Pertolongan Pertama Pada Sakit Punggung

FARMASI-ID.COM > P3K | FARMASI-ID.COM > Tulang / Sendi / Otot > Pertolongan Pertama Pada Sakit Punggung

Kebanyakan sakit punggung sudah jauh membaik dalam waktu 6 minggu. Namun jika ligamen yang terkena, maka waktu penyembuhannya bisa sampai 12 minggu. Sekali Anda mengalami sakit punggung, biasanya cenderung akan mengalaminya lagi.

Untuk itu berikut adalah pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan jika mengalami sakit punggung:

  • Pertama-tama, gunakan kantung es untuk mengurangi rasa sakit. Bungkus beberapa potong es batu atau sekantung sayuran beku dengan sehelai kain. Taruhlah itu di atas bagian yang sakit selama 15 menit sebanyak 4 kali sehari. Untuk mencegah radang beku, jangan menaruh es langsung pada kulit.
  • Posisi yang paling nyaman adalah telentang di lantai, dengan pinggul dan lutut ditekuk dan tungkai dinaikkan. Banyaklah beristirahat, tetapi hindari istirahat berlama-lama di tempat tidur, tidur lebih dari satu atau dua hari malah memperlambat penyembuhan. Gerakan ringan bisa menjaga otot Anda tetap kuat dan lentur. Hindari kegiatan yang bisa menyebabkan sakit. Hindari mengangkat beban yang berat-berat, mendorong atau menarik, atau membungkuk dan berputar secara berulang-ulang.
  • Setelah 48 jam, Anda boleh menggunakan panas untuk mengendu otot-otot yang sakit atau kejang. Mandi air hangat, menempelkan bungkusan-bungkusan hangat, koyo, atau lampu pemanas. Hati-hati jangan sampai membakar kulit dengan panas yang berlebihan. Namun, jika Anda merasa dingin lebih nyaman daripada panas, boleh saja Anda terus menggunakan es, atau mencoba menggabungkan kedua cara itu.
  • Secara bertahap mulailah melakukan olahraga peregangan ringan.
  • Hindari gerakan-gerakan menyentak, melenting atau gerakan apa pun yang bisa meningkatkan rasa sakit atau mengakibatkan kesakitan.
  • Gunakan obat (bebas) penghilang rasa sakit.
  • Pijatan dapat menolong, terutama bagi otot yang kejang, tetapi hindari melakukan penekanan langsung ke tulang punggung.

Kalau sehari-sehari Anda harus banyak berdiri atau duduk, mungkin Anda perlu mempertimbangkan menggunakan korset atau alat penopang sejenisnya. Alat itu jika digunakan sebagaimana mestinya, akan dapat meringankan rasa sakit dan memberikan kenyamanan maupun kehangatan. Namun, mengandalkan alat pendukung ini untuk waktu lama, tanpa mempergunakan otot, malah akan melemahkan otot Anda.

Kalau sakit punggung atau leher Anda tidak memperlihatkan perbaikan yang berarti setelah 72 jam mencoba perawatan sendiri, sebaiknya pergilah ke dokter. Carilah segera bantuan dokter apabila rasa sakit Anda:

  • Sakit hebat atau sangat sakit.
  • Akibat jatuh atau pukulan ke punggung Anda. Jangan mencoba memindahkan korban yang mengalami sakit hebat pada leher atau tidak dapat menggerakkan kedua kakinya akibat kecelakaan. Karena memindahkan dapat memperparah cedera.
  • Timbul rasa lemas atau mati rasa di salah satu maupun kedua tungkai.
  • Baru dan disertai dengan demam yang tak dapat dijelaskan.
  • Timbul akibat cedera yang menyebabkan rasa sakit dari leher merambat sampai pada ke kedua lengan dan tungkai Anda.
  • Anda perlu segera mencari pertolongan dokter apabila memiliki salah satu kondisi berikut:
    • tekanan darah tinggi yang kurang diperhatikan,
    • kanker,
    • aneurisma aorta abdominal atau kehilangan kendali buang air kecil atau buang air besar secara mendadak.

Perjalanan saraf ke sebagian besar tubuh Anda melewati punggung. Kadang-kadang, bisa saja rasa sakit pada punggung atau leher disebabkan adanya suatu masalah di bagian lain tubuh Anda. Biasanya dokter akan melakukan pengujian untuk menentukan penyebab rasa sakit Anda itu.

Sakit Punggung Pada Anak-anak

Masalah sakit punggung bagian bawah jarang menimpa anak di bawah usia 10 tahun. Penyebab paling umum sakit punggung pada anak biasanya karena jatuh atau cedera saat berolahraga. Pastikan program olahraga anak Anda:

  • Menggunakan peralatan pelindung sebagaimana mestinya.
  • Memiliki pelatih yang kompeten.
  • Melakukan kegiatan pemanasan dan penyesuaian yang cukup.

Kalau anak yang cedera itu tidak pingsan, dapat bergerak dengan bebas dan tidak ada perasaan mati rasa atau rasa lemah pada anggota tubuhnya, gunakan petunjuk perawatan seperti petunjuk di atas. Hati-hati, hindari memberi panas atau dingin yang berlebihan. Periksa dosis obat-obat bebas untuk anak-anak sebagaimana mestinya. Jangan memberi aspirin kepada anak-anak.

Kalau rasa sakit itu tidak ada kaitannya dengan cedera atau penyebab lain yang diketahui, barangkali dokter akan memeriksa kemungkinan adanya infeksi (terutama bila anak Anda demam) atau faktor-faktor yang berkaitan dengan pertumbuhan anak yang dapat menyebabkan rasa sakit itu. Sering kali anak gadis mengalami rasa sakit punggung bagian bawah waktu sedang haid.

Tanda peringatan adanya masalah punggung yang serius pada anak-anak di bawah usia 11 tahun di antaranya rasa sakit terus-menerus selama beberapa minggu atau terjadi mendadak pada malam hari; rasa sakit yang mengganggu sekolah, permainan atau olahraga; dan rasa sakit yang diiringi rasa kaku dan demam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *