Gionix

Farmasi-id.com > Sistem Kardiovaskular & Hematopoietik > Antagonis Angiotensin II > Gionix

By | 25/05/2018

Kandungan dan Komposisi

Candesartan.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Hipertensi, gagal jantung, & ggn fungsi sistolik ventrikel kiri.

Farmakologi

Candesartan adalah golongan obat penghambat reseptor angiotensin untuk mengobati penyakit hipertensi atau tekanan darah tinggi. Dengan turunnya tekanan darah, maka masalah-masalah kesehatan lain yang terkait dapat dicegah, seperti serangan jantung, stroke, dan kerusakan pembuluh darah. Selain mengobati hipertensi, candesartan juga dapat digunakan untuk menangani gagal jantung.

Disebut sebagai penghambat reseptor angiotensin karena obat ini mampu menghambat penyempitan pembuluh darah akibat efek dari suatu zat di dalam tubuh yang disebut angiotensin II. Dengan melebarnya pembuluh darah, darah bisa mengalir lebih mudah sehingga tekanan darah tubuh pun menurun.

Kontra Indikasi

Hipersensitivitas. Hamil & laktasi.

Perhatian 

Stenosis arteri renalis, deplesi vol intravaskular. Hamil & laktasi.

Peringatan

  • Bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui, tidak diperbolehkan mengonsumsi candesartan.
  • Obat ini juga tidak boleh dikonsumsi oleh anak-anak di bawah usia 6 tahun.
  • Harap berhati-hati bagi penderita gangguan saluran empedu, jantung, hati, dan ginjal.
  • Jangan mengonsumsi obat-obatan lain saat Anda sedang menjalani pengobatan dengan candesartan tanpa sepengetahuan dari dokter, terutama obat pereda rasa sakit, seperti ibuprofen dan aspirin. Selain dapat mengganggu kinerja candesartan, mengonsumsi obat secara sembarangan juga dapat meningkatkan risiko munculnya efek samping yang berbahaya.
  • Jangan minum alkohol saat sedang menjalani pengobatan dengan candesartan agar terhindar dari efek samping seperti pusing atau bahkan pingsan.
  • Jika Anda akan menjalani suatu prosedur medis yang melibatkan pemberian anestesi, beri tahu dokter atau perawat jika Anda sedang mengonsumsi candesartan. Penggunaan dua obat ini secara bersamaan dapat menurunkan tekanan darah pada titik yang membahayakan.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera hubungi dokter.

Efek Samping

Sakit kepala, ggn hati berat & kolestasis, pusing.

Interaksi Obat

Diuretik hemat K.

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (Menurut FDA)

Kategori D: Ada bukti positif mengenai risiko pada janin manusia, tetapi manfaat dari penggunaan obat ini pada wanita hamil dapat diterima meskipun berisiko pada janin (misalnya jika obat diperlukan untuk mengatasi situasi yang mengancam jiwa atau untuk penyakit serius dimana obat yang lebih aman tidak dapat digunakan atau tidak efektif).

Dosis dan Aturan Pakai

Awal 4 mg 1 x/hr. Dpt ditingkatkan hingga 16 mg 1 x/hr.

Pemberian Obat

Dapat diberikan bersama atau tanpa makanan.

Kemasan dan Sediaan

  1. Tablet 16 mg, Rp 80.000/blister @ 10
  2. Tablet 8 mg, Rp 55.000/blister @ 10

Produsen

Pharos

Sekilas Tentang Pharos
Pharos merupakan suatu perusahaan farmasi besar di Indonesia yang didirikan pada 30 September 1971 oleh Drs. Eddie Lembong Apt. Nama Pharos sendiri diambil dari nama suatu mercusuar di Alexandria, Mesir. Perusahaan ini bergerak di banyak lini usaha sehingga membentuk sekira 17 perusahaan yang masing-masing perusahaan berfokus pada lini usahanya masing-masing. Semua perusahaan itu bergabung dalam suatu group usaha bernama Pharos Group. Beberapa perusahaan itu seperti Faratu Medika Laboratories (industri kosmetik), Century Franchisindo Utama (franchise apotek Century), Nutrindo Jaya Abadi (marketing produk farmasi), dan lain-lain.

Pharos memiliki banyak produk terkenal dan jangkauan pemasarannya telah meluas hingga ke negara-negara Asia Tenggara seperti Kamboja, Vietnam, Malaysia, Filipina, bahkan fasilitas produknya selain di Indonesia juga telah ada di Singapura dan Vietnam. Perusahaan ini telah mengantongi sertifikat CPOB (Cara Pembuatan Obat yang Baik) dan juga sertifikat ISO 9001/2000.