Khasiat Dan Manfaat Herbal Cina Bi Xie



Bagian yang digunakan, rimpang tumbuhan yang telah dikeringkan. Dosis 3-15 gram, standar 6 gram. Di masak selama 20 menit.

Khasiat dan Manfaat Herbal Cina Bi Xie – Herbal ini tidak memiliki nama Indonesia, dalam bahasa Cina disebut Bi Xie. Bi Xie masih merupakan kerabat  dari tanaman ubi-ubian seperti gembil, ubi dan sebagainya. Herbal ini diproduksi di Provinsi Sinchuan Cina. Rasa dari herbal ini pahit dan bersuhu netral. Kandungan kimia yang terdapat didalamnya yaitu glukoside.

Bekerja pada bagian hati, perut, dan kandung kemih. Berkhsiat untuk mengobati mengalirkan kelembapan pada urin keruh, keputihan, edema, asites, berat anggota badan; gangguan obstruksi menyakitkan, sendi, otot, dan nyeri punggung bawah, sciatica; saluran lembap-panas pada urin keruh purulen, berkemih yang menyakitkan, lesi kulit, eksem, luka beracun, urin keruh, keputihan, nefritis kronis, parsit usus, infeksi jamur; meningkatkan buang air kecil pada penurunan berkemih, kencing sedikit, edema, distensi abdomen; selaras dan memperkuat limpa dan lambung pada diare, kurang selera makan, edema, asites, keputihan, prostatitis kronis, radang di bagian bawah pinggul, hepatitis, nefritis, sindrom nefrotik.
Bagian yang digunakan, rimpang tumbuhan yang telah dikeringkan. Dosis 3-15 gram, standar 6 gram. Di masak selama 20 menit.

Efek farmakologi, sebagai antiinflamasi, meningkatkan pencernaan, mengurangi kejang, sedikit yang mengeluarkan keringat. Digunakan dalam mengobati keluhan rematik, kolik kandung kemih, gangguan menstruasi dan kram. Penelitian terbaru menunjukkan antiparasit dan tindakan anti jamur. Kontraindikasi defesiensi ginjal, kekurangan Yin. Penggunaan selama kehamilan di perbolehkan.


Powered by Farmasi-id.com