BFLUID

Farmasi-id.com > Nutrisi > Nutrisi Parenteral > BFLUID

Kandungan

Acetyl Cysteine, Alanine, Arginine, Aspartic Acid, Calcium Chloride Dihydrate, Dextrose Anhydrate, Glutamic Acid, Glycine, Histidine, Isoleucine, Leucine, Lysine Hydrochloride, Magnesium Sulfate, Methionine, Phenylalanine, Potassium Chloride, Potassium Phosphate Dibasic, Proline, Serine, Sodium Citrate Dihydrate, Sodium Lactate, Sodium Phosphate Dibasic, Thiamine, Threonine, Tryptophan, Tyrosine, Valine, Zinc Sulfate.

Indikasi

Asupan tambahan asam amino, elektrolit, Vitamin B1 & air untuk pasien dengan / atau hipnopotensiemia atau kurang gizi karena asupan oral yang tidak adekuat, sebelum & sesudah operasi GI.

Kontra Indikasi

Hipersensitivitas terhadap tiamin. Pasien dengan risiko koma hepatik; disfungsi ginjal serius atau azotemia; GJK; asidosis berat; metabolisme elektrolit abnormal (hyperkalemia, hyperphosphatemia, hypermagnesemia, hypercalcemia), metabolisme asam amino abnormal & penurunan output urin karena uropati obstruktif.

Perhatian 

Hipersensitivitas. Pasien dengan asidosis, DM. Lakukan pemantauan kebutuhan nutrisi & asupan oral secara menyeluruh. Penggunaan dibatasi 3-5 hari untuk monoterapi pada pasien pasca-op. Hanya untuk terapi nutrisi jangka pendek. Disfungsi hepatik, ginjal dan KV. Hamil & laktasi. Anak. Lansia.

Efek Samping

Nyeri vaskular, flebitis; mual, muntah, rasa tidak nyaman pada dada; peningkatan level ALT, AST & ALP . Syok.

Dosis

Dewasa 500 mL / dosis diinfuskan melalui vena perifer lebih dari 120 menit. Max: 2,500 mL / hari.

Izin BPOM, Kemasan, dan Sediaan

  • DKL1618708449A1, Double softbag @ 500 ml, infus
  • DKL1618708449A1, Double soft bag @ 1000 ml, infus

Produsen

Otsuka Indonesia

Sekilas Tentang Zinc Sulphate

Zinc merupakan salah satu bentuk mineral yang dibutuhkan dalam jumlah kecil oleh tubuh. Zinc dibutuhkan untuk berbagai fungsi tubuh seperti memproduksi hormon, proses tumbuh kembang, sistem imunitas, dan proses pencernaan. Zinc juga bertindak sebagai agen anti inflamasi dan juga digunakan dalam terapi penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung.

Keberadaan zinc di dalam tubuh ada di dalam jaringan dan dibutuhkan sel agar tetap sehat. Fungsinya seperti antioksidan dengan melawan radikal bebas, mencegah kerusakan sel, dan memperlambat penuaan. Kekurangan zinc dapat meningktkan risiko ketidaksuburan dan diabetes. Zinc tersedia dalam berbagai macam bentuk seperti zinc gluconate, zinc sulfate atau zinc acetate, namun kesemuanya memiliki keunggulan dan cara kerja yang sama.

Berikut adalah beberapa manfaat dari zinc sulphate:


  1. Meningkatkan imunitas dan menyembuhkan flu.

  2. Antioksidan.

  3. Menyeimbangkan hormon.

  4. Membantu melawan diabetes.

  5. Memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah.


  1. Mencegah diare.

  2. Meningkatkan kesuburan baik pria maupun wanita.

  3. Membantu penyerapan nutrisi dan proses pencernaan.

  4. Meningkatkan kesehatan hati.

  5. Membantu perkembangan dan perbaikan otot tubuh.

Sumber: tiram, daging merah, unggas, seafood (kepiting dan lobster), sereal, kacang-kacangan, biji-bijian, produk susu.

Sekilas Tentang Potassium Chloride

Potassium chloride merupakan suatu mineral yang digunakan untuk terapi atau pencegahan rendahnya kadar potassium dalam darah. Potassium sangat penting untuk organ seperti jantung, ginjal, pembuluh darah, saraf, dan sistem pencernaan agar dapat melaksanakan fungsinya dengan baik karena sifat potassium yang bertindak sebagai elektrolit. Manfaat potassium chloride diantaranya adalah memperendah risiko stroke, menurunkan tekanan darah, mengatasi gangguan jantung dan ginjal, mengatasi gangguan mental seperti ansietas dan stress. Ia juga memperkuat otot, memperlancar metabolisme tubuh, menyeimbangkan cairan dalam tubuh, dan memelihara kesehatan sistem saraf.

