Khasiat Dan Manfaat Buah Kemukus (Lada Jawa)

By | April 12, 2021 | Farmasi-id.com > Herbal > Khasiat Dan Manfaat Buah Kemukus (Lada Jawa)

Herbal Kemukus dikenal juga dengan nama Lada Jawa (Cubeba Fructus). Tanaman ini banyak di tanam di Jawa dan Sumetera. Buah kemukus kering digunakans ebagai bumbu rempah dalam masakan, terutama masakan Indonesia. Kegunaan lain adalahs ebagai penguat rasa pada gin dan ro*kok. Namun kegunaan penting kemukus adalah sebagai bahan farmakope dan sumber minyak atsiri.

Rasa dari herbal ini tajam dan bersuhu hangat. Kandungan kimia di dalamnya yaitu saponin, flavonoida, dan minyak atsiri.

Rasa dari herbal ini tajam dan bersuhu hangat. Kandungan kimia di dalamnya yaitu saponin, flavonoida, dan minyak atsiri.

Bekerja pada tubuh bagian perut, limpa, kandung kemih, dan ginjal. Berkhasiat untuk mengobati menghentikan rasa sakit, meningkatkan fungsi pencernaan, mual, cegukan, meningkatkan buang air kecil pada disuria. Bagian yang digunakan adalah buah yang telah dikeringkan. Dosis 2-5 gram. Dimasak selama 20 menit.

Efek farmakologi sebagai, antiseptik pada saluran kemih. Di gunakan secara tradisional untuk pengobatan peradangan atau bakteri infeksi saluran kemih, sebagai ekspektoran untuk mengobati bronkitis kronis, untuk mengobati sakit kepala (obat pingsan), pelupa dan juga sebagai afrodisiak. Keracunan terjadi pada komsumsi dalam jumlah besar dapat menyebabkan iritasi pada saluran kemih, ginjal dan sakit usus, sulit kencing, muntah, dan diare. Kontra Indikasi, Yin defisiensi dengan gejala panas atau api. Penggunaan selama kehamilan diperbolehkan.


Powered by Farmasi-id.com

Seberapa Baik Produk Ini?

Klik bintang untuk memberi peringkat!

Peringkat rata-rata: 0 / 5. Jumlah pemberi peringkat: 0

Belum ada pemeringkatan, jadilah yang pertama.

Leave a Reply

Email address will not be published. Required fields are marked *

Category: Herbal Produsen, komposisi, dan klasifikasi Khasiat Dan Manfaat Buah Kemukus (Lada Jawa):