Ceftriaxone Sodium Mahakam Beta Farma

Farmasi-id.com > Antiinfeksi (Sistemik) > Sefalosporin > Ceftriaxone Sodium Mahakam Beta Farma

By | 24/05/2018

Kandungan dan Komposisi

Ceftriaxone sodium.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Infeksi yang disebabkan oleh bakteri pathogen yang sensitif terhadap Ceftriaxone antara lain :

  • Sepsis
  • Meningitis
  • Infeksi yang berhubungan dengan perut (peritonitis/radang selaput perut, infeksi dari saluran empedu dan saluran pencernaan)
  • Infeksi tulang, persendian, jaringan lunak kulit dan yang disebabkan oleh luka-luka
  • Profilaksis infeksi perioperatif
  • Infeksi pada penderita dengan mekanisme kerusakan daya tahan
  • Infeksi ginjal dan saluran kencing
  • Infeksi saluran pernafasan, terutama pneumonia dan telinga, hidung dan tenggorokan
  • Infeksi kelamin, termasuk gonorrhoeae

Farmakologi

Menghambat sintesis dinding sel bakteri sehingga terjadi kebocoran sel bakteri dan bakteri lisis.

Kontra Indikasi

Hipersensitif thd sefalosporin.

Perhatian

Pasien sensitif thd penisilin: hamil, laktasi.

Efek Samping

Mual, muntah, & diare, stomatitis, glotitis; sakit kepala & pusing; reaksi pd kulit; eosinofilia, trombositopenia, leukopenia, granulositopenia, anemia hemolitik; peningkatan sementara SGOT atau SGPT, BUN. Jarang, reaksi inflamasi pd tempat inj.

Kategori Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil (Menurut FDA)

Kategori B: Studi terhadap reproduksi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin tetapi tidak ada studi terkontrol yang dilakukan terhadap wanita hamil, atau studi terhadap reproduksi binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping (selain penurunan fertilitas) yang tidak dikonfirmasikan dalam studi terkontrol pada wanita pada kehamilan trimester 1 (dan tidak ada bukti risio pada trimester selanjutnya).

Dosis dan Aturan Pakai

Dws & anak > 12 thn:

1-2 g 1 x/hr tgt tipe & beratnya infeksi. Maks: 4 g/hr.

Anak < 12 thn & bayi Infeksi serius selain meningitis:

50-75 mg/kg BB/hr dlm dosis terbagi tiap 12 jam. Maks: 2 g/hr.

Meningitis:

100 mg/kg BB/hr dlm dosis terbagi tiap 12 jam dg atau tanpa dosis lazim 75 mg/kg. Maks 4 g/hr.

Profilaksis pra op:

1 g dosis tunggal 1/2-2 jam sblm op. Diberikan via IV, IM, atau infus IV bolus.

Kemasan dan Sediaan

Dus, vial @ 1 g, serbuk injeksi 1 g

Izin BPOM

GKL1413707744A1

Produsen

Mahakam Beta Farma

Sekilas Tentang Mahakam Beta Farma
PT. Mahakam Beta Farma merupakan suatu perusahaan farmasi yang didirikan oleh seorang dokter umum bernama Dr. Kahar Tjandra. Awal mula didirikannya perusahaan ini bermula dari kawan sekolahnya dahulu yang menawarkan pada dirinya (Dr. Kahar Tjandra) untuk membeli lisensi Betadine dari suatu perusahaan pemegang lisensi itu yang sedang dalam kondisi hampir bangkrut. Setelah Dr. Kahar Tjandra mempelajari dan mengetahui lebih jauh mengenai manfaat produk Betadine, maka diputuskanlah untuk mengambil alih lisensi itu dari perusahaan sebelumnya. Betadine merupakan produk antiseptik dengan kandungan aktif povidone iodine lisensi dari Mundipharma AG (perusahaan farmasi asal Swiss). Dengan modal 25 juta dolar, maka Dr. Kahar Tjandra mendirikan perusahaan PT. Mahakam Beta Farma yang secara resmi mulai beroperasi pada 1980. Perusahaan ini mulai mendistribusikan, memasarkan, dan menjual Betadine dalam kemasan jeriken. Karena permintaan pasar, maka perusahaan akhirnya membuat kemasan botol yang lebih kecil.

Hasil promosi di berbagai media baik cetak maupun elektronik semakin melambungkan nama obat ini, hasilnya penjualan semakin meningkat. Pabrik PT. Mahakam Beta Farma telah beberapa kali mengalami perluasan untuk peningkatan kapasitas produksi. Pabrik akhirnya dipindahkan ke kawasan industri Pulo Gadung seluas 10 ribu meter persegi. Perusahaan ini juga telah mendapatkan sertifikat CPOB dan ISO 9001:2008. Saat ini Betadine tersedia dalam berbagai varian produk seperti Betadine antiseptic, Betadine sabun cair, Betadine gargle (obat kumur), Betadine skin cleanser, Betadine shampoo, Betadine stick, dan lain-lain.

Kesuksesan Betadine membuat PT. Mahakam Beta Farma terpacu untuk membuat produk lainnya. Perusahaan ini juga memproduksi obat generik, obat ethical (obat resep), produk OTC, suplemen, vitamin dan mineral, produk perawatan luka, dan lain-lain. Beberapa produk itu antara lain pantoprazole, Seminac (tramadol hydrochloride), Meflam (meloxicam), Patral (tramadol hcl+paracetamol), MST Continus (morphine sulphate), Matolac, Betarhin, Ultraderma, Calpro, Bruiz gel (heparin sodium), dan sebagainya. Pada 2013, PT. Mahakam beta farma bekerja sama dengan Labiofam meluncurkan produk bernama bactivec untuk membasmi larva atau jentik nyamuk demam berdarah dan lalat hitam.

Kantor pusat PT. Mahakam Beta Farma ada di Jalan Pulo Kambing Raya No.9, Kawasan Industri Pulogadung, Jakarta.