Gelatin

Farmasi-id.com > Health > Gelatin

By | 25/04/2017 | Berikan Ulasan

Deskripsi

Gelatin adalah obat dengan fungsi untuk menurunkan berat badan dan juga digunakan dalam pengobatan osteoarthritis, rheumatoid arthritis, dan pengeroposan tulang (osteoporosis). Gelatin juga umum digunakan untuk menguatkan tulang, sendi, dan kuku. Selain itu, gelatin dapat memperbaiki kesehatan rambut dan mempercepat proses penyembuhan cedera olahraga.

Dosis dan Aturan Pakai Gelatin

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Gelatin:

Dewasa:

Cairan Intravena

Meningkatkan volume plasma/cairan tubuh saat Syok Hypovolemik

Untuk orang dewasa: Melalui pemberian suntikan succinylated gelatin 4%: Volume dan kadar infusi tergantung pada kondisi pasien. Dosis dapat diberikan secara tinggi dalam waktu singkat (500 ml setiap 5-10 menit) jika pasien kehilangan banyak darah, dilakukan hingga gejala hypovolemia berangsur membaik.

Topikal

Untuk menyembuhkan luka

Untuk orang dewasa: Dengan menggunakan spons kompres steril: Potong spons sesuai kebutuhan, baik dalam keadaan kering atau sudah direndam dengan larutan NaCl steril, dan aplikasikan dengan tekanan pada luka berdarah. Spons dapat dilekatkan pada daerah luka, jika diperlukan. Spons juga dapat digunakan dengan atau tanpa thrombin untuk mempercepat pembekuan darah.

Anak-anak:

Belum ada ketentuan dosis obat ini untuk anak-anak. Obat ini bisa berbahaya bagi anak-anak. Penting untuk memahami keamanan obat sebelum digunakan.  Konsultasikan pada dokter atau apoteker untuk informasi lebih lanjut.

Efek Samping Gelatin

LAINNYA:  Clindamycin Hydrochloride

Efek Samping merupakan suatu efek yang tidak diinginkan dari suatu obat. Efek samping ini dapat bervariasi pada setiap individu tergantung pada pada kondisi penyakit, usia, berat badan, jenis kelamin, etnis, maupun kondisi kesehatan seseorang. Berikut ini beberapa efek samping yang mungkin dapat terjadi setelah pemberian Gelatin:

Gelatin relatif aman untuk dikonsumsi sebagai bahan makanan dan mungkin aman jika dikonsumsi dalam jumlah yang lebih besar sebagai obat-obatan. Gelatin berdosis 10 gram aman digunakan setiap hari selama 6 bulan.

Gelatin dapat menyebabkan rasa tidak enak pada mulut, begah, kembung, rasa panas dalam dada serta sendawa. Gelatin juga dapat memicu reaksi alergi pada sebagian orang.

Muncul beberapa isu mengenai keamanan dari Gelatin karena bahan dasarnya yang terbuat dari hewani. Sebagian orang mengkhawatirkan jika proses produksi Gelatin tidak terjamin, produk tersebut akan rentan terhadap kontaminasi dari jaringan hewani yang tertular penyakit, termasuk penyakit sapi gila (bovine spongiform encephalopathy). Walaupun risiko ini terbilang rendah, banyak ahli medis menganjurkan untuk tidak menggunakan suplemen berbahan dasar binatang, seperti gelatin.

Tidak semua orang mengalami efek-efek samping ini. Mungkin ada efek samping yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekhawatiran mengenai efek samping, konsultasikanlah pada dokter.

Peringatan dan Perhatian

Sebelum menggunakan obat ini, beritahu dokter jika Anda mengidap:

  • Kerusakan hati
  • Gagal jantung
  • Perdarahan atau gagal ginjal

Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil

Belum ada studi yang memadai mengenai risiko pada wanita yang menggunakan obat-obatan ini selama masa kehamilan atau masa menyusui. Selalu konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendalami keuntungan dan risiko medis sebelum mengonsumsi obat ini.

Interaksi Obat

Interaksi obat merupakan suatu perubahan aksi atau efek obat sebagai akibat dari penggunaan atau pemberian bersamaan dengan obat lain, suplemen, makanan, minuman, atau zat lainnya. Interaksi obat Gelatin antara lain:

LAINNYA:  Metildopa

Gelatin dapat menyebabkan tekanan darah rendah jika digunakan bersamaan dengan ACE inhibitor.

Sediaan

GELFOAM® PLUS tersedia sebagai perangkat medis siap pakai berisi sponge steril GELFOAM®, serbuk Thrombin, Saline Solution (0.9% Sodium Klorida), dan sebuah suntikan steril 10mL dilengkapi dengan jarum.

GELFILM Sterile Film dan GELFILM Sterile Ophthalmic Film adalah lembaran gelatin setebal 0.075 mm, didesain khusus sebagai implan yang mudah menyerap untuk operasi saraf, rongga dada, dan mata.

Saran Penyimpanan

Simpan gelatin dalam suhu ruang, jauhkan dari sinar matahari dan tempat lembap. Jangan simpan di dalam kamar mandi maupun kulkas dan freezer. Periksa dengan saksama instruksi di kemasan produk Anda karena setiap produk memiliki cara penyimpanan yang berbeda, atau tanyakan lebih lanjut kepada dokter Anda mengenai cara penyimpanan yang benar. Terakhir, selalu jauhkan obat – obatan dari jangkauan anak kecil dan binatang peliharaan.

