Lifen

By | Januari 26, 2021 | Farmasi-id.com > Health > Lifen

Kandungan dan Komposisi Lifen

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Lifen adalah:
  • LIFEN® 100
    Tiap kapsul mengandung:
    Fenofibrate 100 mg
  • LIFEN®200 M
    Tiap kapsul mengandung:
    Fenofibrate micronized 200 mg
  • LIFEN® 300
    Tiap kapsul mengandung:
    Fenofibrate 300 mg

FARMAKOLOGI

  • Fenofibrate segera diabsorpsi jika diberikan saat makan. Absorpsi kurang baik jika fenofibrate diberikan dalam kondisi perut kosong
  • Secara cepat fenofibrate akan mengalami hidrolisis menjadi metabolit aktif yaitu asam fenofibric yang kuat berikatan dengan albumin plasma
  • T 1/2 eliminasi dalam plasma: 20 jam
  • Asam fenofibric diekskresi melalui urine
  • Cara kerja: fenofibrate menurunkan trigliserida plasma dengan menurunkan konsentrasi VLDL. Fenofibrate juga menurunkan kolesterol plasma

INDIKASI

Penderita hiperkolesterolemia (tipe IIa) dan hipertrigliseridemia endogen murni (tipe IV) atau kombinasi (tipe IIb dan III), bila terapi diet yang sesuai tidak memadai, bila kolesterol darah setelah diet masih tinggi dan atau bila ada faktor risiko yang terkait, penderita harus tetap melanjutkan diet.

DOSIS DAN CARA PEMAKAIAN

Dewasa:

Dosis awal: sehari 3 x LIFEN® 100 atau 1 x L1FEN® 300, atau LIFEN® 200 M (micronized) diminum pada saat makan.

Bila setelah diet ketat kadar kolesterol tetap ≥ 4 g/l, dosis dapat dinaikkan menjadi: sehari 4 x LIFEN® 100 atau 1 kapsul LIFEN® 100 + 1 kapsul LIFEN® 200 M (micronized). Dosis ini harus dipertahankan hingga kadar kolesterol normal.

Setelah kadar kolesterol terkendali, dapat diberikan: sehari 3 x LIFEN® 100 atau LIFEN® 300 atau 1 x LIFEN® 200 M (micronized). Kadar serum lipid harus tetap diamati (kontrol) setiap 3 bulan.

Jika terjadi kenaikan kembali kadar lipid dalam darah, maka dosis dinaikkan kembali menjadi sehari 3 x LIFEN® 100 atau 1 x LIFEN® 300.

PERINGATAN DAN PERHATIAN

Bila setelah pemakaian fenofibrate selama 3 – 6 bulan tidak menunjukkan adanya penurunan yang berarti pada kadar lipid serum, maka harus dipertimbangkan pemberian terapi lain (pendamping atau pengganti).

Monitor secara berkala kadar transaminase (tiap 3 bulan selama 12 bulan pertama terapi). Jika SGPT meningkat sampai › 100 IU, terapi harus dihentikan. Sebaiknya fenofibrate tidak diberikan bersama dengan obat yang bersifat hepatotoksik.

EFEK SAMPING

Jarang terjadi, bila terjadi sifatnya ringan, berupa: .

  • Gangguan gastro-intestinal seperti nausea, anorexia, dyspepsia.
    Reaksi alergi kulit (rash dan pruritus)
  • Peningkatan enzim transaminase yang bersifat sementara.
    Sakit kepala, pusing, vertigo, fatigue
  • Perubahan hematologis (anemia, leukopenia dan trombositopenia).
    Nyeri otot dengan peningkatan CPK
  • Alopecia
  • Sexual asthenia

KONTRA INDIKASI

  • Tidak dianjurkan diberikan pada anak-anak, wanita hamil dan menyusui
  • Penderita dengan gangguan fungsi hati berat
  • Penderita dengan gangguan fungsi ginjal
  • Penderita penyakit kandung empedu
  • Penderita yang hipersensitif terhadap fenofibrate

Interaksi Obat Lifen

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Lifen antara lain:

  • Fenofibrate menambah kekuatan obat antikoagulan oral. Dosis antikoagulan harus diturunkan saat awal terapi dengan fenofibrate dan selanjutnya disesuaikan untuk mencegah risiko perdarahan
  • Penggunaan fenofibrate bersama dengan penghambat HMG-CoA reductase dapat menjadi faktor predisposisi terjadinya myopathy
  • Hati-hati jika diberikan bersama dengan obat antidiabetik oral, perlu penyesuaian dosis di awal terapi dengan fenofibrate

KEMASAN, SEDIAAN, IZIN BPOM

LIFEN®100 Box, 3 strip @ 10 kapsul DKL 0724223001A1
LIFEN® 200 M Box, 3 strip @ 10 kapsul DKL 0824225101A1
LIFEN® 300 Box, 3 strip @ 10 kapsul DKL 0724223001B1

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

SIMPAN DI BAWAH SUHU 30°C
TERLINDUNG DARI CAHAYA

PT SOHO INDUSTRI PHARMASI
JAKARTA – INDONESIA

Sejarah SOHO dimulai oleh pengusaha asal Bangka Tan Tjhoen Lim yang pada tahun 1946 mendirikan suatu perusahaan bernama N.V. Ethica Handel Maatschappij yang memproduksi obat-obatan dengan sediaan injeksi. Setelah itu perusahaan ini berubah namanya menjadi PT Ethica Industri Farmasi. Perusahaan ini sekaligus menjadi perusahaan farmasi pertama ia miliki. Setelah perusahaan ini sukses, maka pada 1951, Tan Tjhoen Lim mendirikan PT Soho Industri Farmasi yang memproduksi obat-obatan herbal yang kemudian pada 1996 mulai memproduksi produk-produk obat bebas (OTC). Nama "SOHO" sendiri merupakan singkatan dari "Societas Honorabilis" yang berarti "perkumpulan orang-orang terhormat".

Usaha Tan Tjhoen Lim berkembang dengan pesat kemudian ia mendirikan lagi beberapa perusahaan yang bergerak di berbagai bidang produk dan layanan seperti PT Parit padang Global, bergerak dibidang distribusi produk obat dan alat kesehatan. Selain itu ada PT Global Harmony Retailindo yang bergerak dibidang layanan apotek, klinik, laboratorium, dan ritel. Adalagi PT Unihealth (Universal Health Network) yang bergerak dibidang penjualan langsung dan netrowk marketing untuk produk-produk suplemen, vitamin, makanan kesehatan, dan produk-produk perawatan kulit. Setelah Tan Tjhoen Lim meninggal, tongkat estafet kepemimpinan perusahaan-perusahaan ini dipegang oleh penerusnya yakni Tan Eng Liang. Karena ingin mempermudah koordinasi, maka Tan Eng Liang mendirikan SOHO Group yang menjadi group dari perusahaan-perusahaan tadi.

Saat ini Soho Group memiliki sekira 6000 karyawan dengan jumlah varian produk mencapai lebih dari 350 produk yang dipasarkan hingga ke mancanegara seperti Malaysia, Myanmar, Nigeria, Brunei, Mongolia, Vietnam, Suriname, dan masih banyak lagi. Pada 1 Oktober 2013, SOHO Group resmi mengubah namanya menjadi Soho Global Health untuk menyesuaikan dinamika bisnis yang semakin berkembang.

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *