Epiven

Farmasi-id.com > Sistem Saraf Pusat > Antikonvulsan > Epiven

By | 18/01/2015

Kandungan dan Komposisi

Gabapentin.

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Sebagai terapi tambahan untuk pengobatan kejang parsial sederhana atau kompleks & kejang umum sekunder pada pasien yang tidak cukup dikendalikan dengan obat antiepilepsi.

Dosis dan Aturan Pakai

Dws & anak >12 thn 900-1800 mg/hari. Hr ke-1: 300 mg 1 x/hari. Hr ke-2: 300 mg 2 x/hari. Hr ke-3: 300 mg 3 x/hari. Selanjutnya dosis dapat ditingkatkan s/d 1200 mg/hari, diberikan dalam 3 dosis terbagi & jika perlu, dosis dapat ditingkatkan dengan penambahan 300 mg/hari, diberikan dalam 3 dosis terbagi. Maks: 2400 mg/hari.

Pemberian Obat

Dapat diberikan bersama atau tanpa makanan.

Perhatian

Lanjut usia. Gangguan ginjal, hemodialisis. Hamil, laktasi. Penghentian gabapentin & atau penambahan obat atau penggantian dengan obat lain hrs dilakukan secara bertahap selama min 1 minggu. Dpt mengganggu kemampuan mengemudi atau menjalankan mesin.

Efek Samping yang Mungkin Timbul

Somnolen, pusing, ataksia, lemah lesu, nistagmus, sakit kepala, tremor, diplopia, mual, muntah, rinitis, ambliopia.

Interaksi Obat

Antasid.

Kategori Keamanan Kehamilan

C: Studi pada binatang percobaan telah memperlihatkan adanya efek samping pada janin (teratogenik atau embroisidal atau lainnya) dan tidak ada studi terkontrol pada wanita, atau studi pada wanita dan binatang percobaan tidak dapat dilakukan. Obat hanya boleh diberikan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Bentuk Sediaan, Kemasan, Harga

Epiven kapsul 300 mg, 30’s (Rp195,000/pak)

Produsen

Novell Pharma

Sekilas Tentang Antikonvulsan
Antikonvulsan merupakan obat yang berfungsi mencegah, mengurangi, mengatasi serangan kejang.
Sekilas Tentang Novell Pharma
Novell Pharma adalah suatu perusahaan farmasi yang merupakan hasil penggabungan antara Glaxo International dengan Borroughs Wellcome pada tahun 1996 kemudian didirikanlah PT. Novell Pharma ini pada 1998. Perusahaan ini telah terdaftar di BKPM (Badan Koordinasi Penanaman modal) Indonesia. Menurut informasi, kata "Novell" pada perusahaan memiliki arti "sesuatu yang baru, segar, dan juga memiliki makna inovasi".

Perusahaan ini telah menerima berbagai sertifikat dan penghargaan seperti TGA dari Australia, pengakuan MCC dari Afrika Selatan, GMP dari Lageso Uni Eropa, GCC dari negara timur tengah, dan sebagainya.

Perusahaan ini telah berekspansi dan memasarkan produksi ke berbagai negara seperti Filipina, Thailand, Vietnam, Pakistan, Yaman, Taiwan, Australia, Uzbekistan, dan negara lainnya. Fasilitas produksi Novell Pharma ada di desa Tlajung Udik, kecamatan Gunung Putri, Bogor, Jawa Barat.