Forxiga

Farmasi-id.com > Sistem Endokrin & Metabolik > Obat Antidiabetes > Forxiga

By | 11/10/2016

Kandungan dan Komposisi

Dapagliflozin.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Tambahan thd diet & olahraga utk memperbaiki kontrol glukosa darah pd pasien DM tipe 2 dlm kombinasi dg metformin, tiazolidinedion, & sulfonilurea.

Dosis dan Aturan Pakai

10 mg 1 x/hr utk terapi kombinasi add-on dg metformin, tiazolidinedion, & sulfonilurea. Ggn hati Awal 5 mg, dpt ditingkatkan menjadi 10 mg jika dpt ditoleransi dg baik.

Pemberian Obat

Dapat diberikan bersama atau tanpa makanan: Telan utuh.

Kontra Indikasi

Hipersensitivitas.

Perhatian

DM tipe 1 atau ketoasidosis diabetikum; penggunaan bersama diuretik loop, deplesi vol, hipotensi, &/atau ggn elektrolit. Pantau fungsi ginjal, lakukan pemeriksaan fisik, pengukuran TD, tes lab antara lain hematokrit. ISK; gagal jantung, penyakit KV. Pneingkatan hematokrit. Kelainan herediter yg jarang dari intoleransi galaktosa, defisiensi Lapp laktase atau malabsorpsi glukosa-galaktosa. Ggn hati & ggn ginjal sedang hingga berat. Hamil (trimester 2 & 3) & laktasi. Anak. Lanjut usia.

Efek Samping

Hipoglikemia; vulvovaginitis, balanitis, & infeksi genital terkait, ISK; pusing; nyeri punggung; disuria, poliuria; peningkatan hematokrit, penurunan kadar bersihan kreatinin ginjal, dislipidemia.

Interaksi

Peningkatan risiko dehidrasi & hipotensi pd pemberian bersama dg tiazid, & diuretik loop. Risiko hipoglikemia pd pemberian bersama dg sekretagogum insulin seperti misalnya sulfonilurea.

Keamanan Penggunaan Pada Wanita Hamil

Kategori C: Studi pada binatang percobaan telah memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embroisidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita, atau studi pada wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya boleh diberikan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Izin BPOM, Kemasan, Sediaan, Harga

  1. DKI1596301017A1, Dus, 2 Blister @ 14 Tablet Salut Selaput 5 mg, Rp 390.000 / dus
  2. DKI1596301017B1, Dus, 2 Blister @ 14 Tablet Salut Selaput 10 mg, Rp 400.000 / dus

Produsen

Bristol Myers Squibb SPA – Italy

Pendaftar

Astrazeneca Indonesia

Sekilas Tentang Diabetes
Diabetes merupakan kondisi di mana tubuh tidak dapat memproduksi insulin dengan benar. Hal ini menyebabkan meningkatnya kadar glukosa dalam darah. Diabetes yang umum terjadi adalah diabetes Tipe 1 dan tipe 2.

Pada diabetes Tipe 1 pankreas tidak dapat memproduksi insulin sedangkan pada diabetes tipe 2 pankreas dapat membuat insulin tapi dalam kadar yang tidak cukup banyak. Ini menyebabkan tubuh tidak mendapatkan insulin secara optimal. Meningkatnya kadar gula dalam darah akan membuat penderita diabetes sering merasa haus atau lapar dan juga sering buang air kecil.

Antidiabetes merupakan obat yang mengontrol tingkat glukosa (gula) dalam darah pada penderita diabetes.

Informasi lengkap mengenai diabetes dapat Anda baca di sini.