LINAGLIPTIN

Farmasi-id.com > Sistem Endokrin & Metabolik > Obat Antidiabetes > LINAGLIPTIN

By | 09/10/2017

Indikasi

Terapi tambahan selain diet dan olahraga pada pasien dewasa dengan diabetes melitus tipe 2 yang tidak dapat dikendalikan dengan metformin dan/atau sulfonilurea. Digunakan dengan metformin dan/atau sulfonilurea.

Peringatan

Tidak dapat digunakan pada pasien diabetes melitus tipe 1 atau untuk pengobatan ketoasidosis diabetik, hipoglikemi, hentikan penggunaan jika muncul gejala pankreatitis akut (nyeri abdomen parah dan persisten), tidak direkomendasikan untuk anak di bawah 18 tahun.

Interaksi Obat

Penggunaan bersama dengan rifampisin dapat menurunkan konsentrasi plasma linagliptin, linagliptin meningkatkan AUC plasma simvastatin sebesar 34%.

Kontra Indikasi

hipersensitivitas, kehamilan, menyusui.

Efek Samping

sangat umum: hipoglikemi pada pemberian bersama dengan metformin dan sulfonilurea; tidak umum: nasofaringitis, hipersensitivitas, dan batuk pada pemberian bersama dengan metformin.

Dosis

5 mg satu kali sehari.

Sediaan

Tablet salut selaput 5 mg

Nama Brand

Trajenta, Trajenta Duo

Sekilas Tentang Diabetes
Diabetes merupakan kondisi di mana tubuh tidak dapat memproduksi insulin dengan benar. Hal ini menyebabkan meningkatnya kadar glukosa dalam darah. Diabetes yang umum terjadi adalah diabetes Tipe 1 dan tipe 2.

Pada diabetes Tipe 1 pankreas tidak dapat memproduksi insulin sedangkan pada diabetes tipe 2 pankreas dapat membuat insulin tapi dalam kadar yang tidak cukup banyak. Ini menyebabkan tubuh tidak mendapatkan insulin secara optimal. Meningkatnya kadar gula dalam darah akan membuat penderita diabetes sering merasa haus atau lapar dan juga sering buang air kecil.

Antidiabetes merupakan obat yang mengontrol tingkat glukosa (gula) dalam darah pada penderita diabetes.

Informasi lengkap mengenai diabetes dapat Anda baca di sini.