Khasiat Tanaman Wijaya Kusuma

By | Agustus 29, 2020 | Farmasi-id.com > Herbal > Khasiat Tanaman Wijaya Kusuma

Khasiat Tanaman Wijaya Kusuma

Khasiat Tanaman Wijaya KusumaWijayakusuma (Epiphyllum anguliger)merupakan jenis tanaman kaktus, yang berasal dari divisi anthophita, bangsa opuntiales dan kelas dicotiledoneae. Tanaman jenis kaktus terdapat kurang lebih 1.500 jenis, tanaman ini dapat tumbuh dengan subur pada daerah sedang sampai tropis. Sama halnya dengan tanaman wijaya kusuma dapat ditemukan di daerah tropis. Seperti diketahui bahwa tidak semua tanaman wijayakusuma dapat berbunga dengan mudah, bunga biasanya hanya merekah beberapa saat saja. Kaktus termasuk tanaman yang sangat sulit ditentukan morfologinya, tetapi tetap bisa dilihat secara detail mana daun dan batangnya, setelah tanaman ini sudah tua. Batang pohon wijaya kusuma terbentuk dari helai daun yang sudah mengalami pengerasan dan mengecil. Daun pipih, warna hijau, permukaan halus tidak ada duri, berbeda pada tanaman kaktus pada umumnya. Pada tepian daun wijaya kusuma terdapat lekukan-lekukan tempat tumbuh tunas daun dan bunga. Kaktus dapat hidup dengan baik di tempat yang tidak terlalu panas ( suhu sedang ).

Khasiat :

Tumbuhan wijayakusuma sangat efektif untuk meredam rasa sakit dan mampulu menetralisir pembekuan darah. Wijayakusuma juga efektif mempercepat masaknya luka abses.

Cara Penggunaan :

Luka : Ambil 1 helai daun wijayakusuma, kemudian ditumbuk hingga halus, kemudian balurkan pada luka, dan sebaiknya diperban. Lakukan 2 kali sehari pagi dan sore.
Demikian beberapa khasiat umum dari tanaman wijaya kusuma  yang bisa digunakan sebagai obat analgetik dan mempercepat pematangan luka abses, semoga bermanfaat.


Powered by Farmasi-id.com

Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apakah Aman Menggunakan Khasiat Tanaman Wijaya Kusuma Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Khasiat Tanaman Wijaya Kusuma, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Khasiat Tanaman Wijaya Kusuma?

Jika Anda lupa menggunakan Khasiat Tanaman Wijaya Kusuma, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Khasiat Tanaman Wijaya Kusuma Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini

Bagaimana Cara Penyimpanan Khasiat Tanaman Wijaya Kusuma?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Khasiat Tanaman Wijaya Kusuma yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.
Cara Mengutip Untuk Daftar Pustaka
Jika Anda ingin mengutip tulisan ini pada daftar pustaka, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan berbagai format berikut ini:

Format APA (American Psychological Association)

Farmasi-id.com. (2020, 29 Agustus). Khasiat Tanaman Wijaya Kusuma. Diakses pada 5 Desember 2020, dari https://www.farmasi-id.com/khasiat-tanaman-wijaya-kusuma/


Format MLA (Modern Language Association)

"Khasiat Tanaman Wijaya Kusuma". Farmasi-id.com. 29 Agustus 2020. 5 Desember 2020. https://www.farmasi-id.com/khasiat-tanaman-wijaya-kusuma/


Format MHRA (Modern Humanities Research Association)

Farmasi-id.com, "Khasiat Tanaman Wijaya Kusuma", 29 Agustus 2020, <https://www.farmasi-id.com/khasiat-tanaman-wijaya-kusuma/> [Diakses pada 5 Desember 2020]


Bagikan ke Rekan Anda
Berikan Ulasan Produk Ini

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Last Updated on

Category: Herbal Produsen, komposisi, dan klasifikasi Khasiat Tanaman Wijaya Kusuma: