Zudem

Farmasi-id.com > Sistem Saraf Pusat > Hipnotik & Sedativa > Zudem

By | 15/10/2018

Kandungan dan Komposisi

Setiap kaplet salut selaput mengandung:

Zolpidem tartrate 10 mg

Indikasi, Manfaat, dan Kegunaan

Pengobatan insomnia jangka pendek (hingga 4 minggu) pada orang dewasa.

Farmakologi

Zolpidem adalah imidazopiridin hipnotis yang terkait dengan benzodiazepin. Efek sedatif yang terkait dengan tindakan agonis tertentu pada reseptor sentral termasuk reseptor makromolekul kompleks GABA-omega (BZI dan BZ2), yang mengatur pembukaan saluran ion klorida. Zolpidem secara selektif mengikat subtipe omega 1 (atau BZI).

Peringatan 

Pengobatan gejala insomnia sebaiknya diawali dengan evaluasi terlebih dahulu terhadap pasien karena dapat menyebabkan gangguan tingkah laku dan berpikir; depresi SSP; tidak dianjurkan mengemudi atau menjalankan mesin selama pemakaian riwayat penyalahgunaan obat atau alkohol, gangguan fungsi hati (hindari jika parah), gangguan fungsi ginjal, lansia, hindari penggunaan jangka panjang (dan pemutusan obat secara mendadak).

Kontra Indikasi

obstructive sleep apnoea, depresi pernapasan akut atau parah, miastenia gravis, gangguan fungsi hati yang parah, sakit psikosis, kehamilan.

Efek Samping

Diare, nausea, muntah, vertigo, pusing, sakit kepala, mengantuk, astenia, amnesia, ketergantungan, gangguan ingatan, mimpi buruk, noctural restlessness, depresi, bingung, gangguan persepsi atau diplopia, tremor, ataksia, reaksi kulit, mudah terjatuh, perubahan libido, efek paradoksikal

Dosis dan Aturan Pakai

Dosis zolpidem bersifat individual. Dosis yang direkomendasikan untuk dewasa: 10 mg segera sebelum tidur. Pada orang tua atau debilitated patients lebih sensitif terhadap efek zolpidem tartrat. Pada pasien dengan insufisiensi hepatik, bersihan obat tidak secepat pada orang normal. Dosis awal 5 mg dianjurkan untuk pasien tersebut. Dosis total zolpidem tidak melebihi 10 mg; penggunaan pada anak?nak tidak direkomendasikan. Penyesuaian dosis mungkin diperlukan ketika zolpidem tartrat diberikan dengan obat yang memiliki efek antidepresan karena efek additifnya yang kuat.

Kemasan dan Sediaan

Dus, 3 strip @ 10 kaplet salut selaput 10 mg

Izin BPOM

DPL1408021609A1

Produsen

Guardian Pharmatama

Sekilas Tentang Obat Hipnotik dan Sedativa
Obat hipnotik dan sedativa adalah obat atau zat yang digunakan untuk mengurangi ketegangan dan kecemasan, serta menginduksi ketenangan (efek sedatif) atau untuk menginduksi tidur (efek hipnotis). Sebagian besar obat-obatan tersebut memberikan efek menenangkan atau menenangkan pada dosis rendah dan efek merangsang tidur dalam dosis yang lebih besar.

Obat hipnotik dan sedativa cenderung menekan sistem saraf pusat. Karakteristik khusus dari obat penenang-hipnotik adalah kemampuan selektif mereka untuk mencapai efeknya tanpa mempengaruhi suasana hati atau mengurangi sensitivitas terhadap rasa sakit. Hal ini yang membedakan mereka dengan kelas obat opiat atau opioid.
Sekilas Tentang Guardian Pharmatama
PT. Guardian Pharmatama adalah suatu perusahaan farmasi yang berdiri pada tahun 1993 sebagai penerus dari industri farmasi Hasto Husodo. Perusahaan ini menjalani restrukturisasi pada tahun 2000 dan sejak saat itu perusahaan ini tumbuh dengan cukup pesat. Pada tahun 2015 PT. Guardian Pharmatama membuka area produksi seluas 7,2 hektar di daerah Citeureup, Bogor, untuk memproduksi berbagai macam produk farmasi seperti produk antibiotik, antijamur, antialergi, analgesik, antipiretik, kardiovakular, vitamin, suplemen dan lain-lain dalam berbagai bentuk sediaan. Perusahaan ini telah mendapatkan sertifikat ISO 9001, CPOB, dan lain-lain guna menjamin mutu setiap produknya tetap dalam keadaan baik.

Produk-produk perusahaan ini didistribusikan oleh PT. Milenium Pharmacon International, PT. Penta Valent, dan PT. Kallista Prima dan saat ini produksnya telah tersebar di seluruh Indonesia. Beberapa produk itu seperti Neurohax, Emibion, Fungasol, Govazol, dan sebagainya. Kantor pusat PT. Guardian Pharmatama ada di Komplek Green Ville Maisonette, Jakarta.