Kekurangan potassium dapat menyebabkan berbagai risiko kesehatan seperti mual, muntah, diare, gangguan ginjal, gangguan kelenjar adrenal, gangguan pencernaan, ketoasidosis diabetik.

Sumber: ikan salmon, daging ayam, susu, kacang almond, kentang, alpukat, pisang.

Sekilas Tentang Natrium Citrate (Sodium Citrate)

Natrium citrate (sodium citrate) adalah suatu agen alkalinisasi yang membuat urin berkurang tingkat keasamannya dan dengan begitu maka ginjal akan mampu menyingkirkan asam urat. Biasanya sodium citrate dikombinasikan dengan citric acid dan kombinasi keduanya digunakan untuk mencegah gout (asam urat) dan batu ginjal, serta asidosis metabolik pada orang dengan gangguan ginjal.

Sekilas Tentang L-Lysine Hydrochloride

L-lysine merupakan suatu asam amino esensial yang diperlukan tubuh untuk menjalankan berbagai fungsinya. Diakatan esensial karena asam amino ini harus dikonsumsi oleh manusia agar tubuhnya tetap sehat. Kekuarangan asam amino jenis ini akan membuat sel terdegradasi dan menyebabkan banyak penyakit.Singkatan 'L-" di depan kata lysine berarti asam amino ini digunakan dalam sintesa protein dan terdapat dalam makanan dan suplemen. Namun biasanya secara umum orang-orang hanya menyebutnya lysine saja.

Berikut adalah beberapa manfaat dari L-lysine:


  1. Mengurangi aktivitas virus herpes.

  2. Membantu pengobatan kanker.

  3. Mengurangi kecemasan dan masalah psikologi lainnya.

  4. Meningkatkan penyerapan kalsium.

  5. Mengurangi risiko komplikasi akibat diabetes.

  6. Menjaga kesehatan usus.


    Sumber: daging sapi dan domba tanpa lemak, keju parmesan, daging ayam dan kalkun, kacang kedelai panggang, ikan tuna, udang, biji labu, telur, kacang putih.


Sekilas Tentang Thiamine Hydrochloride (Vitamin B1)

Thiamine hydrochloride atau vitamin B1 adalah suatu vitamin yang bermanfaat untuk mengatasi beberapa penyakit seperti beri-beri, optik neuropati, sindrom Wernicke-Korsakoff, dan sebagainya. Vitamin B1 banyak dijumpai pada bahan makanan seperti biji-bijian, polong-polongan, daging, dan ikan. Pemberian vitamin B1 bisa dilakukan melalui mulut, injeksi intravena, dan injeksi intramuskular.

Berikut beberapa manfaat thiamine hydrochloride (vitamin B1):


  1. Mencegah terjadinya beri-beri.

  2. Mencegah terjadinya kerusakan saraf di luar otak (neuritis periferal).

  3. Meningkatkan daya tahan tubuh.

  4. Meningkatkan nafsu makan.

  5. Mencegah perburukan komplikasi ginjal pada penderita Diabetes tipe 2.

  6. Mencegah katarak.

Thiamine hydrochloride pertama kali ditemukan pada tahun 1897 dan pertama kali dibuat versi artifisialnya pada 1936. Thiamine hydrochloride dapat ditoleransi dengan baik oleh tubuh dan keamanan penggunaannya pada wanita hamil oleh FDA dimasukkan dalam kategori A.

Sumber: daging,telur,kacang-kacangan seperti kacang kedelai dan lentil, gandum (sereal, roti, dan pasta), nasi, kembang kol, jeruk, dan kentang.

Sekilas tentang nutrisi parenteral

Nutrisi parenteral adalah suatu bentuk nutrisi yang disampaikan melalui pembuluh darah. Nutrisi parenteral tidak menggunakan sistem pencernaan. Nutrisi ini dapat diberikan kepada orang yang tidak mampu menyerap nutrisi melalui saluran pencernaan karena muntah yang tidak berhenti, diare berat, atau penyakit usus. Nutrisi ini juga dapat diberikan kepada mereka yang menjalani kemoterapi dosis tinggi atau radiasi dan transplantasi sumsum tulang. Juga disebut hiperalimentasi atau nutrisi parenteral total.