Atomoxetine

By | Juli 5, 2020 | Farmasi-id.com > Sistem Saraf Pusat > Obat SSP Golongan Lain & Obat ADHD > Atomoxetine

Kandungan dan Komposisi Atomoxetine

Kandungan dan komposisi produk obat maupun suplemen dibedakan menjadi dua jenis yaitu kandungan aktif dan kandungan tidak aktif. Kandungan aktif adalah zat yang dapat menimbulkan aktivitas farmakologis atau efek langsung dalam diagnosis, pengobatan, terapi, pencegahan penyakit atau untuk memengaruhi struktur atau fungsi dari tubuh manusia.

Jenis yang kedua adalah kandungan tidak aktif atau disebut juga sebagai eksipien. Kandungan tidak aktif ini fungsinya sebagai media atau agen transportasi untuk mengantar atau mempermudah kandungan aktif untuk bekerja. Kandungan tidak aktif tidak akan menambah atau meningkatkan efek terapeutik dari kandungan aktif. Beberapa contoh dari kandungan tidak aktif ini antara lain zat pengikat, zat penstabil, zat pengawet, zat pemberi warna, dan zat pemberi rasa. Kandungan dan komposisi Atomoxetine adalah:

Atomoxetine

Deskripsi

Atomoxetine merupakan obat non-stimulan yang disetujui oleh FDA (Food and Drug Administration) Amerika untuk diberikan sebagai terapi bagi pasien-pasien dengan ADHD (Attention-deficit/hyperactivity disorder). Atomoxetine merupakan satu-satunya obat yang disetujui pemberiannya oleh FDA untuk diberikan sebagai terapi bagi pasien-pasien ADHD dewasa. Atomoxetine merupakan penghambat transpor norepinefrin yang bekerja secara spesifik pada jalur noradrenergik. Mekanismenya dalam mengontrol gejala-gejala ADHD diperkirakan terjadi melalui penghambatan norepinefrin presinaptik.

Sebuah penelitian meneliti efek terapi atomoxetine jangka panjang pada pasien-pasien dengan ADHD. Hasil penelitian ini melaporkan hasil penelitian dari terapi selama 4 tahun. Penelitian tersebut melibatkan data-data dari 384 pasien. Efektifitas terapi diukur berdasarkan Conners’ Adult ADHD Rating Scale. Selain itu efek samping dan tanda-tanda vital juga dimonitor.

Hasil penelitian memperlihatkan bahwa gejala ADHD total menurun 30,2% (p < 0,001) selama terapi menggunakan atomoxetine. Selain itu juga terjadi perbaikan dalam penilaian Sheehan Disability Scale Total score, yang mengalami perbaikan 25,3% (p < 0,001). Efek Samping yang teramati terutama merupakan efek samping yang sudah diperkirakan, yaitu efek samping yang berhubungan dengan gejala noradrenergik. Hasil dari penelitian ini memperlihatkan bahwa pemberian atomoxetine jangka panjang pada pasien-pasien ADHD efektif, aman dan ditoleransi dengan baik oleh pasien.

Kesimpulan atomoxetine jangka panjang pada pasien-pasien ADHD efektif, aman dan ditoleransi dengan baik.

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *