Borraginol-N

Produsen:

Takeda.

Apa Kandungan dan Komposisi Borraginol-N?

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Borraginol-N adalah:

Lithospermi radix extr, benzocaine, dibucaine HCl, diphenhydramine HCl, cetrimide.

Sekilas Tentang Diphenhydramine Pada Borraginol-N
Diphenhydramine adalah suatu obat antihistamin yang biasa digunakan dalam terapi pengobatan alergi. Selain itu ia biasa juga digunakan untuk terapi insomnia, gejala pilek, tremor pada parkinson, dan nausea. Obat ini pertama kali ditemukan oleh George Rieveschl, seorang ahli kimia berkebangsaan Amerika Serikat pada tahun 1943 kemudian dipatenkan atas namanya. Obat ini mulai digunakan oleh dunia medis pada tahun 1946.

Diphenhydramine bekerja dengan membalik efek histamin pada pembuluh kapiler sehingga dapat mengurangi intensitas gejala alergi. Kemampuan diphenhydramine untuk mengatasi tremor pada parkinson dikarenakan ia memblokir komponen yang ada pada reseptor muscarinic acetylcholine pada otak. Karena memiliki efek sedatif, maka terkadang diphenhydramine juga digunakan untuk mengatasi kesulitan tidur pada penderita insomnia. Tingkat keamanan penggunaannya untuk ibu hamil menurut FDA masuk dalam kategori B. Diphenhydramine diketahui menembus masuk ke ASI sehingga tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui.

Sekilas Tentang Takeda
PT Takeda Indonesia adalah suatu perusahaan farmasi yang merupakan cabang dari Tekeda Pharmaceuticals, suatu perusahaan farmasi terbesar di Asia yang berkedudukan di Tokyo, Jepang. PT Takeda Indonesia didirikan pada 28 September 1971 dan memproduksi berbagai macam produk farmasi seperti obat-obatan resep meliputi obat kardiovaskular dan metabolik, onkologi (obat kanker), neurologi, gastrointestinal, anti hemoroid, dan anti insomnia. Selain obat resep, PT Takeda Indonesia juga memproduksi obat-obatan atau produk OTC (Over The Counter) yang dapat dibeli dan digunakan tanpa resep dokter. Di Indonesia, salah satu produk OTC yang terkenal adalah produk suplemen vitamin C, Vitacimin.

Takeda Pharmaceuticals awalnya adalah suatu perusahaan distributor obat yang didirikan oleh Chobei Takeda I pada 1781 di Osaka. Pada 1925 perusahaan ini resmi membentuk badan usaha. Di tahun 1977, Takeda Pharmaceuticals mulai masuk ke pasar Amerika Serikat dan menjalin kerja sama dengan Abbott Laboratories. Hasil kerja sama ini menghasilkan suatu perusahaan baru bernama TAP Pharmaceuticals. Beberapa produk yang dihasilkan oleh perusahaan hasil joint venture ini antara lain Lupron (leuprorelin), Prevacid (lansoprazole), Actos (pioglitazone), dan lain-lain.

Beberapa perusahaan farmasi yang diakuisisi oleh Takeda Pharmaceuticals antara lain Nycomed (2011), URL Pharma (2012), BioMotiv (2014). Pada tahun 2015, Takeda Pharmaceuticals menjual salah satu unit bisnisnya yakni divisi respiratory drugs pada AstraZeneca. Berturut-turut pada tahun selanjutnya, Takeda Pharmaceuticals mengakuisisi perusahaan lainnya seperti Ariad Pharmaceuticals, TiGenix (2018), dan Shire (2019).

Borraginol-N Obat Apa?


Apa Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan Borraginol-N?

Indikasi merupakan petunjuk mengenai kondisi medis yang memerlukan efek terapi dari suatu produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) atau kegunaan dari suatu produk kesehatan untuk suatu kondisi medis tertentu. Borraginol-N adalah suatu produk kesehatan yang diindikasikan untuk:

Wasir, wasir yang disertai pendarahan, luka terbuka pada anus, prolaps anus, periproktitis, pruritus ani.

Berapa Dosis dan Bagaimana Aturan Pakai Borraginol-N?

Dosis adalah takaran yang dinyatakan dalam satuan bobot maupun volume (contoh: mg, gr) produk kesehatan (obat, suplemen, dan lain-lain) yang harus digunakan untuk suatu kondisi medis tertentu serta frekuensi pemberiannya. Biasanya kekuatan dosis ini tergantung pada kondisi medis, usia, dan berat badan seseorang. Aturan pakai mengacu pada bagaimana produk kesehatan tersebut digunakan atau dikonsumsi. Berikut ini dosis dan aturan pakai Borraginol-N:

Supp 1 supp 3 x/hari. Salep oleskan 2-3 x/hari.

Bagaimana Kemasan dan Sediaan Borraginol-N?

/Harga:

Salep 15 g x 1 (Rp32.078). Supp 10 (Rp58.086).

US FDA Preg Cat, (♀)