FDA Menyetujui Penggunaan Patch ZTlido Untuk Digunakan Pada Terapi PHN (Post-Herpetic Neuralgia)

FARMASI-ID.COM > BLOG | FARMASI-ID.COM > FDA Menyetujui Penggunaan Patch ZTlido Untuk Digunakan Pada Terapi PHN (Post-Herpetic Neuralgia)

FDA Amerika Serikat menyetujui penggunaan patch ZTlido (lidocaine topical system) 1.8% untuk digunakan dalam pengobatan rasa sakit yang berhubungan dengan neuralgia pasca-herpes (PHN/Post-Herpetic Neuralgia), hal itu disampaikan dalam siaran pers yang dikeluarkan oleh Sorrento Therapeutics selaku induk perusahaan dari Scilex Pharmaceuticals, produsen ZTlido.

Neuralgia postherpetic (juga disebut PHN) merupakan suatu kondisi nyeri berulang atau terus-menerus di area tubuh yang telah mengalami wabah herpes zoster virus (HZ), juga dikenal sebagai virus varicella zoster, yang biasa disebut herpes zoster. Kondisi itu biasanya dimulai setelah lesi herpes zoster (melepuh) mulai mengeras dan sembuh tetapi dapat terjadi pada beberapa pasien yang tidak menghasilkan lesi. Beberapa peneliti menyatakan bahwa rasa sakit harus hadir selama tiga bulan untuk dapat digolongkan sebagai .

Pihak Sorrento mengatakan bahwa disetujuinya penggunaan produk ZTlido ini oleh FDA merupakan kemajuan yang sangat signifikan pada obat-obatan analgesik karena dapat memberikan efek pereda rasa nyeri hingga 12 jam, termasuk saat beraktifitas. “ZTlido dibuat untuk mengatasi masalah yang sering dilaporkan mengenai penggunaan produk transdermal/topical patch yang sering tidak bertahan lama. Hasil studi adhesi pada ZTlido menunjukkan bahwa penggunaan patch tersebut lebih efektif dan efisien. ZTlido dibuat menggunakan teknologi baru yang memungkinkan untuk diserap lebih cepat serta memberikan efek yang cepat pula. Dosis patch ZTlido 36 mg setara dengan patch lidoderm (lidocaine patch 5%) 700 mg.

Menurut FDA, adhesi merupakan penghambat terbesar bagi keefektifan obat-obatan transdermal. Untuk mengatasi hal itu maka perusahaan farmasi membuat patch dengan tujuan untuk membuat obat tetap dapat kontak dengan kulit selama kurang lebih 12 jam. Uji adhesi yang dilakukan oleh Sorrento pada 54 orang yang menggunakan ZTlido memberikan hasil bahwa 87 persen patch ZTlido dapat bertahan selama 12 jam. 13 persen lainnya hanya mengalami pengangkatan patch sedikit dibagian tepi, namun tidak ada yang signifikan.

Kemungkinan efek samping yang terjadi akibat penggunaan ZTlido seperti melepuh, memar, sensasi terbakar, depigmentasi, dermatitis, perubahan warna, edema, erosi, eritema, pengelupasan kulit, kemerahan, iritasi, papula, petekie, pruritus, vesikel, atau mungkin lokus sensasi abnormal. Namun reaksi-reaksi ini umumnya ringan, bersifat sementara, dan menghilang secara spontan dalam beberapa menit hingga beberapa jam. Reaksi alergi dan anafilaktoid yang berhubungan dengan penggunaan lidokain walaupun jarang, bisa saja terjadi. Ciri-cirinya biasanya mengalami angioedema, bronkospasme, dermatitis, dyspnea, hipersensitivitas, spasme laring, pruritus, syok, dan urtikaria. Efek samping lainnya belum ada laporan yang mencukupi.

Perekat pada patch ZTlido terbuat dari bahan poliester non-woven yang ditutup dengan polyethylene terephthalate (PET) film. ZTlido hanya diaplikasikan pada bagian kulit yang tidak luka/rusak. Menurut Sorrento, kehadiran ZTlido akan disambut baik oleh pasar yaitu penyedia layanan kesehatan, pasien, dan pihak-pihak lain yang membutuhkannya.


Daftar pustaka:

  • Non-Opioid Pain Patch Approved for Post-Herpetic Neuralgia. https://www.specialtypharmacytimes.com/news/non-opioid-pain-patch-approved-for-post-herpetic-neuralgia. Diakses 8 Juni 2018.
  • FDA approves Sorrento’s non-opioid painkiller patch, shares jump. https://www.reuters.com/article/us-sorrento-thera-fda/fda-approves-sorrentos-non-opioid-painkiller-patch-shares-jump-idUSKCN1GC2XE. Diakses 8 Juni 2018.
  • Sorrento gains FDA approval for ZTlido. https://www.thepharmaletter.com/article/sorrento-gains-fda-approval-for-ztlido. Diakses 8 Juni 2018.
  • Sorrento Therapeutics Subsidiary, Scilex, Receives US FDA Approval for Non-Opioid ZTlido™ (lidocaine topical system) 1.8% for PHN Pain. https://globenewswire.com/news-release/2018/02/28/1401603/0/en/Sorrento-Therapeutics-Subsidiary-Scilex-Receives-US-FDA-Approval-for-Non-Opioid-ZTlido-lidocaine-topical-system-1-8-for-PHN-Pain.html. Diakses 8 Juni 2018.
  • Sorrento Receives FDA Approval For ZTlido Which Had A Long Road To Approval. https://seekingalpha.com/article/4152675-sorrento-receives-fda-approval-ztlido-long-road-approval. Diakses 8 Juni 2018.