Khasiat Tanaman Herbal Mindi

By | Mei 24, 2022 |

Daftar Isi

Khasiat Tanaman Herbal Mindi

Mindi ( Melia azedarach ) merupakan jenis tanaman herbal yang dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.000 m dpl. Pohon yang bercabang banyak ini mempunyai kulit batang yang berwarna coklat tua, dengan tinggi sampai 4 m. Daunnya majemuk, menyirip ganda, tumbuh  berseling dengan panjang 20-80 cm.

Anak daun bentuknya bulat telur sampai lanset, tepi bergerigi, ujung runcing, pangkal membulat atau tumpul, perukaan atas daun berwarna hijau tua, bagian bawah hijau muda, panjang 3-7 cm, lebar 1,5-3 cm. Bunga majemuk dalam malai yang panjangnya 10-20 cm, keluar dari ketiak daun. Daun mahkota berjumlah 5, penjangnya sekitar 1 cm, warnanya ungu pucat, dan berbau harum. Buahnya buah batu, bulat, diameter sekitar 1,5 cm. Jika masak warnanya cokelat kekuningan, dan berbiji satu.

Bagian yang umumnya di gunakan untuk pengobatan adalah kulit kayu, kulit akar, dan daun. Tanaman berkhasiat ini juga mengandung senyawa kimia seperti : alkaloid, minyak atsiri dan triterpen.

Khasiat : Obat tekanan darah tinggi ( hipertensi ), kudis dan skabies.

Cara Pemakaian :

Tekanan Darah Tinggi

Cuci daun mindi kecil yang segar kurang lebih 7 lembar, lalu rebus dengan dua gelas air sampai airnya tersisa satu gelas. Setelah dingin, saring dan minum sehari dua kali, masing-masing setengah gelas.

Skabies

Tambahkan cuka pada bubuk kulit kayu atau kulit akar secukupnya, lalu aduk hingga merata. Borehkan pada bagian kulit yang gatal. Lakukan 3-4 kali sehari, sampai sembuh.

Kudis

  • Rebus kulit kayu atau kulit akar mindi kecil secukupnya. Setelah dingin, gunakan air saringannya untuk mencuci bagian kulit yang kudis
  • Cuci dan tumbuk sampai halus daun mindi kecil yang masih segar ( secukupnya ). Bubuhkan pada bagian kulit yang ber-kudis, lalu balut. Lakukan tiga kali sehari
  • Bakar kulit kayu mindi secukupnya sampai hangus, lalu giling menjadi serbuk. Tambahkan air kapur sirih, lalu gunakan untuk menggosok bagian kulit yang kudis.

Demikian beberapa khasiat tanaman herbal mindi yang dapat Anda jadikan referensi untuk mengobati penyakit hipertensi, skabies dan kudis. Semoga informasi ini dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda.


Powered by Farmasi-id.com

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.