Qidrox, Qidrox Forte

By | Januari 26, 2021 | Farmasi-id.com > Health > Qidrox, Qidrox Forte

Kandungan dan Komposisi Qidrox, Qidrox Forte

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Qidrox, Qidrox Forte adalah:
  • QIDROX® 500 Kaplet
    Tiap kaplet mengandung Cefadroxil monohydrate setara dengan:
    Cefadroxil anhydrate 500 mg
  • QIDROX® 125 Sirup kering
    Tiap 5 ml mengandung Cefadroxil monohydrate setara dengan:
    Cefadroxil anhydrate 125 mg
  • QIDROX® FORTE 250 Sirup Kering
    Tiap 5 ml mengandung Cefadroxil monohydrate setara dengan:
    Cefadroxil anhydrate 250 mg

FARMAKOLOGI

Cefadroxil merupakan Cefalosporin semisintetik yang dapat diberikan peroral. Cefadroxil bersifat bakterisid, mekanisme kerjanya ialah dengan menghambat sintesa dinding sel mikroba. Memiliki spectrum antibakteri yang luas, baik terhadap bakteri gram positif maupun gram negatif termasuk kuman-kuman penghasil penisilinase dan nonpenisllinase. Spektrum antimikrobanya tidak banyak berbeda dengan penisilin berspektrum luas. Keunggulannya dari penisilin ialah aktifitas terhadap bakteri penghasil penisilinase. Efektif terhadap sebagian besar stafilokokus dan streptokokus termasuk S. – β haemolitik, S. pneumonia.

Cefadroxil stabil terhadap berbagai β laktamase, absorpsinya tidak dipengaruhi oleh adanya makanan.

Cefadroxil terdistribusi luas dalam cairan tubuh. Obat ini terikat pada protein plasma sebanyak 20% dan tersebar luas ke seluruh jaringan dan cairan tubuh. Mempunyai masa kerja yang lebih panjang daripada Cefalexin atau Cefadrine. Pemberian dosis tunggal 500 mg dan 1 g akan menghasilkan kadar puncak dalam darah berturut-turut 16 dan 28 mcg/ml dalam waktu 1/2-2 jam. Lebih dari 90% diekskresi melalui ginjal dalam bentuk utuh dalam 24 jam, dengan proses filtrasi glomerulus dan sekresi tubuler.

INDIKASI

  • Infeksi saluran nafas,
  • Infeksi THT
  • Infeksi saluran cerna
  • Infeksi saluran urogenital
  • Infeksi kulit dan jaringan lunak, tulang dan sendi

TAKARAN PEMAKAIAN

Orang dewasa/ anak dengan BB lebih dari 40 kg 1 – 2 gram dibagi menjadi 2 atau 3 kali sehari, tergantung pada beratnya infeksi. Untuk infeksi yang sangat berat dimana dibutuhkan dosis yang lebih tinggi atau pemberian yang lebih sering, maka pemberian cephalosporin secara parenteral dapat dipertimbangkan. Untuk orang dewasa/ anak dengan BB kurang dari 40 kg = 30 mg/kg/hari dibagi 2-3 kali sehari tergantung pada beratnya infeksi.

Catatan

Pada penderita dengan kelainan fungsi ginjal, dosis/hari diturunkan dan/atau interval pemberian obat diperpanjang untuk menghindarkan terjadinya akumulasi antibiotik. Pengobatan harus diteruskan minimum 48-72 jam setelah tanda-tanda penyakit mulai menghilang atau bila semua bakteri telah terbasmi. Dianjurkan minimum pengobatan 10 hari untuk infeksi yang disebabkan oleh β hemolitik streptokokus. Infeksi kronis saluran kemih membutuhkan waktu yang lebih lama, terapi yang intensif diikuti pemeriksaan bakteriologis dan klinis.

Untuk membuat 60 ml sirup tambahkan air (45 ml untuk Qidrox 125 dan 41 ml untuk Qidrox Forte 250) dan kocok baik-baik. Setelah ditambah air, sirup ini stabil selama 7 hari dan simpan di lemari es.

PERINGATAN DAN PERHATIAN

Reaksi silang umumnya terjadi pada penderita dengan alergi berat penisilin, sedang pada alergi penisilin ringan/sedang kemungkinan kecil, maka pada penderita alergi penisilin berat tidak dianjurkan penggunaan cefalosporin atau kalau sangat perlu, harus diawasi sungguh-sungguh.

Reaksi coomb test positif sering timbul pada penggunaan cefalosporin dosis tinggi.
Pada penderita dengan gangguan fungsi ginjal, dosis harus disesuaikan.
Hati-hati bila digunakan pada wanita hamil, menyusui dan bayi atau neonatus.
Penggunaan jangka panjang dapat menyebabkan pertumbuhan berlebih dari organisme yang tidak peka.

EFEK SAMPING

  • Umumnya ringan berupa gangguan saluran cerna misalnya: mual, muntah, diare, sakit perut
  • Sakit kepala, atau minileal
  • Colitis pseudomembran
  • Reaksi hipersensitif misalnya: rash pada kulit, urticaria, pembengkakan
  • Vaginitis, jarang terjadi seperti: leukopenia dan sedikit peningkatan serum transaminase

KONTRA INDIKASI

Hypersensitivitas terhadap derivat cefalosporin.

Interaksi Obat Qidrox, Qidrox Forte

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Qidrox, Qidrox Forte antara lain:

Probenesid mengurangi ekskresi cefadroxil.

Kemasan dan Sediaan Qidrox, Qidrox Forte

, Sediaan, Izin BPOM

  • QIDROX® Kaplet 500 mg
    Box, 3 strip @ 10 kaplet salut selaput
    DKL 9624214204A1
  • QIDROX® Sirup Kering 125 mg/5ml
    Botol @ 60 ml
    DKL9624214438A1
  • QIDROX® FORTE Sirup Kering 250 mg/5ml
    Botol @ 60 ml
    DKL 9624214438B1

Diproduksi oleh

PT ETHICA – JAKARTA

Untuk

PT SOHO INDUSTRI PHARMASI
JAKARTA-INDONESIA

HARUS DENGAN RESEP DOKTER

Untuk sirup kering :

Simpan pada suhu dibawah 25°C. Setelah menjadi sirup, simpan dalam lemari es dan tutup rapat setiap kali sesudah digunakan.

Untuk kaplet:

Simpan di bawah suhu 30°C, terlindung dari cahaya.

PT SOHO INDUSTRI PHARMASI
JAKARTA-INDONESIA

Sejarah SOHO dimulai oleh pengusaha asal Bangka Tan Tjhoen Lim yang pada tahun 1946 mendirikan suatu perusahaan bernama N.V. Ethica Handel Maatschappij yang memproduksi obat-obatan dengan sediaan injeksi. Setelah itu perusahaan ini berubah namanya menjadi PT Ethica Industri Farmasi. Perusahaan ini sekaligus menjadi perusahaan farmasi pertama ia miliki. Setelah perusahaan ini sukses, maka pada 1951, Tan Tjhoen Lim mendirikan PT Soho Industri Farmasi yang memproduksi obat-obatan herbal yang kemudian pada 1996 mulai memproduksi produk-produk obat bebas (OTC). Nama "SOHO" sendiri merupakan singkatan dari "Societas Honorabilis" yang berarti "perkumpulan orang-orang terhormat".

Usaha Tan Tjhoen Lim berkembang dengan pesat kemudian ia mendirikan lagi beberapa perusahaan yang bergerak di berbagai bidang produk dan layanan seperti PT Parit padang Global, bergerak dibidang distribusi produk obat dan alat kesehatan. Selain itu ada PT Global Harmony Retailindo yang bergerak dibidang layanan apotek, klinik, laboratorium, dan ritel. Adalagi PT Unihealth (Universal Health Network) yang bergerak dibidang penjualan langsung dan netrowk marketing untuk produk-produk suplemen, vitamin, makanan kesehatan, dan produk-produk perawatan kulit. Setelah Tan Tjhoen Lim meninggal, tongkat estafet kepemimpinan perusahaan-perusahaan ini dipegang oleh penerusnya yakni Tan Eng Liang. Karena ingin mempermudah koordinasi, maka Tan Eng Liang mendirikan SOHO Group yang menjadi group dari perusahaan-perusahaan tadi.

Saat ini Soho Group memiliki sekira 6000 karyawan dengan jumlah varian produk mencapai lebih dari 350 produk yang dipasarkan hingga ke mancanegara seperti Malaysia, Myanmar, Nigeria, Brunei, Mongolia, Vietnam, Suriname, dan masih banyak lagi. Pada 1 Oktober 2013, SOHO Group resmi mengubah namanya menjadi Soho Global Health untuk menyesuaikan dinamika bisnis yang semakin berkembang.

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *