Keladi Baik Untuk Mengobati Bengkak Jari Tangan

By | Juni 27, 2022 |

Keladi ( Caladium bicolor ) merupakan jenis terna semusim, tinggi antara 25-30 cm. Batang membentuk umbi. Daun tunggal, bentuk perisai bersegi, tepi rata, permukaan licin, pertulangan daun menjari, hijau berbintik putih, sekitar tulang daun merah. Bunga majemuk, bentuk tongkol, berumah satu, tangkai silindris panjang 28-40 cm, pangkal tangkai dilindungi seludang bunga, benang sari memngumpul membentuk gada, kuning, mahkota satu helai, putih. Akar serabut, putih. Demikian gambaran sekilas tentang tanaman herbal keladi, untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar dibawah ini ( Gambar : Keladi )

align=”center” cellpadding=”0″ cellspacing=”0″>

Keladi Baik Untuk Mengobati Bengkak Jari Tangan

Gambar : Keladi ( sumber majalahkesehatan.com )

Bagian yang digunakan adalah umbinya ( terletak didalam tanah ), dan keladi mengandung beberapa senyawa kimia seperti saponin, flavonoid, dan polifenol.

Keladi tenyata sangat baik untuk mengatasi  radang atau pembengkakan pada jari tangan menurut para peneliti tanaman herbal.

Cara Pemakaian : Untuk sakit bengkak pada jari ; dipakai ± 15 gram umbi keladi yang telah dicuci, kemudian ditumbuk hingga halus, lalu ditempelkan pada jari yang sakit dan mengalami pembengkakan, jika sudah mengering, segera diganti dengan yang baru agar diperoleh hasil yang baik dan maksimal.


Powered by Farmasi-id.com

Komentar

Leave a Reply

Email address will not be published.