Bongros

Farmasi-id.com > Lain-lain > Bongros

By | 22/11/2019

Kandungan dan Komposisi

Calcium hydroxyapatite (Ca10(PO4)6(OH)2) sintetik dengan kemurnian yang tinggi

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Bongros diindikasikan hanya untuk mengisi kekosongan pada tulang yang tidak bersifat intrinsik terhadap kestabilan struktur tulang, dan untuk ditempatkan secara lembut pada sistem kerangka (misalnya ekstremitas, tulang belakang dan pelvis), dan pengisian dan atau/penambahan pada kerusakan tulang intraoral/maksilofasial. Kerusakan ini dapat terjadi akibat pembedahan atau kerusakan yang terjadi karena luka trauma pada tulang.

Farmakologi

Bongros merupakan bahan bone graft substitute sintetik yang memiliki struktur trabekular yang menyerupai struktur pori 3 dimensi yang saling terhubung dari tulang spongiosa manusia yang memberikan efek osteokondutif untuk pertumbuhan tulang. Produk osteokonduktif ini memberikan ruang untuk pertumbuhan tulang dan dikombinasikan dengan tulang selama proses penyembuhan.

Petunjuk Penggunaan

Petunjuk ini ditujukan sebagai pedoman penggunaan Bongros granul dan balok sebagai bagian dari teknik operasi. Tidak ditujukan untuk mengganti atau mengubah prosedur standar untuk penanganan kerusakan yang melibatkan bone grafting dan fiksasi internal.

Persiapan sebelum operasi:

Pemantauan radiografi dari area yang mengalami kerusakan penting agar dapat menilai secara akurat seberapa besar kerusakan dan untuk membantu dalam pemilihan dan penempatan Bongros dan alat fiksasi internal.

Catatan Prosedur Operasi:

Bongros tidak memiliki kekuatan mekanik yang memadai untuk menyokong penurunan fungsi bagian yang rusak sebelum terjadinya pertumbuhan jaringan lunak dan keras. Oleh karena itu reduksi anatomi dan fiksasi internal yang kuat, pada semua plana, harus dilakukan terlepas dari penggunaan Bongros dengan menggunakan teknik fiksasi internal yang memadai sampai terjadinya pertumbuhan tulang dan penyembuhan bagian kerusakan. Tempat, ukuran dan geometri dari kerusakan akan menentukan penempatan Bongros oleh dokter bedah.

Bongros granul dapat digunakan sendiri atau dicampur dengan bone graft allogenik atau otogen yang telah dihancurkan. Jika menggunakan campuran bone graft / implan, granul Bongros dapat dicampur dengan bone graft setelah tulang dihancurkan menjadi fragmen kecil.

Kontra Indikasi

  • Kondisi yang disebabkan oleh beban berlebih
  • Kerusakan segmental
  • Fraktur pada lempeng pertumbuhan
  • Jika terjadi kerusakan yang bermakna proksimal terhadap area graft
  • Jika terjadi gangguan metabolism atau sistemik yang dapat mempengaruhi penyembuhan tulang atau luka
  • Jika stabilisasi fraktur tidak dimungkinkan
  • Pada kasus di mana penutupan jaringan lunak interaoperatif tidak direncanakan atau tidak dimungkinkan dan pada area yang terinfeksi.

Peringatan dan Perhatian

  • Jangan gunakan alat ini jika kemasan terbuka atau rusak.
  • Bongros tidak memiliki kekuatan mekanik yang memadai untuk menyokong penurunan fungsi bagian yang rusak sebelum terjadinya pertumbuhan jaringan lunak dan keras.
  • Teknik fiksasi internal yang standar untuk fiksasi fraktur harus diikuti untuk memperoleh kestabilan yang kokoh pada semua bagian plana.
  • Stabilisasi eksternal saja tidak cukup untuk mendapatkan rigiditas yang diperlukan untuk pertumbuhan tulang dari Bongros.
  • Bongros ditujukan untuk digunakan oleh dokter bedah yang sudah berpengalaman dengan bone grafting dan teknik fiksasi internal.
  • Penutupan luka yang sempurna pascaoperasi sangat penting.
  • Bongros tidak digunakan untuk pemasangan sekrup atau untuk menstabilkan penempatan sekrup. Sekrup hanya digunakan bersama Bongros dan alat fiksasi internal yang terpasang di tulang utama.
  • Bongros bersifat radiopaque. Radiopacity dapat menutup adanya kondisi patologis.
  • Bongros harus disimpan di suhu kamar (<30°C).

Efek Samping

  • Komplikasi luka meliputi hematoma, kebocoran pada area, patah tulang, infeksi, dan komplikasi lain yang mungkin terjadi pada operasi apapun
  • Fraktur atau ekstrusi dari Bongros, dengan atau tanpa disertai debris partikel
  • Kerusakan tulang pada bagian yang dioperasi
  • Ketidaksempurnaan atau kurangnya pertumbuhan tulang pada rongga tulang seperti halnya dapat terjadi pada bone graft substitute apapun
  • Operasi ulang untuk mengatasi infeksi pasca operasi dan komplikasi terkait peralatan yang membutuhkan dibuangnya implan.

Riwayat Eksperimen

Bongros merupakan produk yang dikembangkan oleh Seoul National University bekerja sama dengan Department of Material Engineering Korea Selatan. Uji pada hewan dan uji klinis dilakukan di University Dental Hospital, Seoul Asan Hospital, dan Samsung Medical Center selama kurang lebih lima tahun dan berdasarkan hasil pengujian itu menunjukkan bahwa Bongros memiliki tingkat efikasi hingga 90%. Kandungan Bongros dibuat semirip mungkin dengan substansi tulang manusia.

Kemasan dan Sediaan

Boks berisi 1 botol granul Bongros 5 mL dan 10 mL

  • Orthopedic
    Ukuran partikel : 0.3mm~0.6mm
    Volume : 5cc/10cc/20cc/30cc
  • Dental
    Ukuran partikel: M 0.6~1.0mm/L 1.0~3.0mm
    Volume : 0.25g/0.5g/1g

Produsen

CGBio (Korea Selatan)

Importir

PT. Kalbe Farma, PT. Daewoong Pharmaceutical Company Indonesia

Sekilas Tentang Kalbe Farma

PT Kalbe Farma merupakan suatu perusahaan farmasi terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara. Perusahaan ini didirikan pada 10 September 1966 oleh Khouw Lip Tjoen,Khouw Lip Hiang, Khouw Lip Swan, Boenjamin Setiawan, Maria Karmila, F. Bing Aryanto. Produk dari perusahaan ini sangat banyak mencakup produk obat resep, obat bebas, minuman energi, susu, suplemen, minuman kesehatan, distribusi produk dan pengemasan, dan sebagainya.

Diperkirakan nilai kapitalisasi pasar perusahaan ini mencapai Rp 15 triliun. Perusahaan ini memiliki grup perusahaan (kalbe Group) yang bergerak dalam berbagai bidang divisi usaha diantara seperti divisi obat resep (PT Kalbe Farma, PT Hexpharm Jaya Laboratories, PT Dankos Farma, dll), divisi consumer health (PT Bintang Toedjoe, PT Saka farma Lab, PT Hale International, dll), divisi nutrisi (PT Sanghiang Perkasa, PT Kalbe Morinaga Indonesia, dll), divisi distribusi dan kemasan (PT Enseval Putra Megatrading, PT Enseval Medika Prima, PT Milenia Dharma Insani, dll).

Selain di Indonesia, Kalbe Farma memiliki 10 cabang di luar negeri yaitu negara-negara ASEAN (Singapura, Filipina, Malaysia, Thailand, Kamboja, Vietnam, Myanmar), Srilanka, Nigeria, dan Afrika Selatan.