Khasiat Alami Herbal Meniran ( Phylantus Urinaria, Linn )

By | Mei 24, 2022 |

Deskripsi tanaman herbal meniran yakni berbentuk bulat berbatang basah dengan tinggi kurang dari 50 cm. Daun bersirip genap setiap satu tangkai daun terdiri dari daun majemuk yang mempunyai ukuran kecil dan berbentuk lonjong. Bunga terdapat pada ketiak daun menghadap ke arah bawah. 

align=”center” cellpadding=”0″ cellspacing=”0″>

Khasiat Alami Herbal Meniran ( Phylantus urinaria, Linn )

Gambar : Meniran

Meniran berasal dari daerah tropis yang tumbuh liar di hutan-hutan, ladang-ladang, kebun-kebun maupun pekarangan halaman rumah, pada umumnya tidak dipelihara karena dianggap tumbuhan rumput biasa. Meniran tumbuh subur di tempat yang lembab pada dataran rendah sampai ketinggian 1000 meter diatas permukaan air laut. bagian tanaman yang umumnya dimanfaatkan sebagai obat adalah seluruh bagian tanaman. Meniran mengandung unsur kimia yang disebut Phyllathin.

Tanaman ini efektif untuk mengobati penyakit kuning ( hepatitis ), demam, batuk dan ayan ( epilepsi ) dan diyakini tanaman ini memiliki efek farmakologi untuk Imunostimulan ( peningkat daya tahan tubuh )

Berikut ini cara pemakaian Herbal Meniran 

Sakit Kuning 
16 tanaman meniran ( akar, batang, dan daun ), 2 gelas air. Tanaman meniran di cuci hingga bersih, lalu ditumbuk halus dan direbus dengan 2 gelas air susu sampai mendidih hingga tinggal satu gelas. kemudian disaring dan diminum sekaligus; dilakukan setiap hari.

Batuk
3-7 batang tanaman meniran lengkap ( akar, batang dan daun serta bunga ), madu secukupnya. bahan dicuci bersih, kemudian ditumbuk halus dan direbus dengan 3 sendok makan air masak, hasilnya dicampur dengan 1 sendok makan madu sampai merata. lalu diminum sekaligus dan dilakukan 2 kali sehari.


Powered by Farmasi-id.com

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.