Tidak dianjurkan membuang obat-obatan ke dalam toilet atau ke saluran air, kecuali jika sudah diinstruksikan terlebih dahulu. Segera buang produk saat kedaluwarsa atau jika sudah tidak dibutuhkan lagi. Konsultasikan kepada apoteker atau tempat pembuangan limbah terdekat untuk informasi lebih lanjut mengenai cara membuang produk Anda.

Nama Generik

Gelatin

Nama Brand

Gelfoam Plus

Pertanyaan yang Sering Diajukan
Apakah Aman Menggunakan Gelatin Saat Mengemudi atau Mengoperasikan Mesin?

Jika Anda mengalami gejala efek samping seperti mengantuk, pusing, gangguan penglihatan, gangguan pernapasan, jantung berdebar, dan lain-lain setelah menggunakan Gelatin, yang dapat mempengaruhi kesadaran atau kemampuan dalam mengemudi maupun mengoperasikan mesin, maka sebaiknya Anda menghindarkan diri dari aktivitas-aktivitas tersebut selama penggunaan dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Bagaimana Jika Saya Lupa Menggunakan Gelatin?

Jika Anda lupa menggunakan Gelatin, segera gunakan jika waktunya belum lama terlewat, namun jika sudah lama terlewat dan mendekati waktu penggunaan berikutnya, maka gunakan seperti dosis biasa dan lewati dosis yang sudah terlewat, jangan menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat. Pastikan Anda mencatat atau menyalakan pengingat untuk mengingatkan Anda mengenai waktu penggunaan obat agar tidak terlewat kembali.

Apakah Saya Dapat Menghentikan Penggunaan Gelatin Sewaktu-waktu?

Beberapa obat harus digunakan sesuai dengan dosis yang diberikan oleh dokter. Jangan melebih atau mengurangi dosis obat yang diberikan oleh dokter secara sepihak tanpa berkonsultasi dengan dokter. Obat seperti antibiotik, antivirus, antijamur, dan sebagainya harus digunakan sesuai petunjuk dokter untuk mencegah resistensi dari bakteri, virus, maupun jamur terhadap obat tersebut. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini.

Jangan menghentikan penggunaan obat secara tiba-tiba tanpa sepengetahuan dokter, karena beberapa obat memiliki efek penarikan jika penghentian dilakukan secara mendadak. Konsultasikan dengan dokter mengenai hal ini

Bagaimana Cara Penyimpanan Gelatin?

Setiap obat memiliki cara penyimpanan yang berbeda-beda, cara penyimpanan dapat Anda ketahui melalui kemasan obat. Pastikan Anda menyimpan obat pada tempat tertutup, jauhkan dari panas maupun kelembapan. Jauhkan juga dari paparan sinar Matahari, jangkauan anak-anak, dan jangkauan hewan.

Bagaimana Penanganan Gelatin yang Sudah Kedaluwarsa?

Jangan membuang obat kedaluwarsa ke saluran air, tempat penampungan air, maupun toilet, sebab dapat berpotensi mencemari lingkungan. Juga jangan membuangnya langsung ke tempat pembuangan sampah umum, hal tersebut untuk menghindari penyalahgunaan obat. Hubungi Dinas Kesehatan setempat mengenai cara penangangan obat kedaluwarsa.
Sekilas Tentang Gelatin Pada Gelatin
Gelatin merupakan suatu protein yang berasal dari hewan. Gelatin diproses dengan merebus tulang rawan dan kulit untuk mengekstrak kolagennya. Kolagen merupakan protein berserat yang menghubungkan otot, tulang, dan kulit pada hewan. Ketika kolagen diproses, itu menjadi zat tanpa rasa, tidak berwarna yang disebut gelatin. Setelah gelatin dingin, ia memiliki tekstur seperti jeli. Tidak seperti kolagen, gelatin larut dalam air panas, dan teksturnya membuatnya praktis untuk digunakan dalam saus, sup, dan makanan penutup.

Manfaat kesehatan gelatin mirip dengan manfaat kolagen karena gelatin mengandung asam amino yang sama. Asam amino adalah senyawa yang bergabung untuk membuat protein, dan sangat penting untuk berfungsinya berbagai organ, serta untuk menyediakan energi.

Berikut adalah beberapa manfaat dari gelatin:

  • Meningkatkan kesehatan kulit

  • Sebagai sumber protein

  • Membantu fungsi pencernaan

  • Meringankan nyeri sendi

  • Membantu mengendalikan kadar gula darah

  • Menjaga kesehatan rambut

  • Memperkuat tulang dan sendi

  • Memperkuat kuku

  • Menurunkan berat badan

  • Membantu mengatasi osteoporosis

Berikan Ulasan Produk Ini

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Cara Mengutip Untuk Daftar Pustaka
Jika Anda ingin mengutip tulisan ini pada daftar pustaka, Anda bisa melakukannya dengan menggunakan berbagai format berikut ini:

Format APA (American Psychological Association)

Farmasi-id.com. (2017, 25 April). Gelatin. Diakses pada 25 Februari 2020, dari https://www.farmasi-id.com/gelatin/


Format MLA (Modern Language Association)

"Gelatin". Farmasi-id.com. 25 April 2017. 25 Februari 2020. https://www.farmasi-id.com/gelatin/


Format MHRA (Modern Humanities Research Association)

Farmasi-id.com, "Gelatin", 25 April 2017, <https://www.farmasi-id.com/gelatin/> [Diakses pada 25 Februari 2020]


Bagikan ke Rekan Anda