia. Semua bentuk magnesium karbonat larut dalam asam. Magnesium karbonat mengkristal dalam struktur kalsit dimana Mg2+ dikelilingi oleh enam atom oksigen. Dihidrat memiliki struktur triklinik, sedangkan trihidrat memiliki struktur monoklinik. Pentahidrat adalah padatan kristal putih dengan kristal monoklinik.

Reaksi

Meskipun magnesium karbonat biasanya diperoleh dengan menambang mineral magnesit, garam trihidrat, MgCO3·3H2O, dapat dibuat dengan mencampurkan larutan ion magnesium dan karbonat di bawah atmosfer karbon dioksida. Magnesium karbonat juga dapat disintesis dengan memaparkan bubur magnesium hidroksida ke karbon dioksida di bawah tekanan (3,5 hingga 5 atm) di bawah 50 °C, yang menghasilkan magnesium bikarbonat yang larut:

Mg(OH)2 + 2 CO2 → Mg(HCO3)2

Setelah penyaringan larutan, filtrat dikeringkan di bawah vakum untuk menghasilkan magnesium karbonat sebagai garam terhidrasi:

Mg2+ + 2 HCO3- → MgCO3 + CO2 + H2O

Ketika dilarutkan dengan asam, magnesium karbonat terurai dengan pelepasan karbon dioksida:

MgCO3 + 2 HCl → MgCl2 + CO2 + H2O
MgCO3 + H2SO4 → MgSO4 + CO2 + H2O

Pada suhu tinggi, MgCO3 terurai menjadi magnesium oksida dan karbon dioksida, proses ini disebut kalsinasi:

MgCO3 → MgO + CO2

Penggunaan

Mineral magnesit dan dolomit digunakan untuk memproduksi logam magnesium dan bata tahan api dasar. MgCO3 juga digunakan di lantai, tahan api, komposisi pemadam kebakaran, kosmetik, bedak tabur, dan pasta gigi. Aplikasi lain adalah sebagai bahan pengisi, penekan asap dalam plastik, zat penguat dalam karet neoprene, zat pengering, pencahar untuk melonggarkan usus, dan retensi warna dalam makanan. Selain itu, magnesium karbonat kemurnian tinggi digunakan sebagai antasida dan sebagai aditif dalam garam meja agar tetap mengalir bebas.

Pada tahun 1911 MgCO3 pertama kali ditambahkan ke garam untuk membuatnya mengalir lebih bebas.

Magnesium karbonat, paling sering disebut sebagai 'kapur', digunakan sebagai zat pengering tangan dalam panjat tebing, senam, dan angkat berat.

Magenel Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Magenel?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Magenel adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Mengurangi gejala yang berhubungan dengan kelebihan asam lambung, tukak lambung, tukak usus 12 jari dengan gejala seperti mual dan perasaan penuh pada lambung.

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Magenel?

  • Strip 4 tablet
  • Pot 1000 tablet

Apa Nama Perusahaan Produsen Magenel?

Produsen obat (perusahaan farmasi) adalah suatu perusahaan atau badan usaha yang melakukan kegiatan produksi, penelitian, pengembangan produk obat maupun produk farmasi lainnya. Obat yang diproduksi bisa merupakan obat generik maupun obat bermerek. Perusahaan jamu adalah suatu perusahaan yang memproduksi produk jamu yakni suatu bahan atau ramuan berupa tumbuhan, bahan hewan, bahan mineral, sari, atau campuran dari bahan-bahan tersebut yang telah digunakan secara turun-temurun untuk pengobatan. Baik perusahaan farmasi maupun perusahaan jamu harus memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan.

Setiap perusahaan farmasi harus memenuhi syarat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik), sedangkan perusahaan jamu harus memenuhi syarat CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik) untuk dapat melakukan kegiatan produksinya agar produk yang dihasilkan dapat terjamin khasiat, keamanan, dan mutunya. Berikut ini nama perusahaan pembuat produk Magenel:

Nellco